Home » EKONOMI » Bisnis » Berkunjung Sejenak ke Peternak Bebek di Dukuh Nusupan

Berkunjung Sejenak ke Peternak Bebek di Dukuh Nusupan

bebek1
SRAGEN – Desa Celep Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen lebih tepatnya di dukuh Nusupan Wetan boleh dibilang desa peternak bebek karena sebagian besar warganya memilih beternak bebek. Maka tak heran kalau kampung yang dihuni 23 kepala keluarga tersebut dikenal dengan sebutan “Kampung Ternak Bebek”. Penghasilan beternak bebek juga sangat menjanjikan, setiap KK dapat mencapai jutaan rupiah perbulan. Itu pun hanya dari menjual telurnya saja.

Salah satu peternak bebek di desa Nusupan, Agus mengatakan bahwa bisnis budidaya bebek kini menjadi pilihan ketimbang memelihara unggas lain. Selain keuntungannya menggiurkan , bebek termasuk unggas yang tahan dari serangan penyakit seperti flu burung. “Bisnis budidaya bebek memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Apalagi jika budidaya dilakukan secara intensif dalam arti tidak dilakukan sebagai kegiatan sambilan” jelas Agus.

Dijelaskan Agus bahwa permintaan pasar tidak hanya telur bebek, tetapi juga bebek potong semakin meningkat. Daging bebek memiliki kekenyalan dan aroma yang khas. Sekarang di mana-mana sedang merebak restoran dan warung makan yang menawarkan sajian bebek dengan aneka pilihan menu. “Meskipun harga bebek goreng di resto-resto lebih tinggi dari ayam namun tetap digemari oleh pecinta kuliner. Itu membuktikan bahwa ternak bebek menjanjikan sekaligus meraup laba yang besar” tambahnya.

Umumnya peternakan bebek ditujukan untuk bebek petelur. Namun peluang bebek pedaging juga bisa diambil dari bebek jantan atau bebek betina yang sudah habis masa produksinya, biasanya yang sudah berumur diatas 1 tahun. Selain itu pebisnis juga bisa mengambil bagian pembibitan ternak bebek sebagai fokus usaha. “Sebelum seorang peternak memulai usahanya harus menyiapkan diri dengan pemahaman tentang perkandangan, bibit unggul, pakan ternak, pengelolaan dan pemasaran hasil” jelasnya.

Para peternak bebek yang tergabung dalam kelompok ternak bebek “ Rejeki Agung” pernah masuk nominator lomba kelompok tani ternak itik tingkat nasional tahun 2011. Waktu itu, Kelompok ternak yang terletak di dukuh Nusupan RT 15 Desa Celep Kecamatan Kedawung ini mampu berprestasi dengan mengalahkan lima kabupaten di tingkat Jawa Tengah.

Kesuksesan tersebut tidak lepas dari support Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten Sragen yang mendampingi, meningkatkan dan membesarkan kelompok ternak guna meningkatkan pendapatan masyarakat. Kelompok Ternak Itik Rejeki Agung mempunyai kelebihan dibandingkan dengan lainnya. Yakni mempunyai produktivitas lebih dari 80 persen baik dari segi pemasaran hasil panen yang bagus ataupun pemanfaatan hasil panen. Telur yang dihasilkan selain dijual langsung ada juga yang diolah menjadi telur asin dan kue bolu. Hal ini bisa menjadi pendapatan tambahan bagi anggota kelompok.

Selain itu juga dikembangkan teknik Mina Itik (menggabungkan produksi Itik dan lele). Ditambah lagi jaringan pemasaran yang cukup luas hingga ke Jawa Timur mampu menambah kesuksesan kelompok ternak ini untuk mensejahterakan anggotanya.

Sumber :humaskabsragen.com

Facebook Comments

About Romi Febriyanto Saputro

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif