Home » IPTEK » Informasi dan IPTEK » Inilah 3 Resiko Jika Reputasi KTA BCA Kurang Baik

Inilah 3 Resiko Jika Reputasi KTA BCA Kurang Baik

kta

Inilah 3 Resiko Jika Reputasi KTA BCA Kurang Baik

Mengajukan KTA BCA maupun di perusahaan perbankan lainnya seolah memang menjadi jalan keluar yang utama. Meminjam uang di bank memang akan lebih mudah sebab pinjaman tersebut dikelola secara profesional. Tingginya peminat produk pinjaman di bank maupun perusahaan keuangan lainnya membuat jenis produk pinjaman semakin banyak. Namun, ketika hendak mengajukan hutang di bank ada baiknya dipertimbangkan dengan baik dan teliti.

Mengapa perlu mempertimbangkan dahulu?

Meminjam uang dimanapun pasti memberikan kewajiban untuk melunasinya, entah dengan cara dibayar tunai atau harus mengangsur. Dana pinjaman dengan sifat demikianlah yang menjadikannya perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan. Berbagai kemungkinan yang bisa terjadi dari segi kondisi finansial bisa membuat kondisi keuangan semakin parah. Alih-alih membayar sisa hutang yang sudah dipinjam, untuk memenuhi kebutuhan saja harus rela puasa. Penting sekali untuk mengetahui kondisi keuangan yang dimiliki sehingga pinjaman yang diajukan bisa dibayarkan tepat waktu.

Ada banyak sekali kerugian yang akan ditanggung oleh nasabah yang memiliki pinjaman namun tidak dibayarkan sesuai ketentuan. Entah keterlambatan dari tanggal pembayaran angsuran yang sudah ditentukan di awal, berhenti membayar angsuran, dan berbagai kemungkinan lainnya. Mencegah reputasi Anda tercoreng karena sejarah hutang yang negatif maka perlu direncanakan sedemikian rupa. Sebab persoalan meminjam uang tidak hanya selesai dengan mendapatkan segepok uang dan digunakan seperlunya tanpa memikirkan cara mengembalikannya.

Pentingkah reputasi hutang yang baik?

Menjaga reputasi atau sejarah berhutang yang baik akan memberikan banyak keuntungan, dan sebaliknya juga memberikan Anda berbagai kerugian. Apa saja kerugian yang akan dirasakan? Berikut adalah beberapa jenis kerugian yang perlu ditanggung jika reputasi hutang Anda jelek, yakni:

  1. Adanya resiko kesulitan mendapatkan pinjaman di masa mendatang

Reputasi berhutang di bank yang cukup jelek menjadi pertimbangan bank yang sama atau bank lain untuk menyetujui aplikasi pinjaman Anda. Resiko yang terlalu besar Anda melakukan hal yang sama menjadi pertimbangan penting sehingga besar kemungkinan bank menolak aplikasi pinjaman Anda. Kondisi seperti ini tidak perlu terjadi apabila selama berhutang di bank Anda mengusahakan untuk membayar tepat waktu.

  1. Proses pengajuan aplikasi pinjaman semakin sulit

Setiap bank memiliki prosedur ketetapan mengenai seleksi penerimaan aplikasi pinjaman yang masuk ke bagian analis kredit. Ketika sejarah pinjaman Anda sebelumnya kurang meyakinkan maka analis kredit akan enggan menerima aplikasi Anda. Resikonya sudah jelas kebutuhan dana pinjaman akan urung untuk didapatkan dan perlu mencari alternatif lain. Kebutuhan akan dana secara mendadak bisa terjadi kapan saja, bahkan bisa beberapa kali terjadi dalam hidup Anda dan siapapun. Maka adanya kemungkinan tersebut membuat siapa saja wajib menjaga sejarah pinjamannya tetap bersih dan jauh dari hal-hal negatif.

  1. Kesulitan mendapatkan dana pinjaman dari manapun

Reputasi pinjaman terdahulu yang tidak begitu baik berdampak pada diri Anda untuk kurun waktu yang sangat panjang. Kemungkinan untuk mendapatkan pinjaman dari bank untuk kedua kalinya akan semakin kecil. Mengingat besar kemungkinan nama Anda sudah masuk ke dalam golongan blacklist sehingga kesulitan untuk meminjam kembali. Alhasil kebutuhan apapun yang menjadi beban Anda perlu mencari jalan keluar lain untuk penyelesaiannya.

Menjaga sejarah pinjaman di bank tetap baik memang wajib dilakukan dan bukanlah sebuah tindakan yang mudah untuk direalisasikan. Hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak hal, semisal minimnya penghasilan, gaya hidup yang berlebihan, dan minimnya pemahaman resiko ke depan. Perlu dipahami dengan baik bahwa pinjaman di bank memiliki resiko hukum, termasuk KTA itu sendiri.

Facebook Comments
Telah dibaca 79 x , hari ini 1 x

About

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif