Home » TEKNO » Informasi dan IPTEK » Informasi » Berita Dalam Negeri » Tim Pengembangan Layanan Terpadu Kunjungi UPTPK

Tim Pengembangan Layanan Terpadu Kunjungi UPTPK

uptpk
Sistem perlindungan anak berbasis keluarga dan masyarakat sekaligus pengembangan Pusat Layanan Anak dan Rujukan Terpadu Pemenuhan Kebutuhan Perlindungan Hak Anak menjadi salah satu program utama Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). Untuk itu, Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Kemensos RI (BBPKS) bekerjasama dengan United Nations Children’s Fund (UNICEF) akan mengadakan Lokakarya Nasional tentang “Pengembangan Jejaring dan Kerjasama dalam Membangun Sistem Layanan Terpadu Bagi Anak dan Keluarga” pada bulan September di Bogor.

Guna mempertajam materi lokakarya, tim pengembangan melakukan kunjungan ke UPTPK Sragen. Visitasi ini bertujuan untuk meng-update perkembangan dan kemajuan pelayanan terpadu yang telah diselenggarakan UPTPK Sragen, baik di tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan. Kunjungan dilaksanakan selama dua hari, tanggal 12 Agustus 2014 s/d 13 Agustus 2014.

Tim terdiri dari perwakilan 6 (enam) instansi/ lembaga yaitu Kemensos RI, Bappenas, UNICEF, GiZ, ILO, dan BBPPKS Yogyakarta. Menurut ketua rombongan, Dr. Ir. R. Harry Hikmat, M. Si (SAM Bidang Dampak Sosial Kemensos RI), goal dari kunjungan ini adalah dimunculkannya saran dan rekomendasi integrasi layanan anak berbasis keluarga dalam sebuah unit/kantor layanan terpadu. Selain itu tim juga berharap Bupati Sragen memberikan respon dan visi ke depan terkait dengan layanan anak berbasis keluarga.

1. Kunjungan Hari Pertama (12 Agustus 2014)

Tim diterima oleh Sekda Sragen, Drs. Tatat Prabawanto B, MM, dan Suyadi, SKM. M. Kes (Kepala UPTPK Sragen) di ruang rapat Sekretaris Daerah. Ketua rombongan memperkenalkan anggota tim yang hadir serta menyampaikan maksud dan tujuan visitasi. Usai proses audiensi dengan Sekda Sragen, tim melakukan tinjauan lapangan ke UPTPK Sragen.

Proses observasi dilakukan dengan kunjungan langsung ke loket-loket pelayanan UPTPK Sragen. Dimulai dari loket penerimaan tamu/ resepsionus, Klinik Saraswati, Sekretariat MATRA, loket layanan data dan pelaporan, pendidikan, kesehatan, sosial ekonomi, hingga ketatausahaan. Anggota tim terlihat sangat antusias saat melakukan sharing knowledge dengan para petugas UPTPK. Banyak hal yang dibahas, seperti mengenai SOP, jenis dan mekanisme layanan dan rujukan, proses penanganan pengaduan, dukungan masyarakat dan pemangku kebijakan, serta korelasi UPTPK dengan pemenuhan hak anak.

2. Kunjungan Hari Kedua (13 Agustus 2014)

Tim dibagi menjadi dua kelompok untuk melakukan obesrvasi lapangan perwakilan UPTPK kecamatan, yaitu UPTPK Kecamatan Sambirejo dan Kecamatan Ngrampal. Selain melihat langsung mekanisme pelayanan di UPTPK Kecamatan, tim juga menggali informasi mengenai program inovasi Pemkab Sragen lainnya; PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) dan PADMA (Pelayanan Administrasi Terpadu Kelurahan).

Di Kecamatan Sambirejo, tim berkesempatan untuk mengikuti acara penyerahan simbolis bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni melalui program RUSELAWATI (Rumah Sehat dan Layak Warga Sukowati). Dua warga miskin kecamatan Sambirejo yang mendapatkan bantuan adalah Sutiyem Sudarmi dan Slamet. Keduanya memperoleh bantuan dana rehab rumah sebesar Rp. 5.000.000, – (Lima juta Rupiah) dari MATRA (Mitra Kesejahteraan Rakyat). Penyerahan bantuan dilaksanakan di rumah Sutiyem Sudarmi, Sidorejo RT. 19, desa Blimbing, Kecamatan Sambirejo dengan didampingi Kaur Kesra Kecamatan Sambirejo dan Ketua RT setempat.

Di akhir agenda visitasi, tim berkesempatan melakukan audiensi dengan Bupati Sragen. Tim menyampaikan poin ‘Lesson Learn’, memuat hasil refleksi yang dipetik selama melakukan kunker ke UPTPK Sragen. Beberapa poin positif yang diperoleh antara lain:

Pemerintah Daerah yang cerdas, responsif, kreatif, dan inovatif dalam percepatan penanggulangan kemiskinan,
Kepemimpinan/ leadership kuat dan memiliki political will untuk “mbelo wong cilik”,
Terbangunnya komunikasi dengan rakyat melalui kegiatan srawung desa sehingga tercapai strategi dalam hal sosialisasi, penyerapan aspirasi rakyat, serta dukungan penuh dari rakyat melalui cultural approach,
Investasi kelembagaan yang signifikan untuk UPTPK, PATEN, dan PADMA,
Kolaborasi perencanaan, pelaksanaan, dan monev terpadu.

Berkaitan dengan pelayanan anak, tim menilai bahwa Pemkab Sragen peduli terhadap pelaksanaan anak berbasis keluarga. Terbukti dengan pelbagai program keberpihakan anak yang telah dilakukan oleh UPTPK. Sebagai contoh, adanya ruang laktasi di Klinik Saraswati, penanganan kesehatan anak melalui program Saraswati (penanganan bayi gizi buruk, operasi gratis bibir sumbing, penanganan penyakit jantung, hidrocepalus, eukemia pada anak, Lupus pada anak), program PPA PKH, Diklat Anak Yatim Mandiri, Anak Asuh, Program Magang Jepang, dan lain-lain. Namun, integrasi layanan dan optimalisasi peran profesional pekerja sosial dan profesi lain masih sangat diperlukan.

 

Sumber : uptpk.sragenkab.go.id

Facebook Comments

About Romi Febriyanto Saputro

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif