Home » IPTEK » Informasi dan IPTEK » Informasi » Media » 7 Cara Praktis Supaya Blog Ramai Pengunjung

7 Cara Praktis Supaya Blog Ramai Pengunjung

blog2Memiliki blog yang banyak pengunjung tentu merupakan idaman setiap blogger. Sebagai seorang blogger, setelah memeras otak dan menuangkan ide dalam baris-baris kata, tentunya kita sangat berharap ada orang yang membaca postingan tersebut. Tapi kadang kenyataan tidak seindah dengan harapan. Banyak, bahkan saya pernah termasuk di antaranya, memiliki blog yang sepinya lebih sepi dari kuburan. Yang datang setiap harinya tidak pernah lebih dari 10 pengunjung. Apakah di antara Anda ada yang pernah mengalami hal serupa?

Padahal, selain sebagai aktualisasi diri dan personal branding, blogging saat ini juga merupakan profesi sekaligus wahana untuk memperoleh penghasilan. Ketika pengunjungnya saja sepi, apalagi mau melakukan monetisasi? Seperti menabur garam di lautan, alias melakukan suatu hal yang sia-sia.

Oleh karena itu, trafik yang tinggi merupakan harapan bagi semua blogger, dan sebuah keniscayaan bagi pemain Google Adsense. Kalau kita search, sangat banyak sekali tips-tips yang menjelaskan mengenai cara-cara menaikkan trafik blog kita. Nah, kali ini saya akan mencoba berbagi tips yang sudah saya praktekkan sendiri dan memberikan hasil positif. Apa yang saya lakukan merupakan hal-hal sederhana, dan saya yakin bahwa semua blogger pasti bisa melakukannya.

Ini dia 7 cara supaya blog kita ramai pengunjung: 

Buatlah konten yang baik

Konten adalah isi dari blog Anda. Konten adalah jiwa dari blog Anda. Dengan mencari konten yang ada di dalam blog Anda itulah orang-orang akan berdatangan. Memang yang selalu menjadi primadona dalam pencarian adalah hal-hal yang berkaitan dengan SEO, Internet Marketing, Adsense, tutorial, tips n trik, dan lain lain. Jangan berkecil hati jika Anda kurang memiliki keahlian dalam hal tersebut.

Buatlah artikel sesuai dengan passion dan minat Anda. Biasanya jika kita menulis tentang hal-hal yang kita sukai tidak akan terasa berat dan mengalir begitu saja. Yang terpenting adalah orisinalitas. Dari situ kelak akan berkembang menjadi sebuah karakter dan tulisan Anda akan memiliki warna tersendiri. Mungkin akan membutuhkan waktu, namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Lihat saja blog isnuansa.com ini, yang dibahas sebenarnya sesuatu yang ringan-ringan saja, kan? Tapi karena kita sudah akrab dengan karakter tulisan Mbak Nunik, makanya kita sering balik lagi ke sini. Betul kan? Hayo ngaku!!! ?

Jangan tergoda untuk melakukan copy paste artikel dari blog lain hanya demi mengejar kuantitas.Yang demikian itu justru kontra produktif bagi blog Anda karena sudah melanggar hak cipta. Bahkan bisa berujung blacklist oleh Google.

Rutin menulis

Rutin dalam menulis dan memposting artikel di dalam blog, selain mengasah kemampuan menulis juga untuk semakin mengakrabkan blog kita dengan mesin pencari. Seperti yang sudah saya ungkapkan di atas, semakin sering kita menulis, maka secara tidak langsung karakter kita akan muncul dalam tulisan-tulisan kita. Sederhananya, orang akan tahu bahwa artikel itu adalah tulisan kita tanpa perlu mencari nama kita di situ.

Selain itu, dengan lebih banyak menulis, maka akan semakin banyak tulisan kita yang bisa dirayapi oleh mesin pencari. Dengan demikian, kans untuk menempati posisi pertama pada SERP(Search Engine Result Page) atau halaman pertama hasil pencarian Google juga semakin terbuka lebar. Ibaratnya seperti orang yang sedang menebar jala untuk menangkap ikan, semakin besar jala yang digunakan, maka akan semakin banyak pula ikan yang akan diperoleh.

Berdasarkan pengalaman pribadi, dengan rajin membuat postingan baru juga mencegah blog kita tenggelam lagi dalam hasil pencarian Google. Karena walaupun artikel kita sudah nangkring di halaman pertama, kemudian lama tidak posting, maka jangan heran kalau artikel tersebut lama-lama bergeser dari halaman pertama.

Gunakan Teknik SEO sederhana

Teknik SEO tidak sesulit yang dibayangkan kok. Kita bisa melakukan cara-cara optimasi yang sederhana seperti misalnya;

·         Buatlah Judul yang mengandung kata kunci yang dibidik

·         Pada paragraf pertama, usahakan juga mengandung kata kunci

·         Buatlah Tag (untuk wordpress), baik pada artikel maupun pada gambar yang digunakan dalam artikel

Dengan menerapkan teknik-teknik SEO sederhana tersebut, diharapkan search engine / mesin pencari semacam Google lebih mudah untuk menemukan blog kita.

Banyak sekali website yang menawarkan jasa SEO, tapi jika kita masih ragu akan kesohihannya, lebih baik jangan tergiur. Karena ada 2 metode di dalam SEO, yaitu white hat dan black hat. White Hat SEO menggunakan cara-cara yang alami dalam optimasinya, sedangkan Black Hat terkadang menggunakan cara-cara yang tidak alami sehingga dapat berujung pada blacklist oleh Google. ?

Share melalui Social Media

Saya yakin Anda pasti memiliki akun social media, bukan? Minimal satu, meskipun umumnya memiliki lebih dari satu jenis social media. :mrgreen: Nah, ketimbang menggunakan akun social media Anda untuk curhat-curhat nggak jelas, lebih baik gunakan juga untuk meng-share tulisan blog Anda.

Penggunaan social media akhir-akhir ini, merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendongkrak jumlah pengunjung blog kita. Saya pernah meng-share sebuah artikel ke halaman facebook saya, dan hanya dalam 1 hari, saya mendapatkan lebih dari 1000 hits untuk artikel itu saja. 8)

Jadi gunakan social media Anda untuk memperluas jangkauan pembaca. Jangan lupa untuk mensetting Tab Privacy status Anda ke Public pada Facebook. Supaya lebih banyak lagi orang yang melihat update status Anda yang berisi tulisan dari blog.

Blogwalking

Selain melakukan hal-hal di atas, saya masih memandang blogwalking sebagai salah satu cara yang efektif untuk menambah pengunjung pada blog kita. Selain itu saya sangat menyukai esensi dari blogwalking ini, yaitu menjalin silaturahim.

Dengan melakukan blogwalking, paling tidak kita akan mendapat 2 keuntungan yaitu, backlink dan inspirasi.

Ketika melakukan blogwalking, usahakan untuk selalu meninggalkan komentar yang baik. Karena dengan meninggalkan komentar yang baik, ini merupakan bentuk penghargaan kepada pemilik blog. Selain itu, kita juga meninggalkan jejak berupa alamat blog kita di sana. Jika komentar kita mendapat sambutan yang baik dari pemilik, bukan hal yang mustahil dia akanberkunjung juga ke blog kita. Belum lagi pengunjung-pengunjung lain yang datang, bisa saja mereka tertarik berkunjung ke blog kita karena komentar kita tersebut.

Hal lain yang bisa kita peroleh adalah inspirasi. Ya, saya sering melakukan blogwalking ketika pikiran sedang buntu tidak tahu mesti menulis apa. Dengan berkunjung ke beberapa blog, biasanya kita akan memperoleh ide untuk menulis apa. So, tunggu apa lagi? Segeralah menjelajahi dunia blogosphere yang luasnya melebihi langit dan bumi. :mrgreen:

Menjadi Guest blogger

Menjadi penulis tamu atau guest blogger seperti yang saya lakukan ini, juga merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung. Mengapa? Karena dengan menulis di blog orang lain, kita akan mendapatkan trafik baru dari pengunjung setia blog tuan rumah. Biasanya blog yang menyediakan tempat untuk penulis tamu / guest blogger merupakan blog yang sudah terkenal seperti isnuansa.com ini. Blog tersebut sudah memiliki pelanggannya sendiri. Sehingga ketika kita hadir, maka itu bisa menjadi kesempatan untuk menjaring pengunjung baru ke blog kita.

Terkadang sebagus apapun artikel yang kita buat, kurang laku kalau diletakkan di lapak kita sendiri. Nah, cobalah untuk menitipkan artikel tersebut kepada lapak yang memang sudah memiliki nama, boleh jadi artikel tersebut akan menjadi laris manis.

Promosi offline

Setelah tadi kita melakukan berbagai promosi di dunia maya, maka hal terakhir yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan pengunjung adalah dengan melakukan promosi secara offline. Memang akan ada sedikit konsekuensi biaya. Tapi jika kita memang ingin blog kita dikenal dan dikunjungi banyak orang, saya pikir itu merupakan sesuatu yang patut dipertimbangkan.

Kaos Blogger

Maap yah, yang punya blog pengen nampang dengan contoh nyata. Hahaha. (Ini kaos blognya DV)

Contoh sederhananya adalah: dengan membuat kaos yang ada tulisan alamat blog Anda. Pakailah kaos tersebut kemana pun Anda pergi. Tentu orang yang meilhat akan penasaran dan akan membuka alamat blog Anda. Logis kan?

Contoh lainnya adalah dengan menjadi sponsor sebuah kegiatan. Biasanya yang rajin membuat kegiatan adalah anak-anak sekolah atau mahasiswa. Jika dana Anda memungkinkan, jadilah sponsor dan minta kepada panitia agar mereka mencantumkan alamat blog Anda di dalam poster, spanduk, ataupun brosur mereka? Mantab kan?

Nah itulah tadi sharing dari saya mengenai 7 cara efektif meningkatkan pengunjung blog. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba.

Sampai jumpa lagi pada postingan yang lain.

Salam hangat.

Artikel ini ditulis oleh penulis tamu, Tatang Tox, pemilik sekaligus penulis cagakurip.com

Facebook Comments
Telah dibaca 29 x , hari ini 1 x

About Tatang Fox

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif