Home » IPTEK » Informasi dan IPTEK » Informasi » Pertanian » Tumpang Sari Aren – Pepaya California

Tumpang Sari Aren – Pepaya California

Tumpangsari Pepaya-Aren

Tumpangsari Pepaya-Aren

 

Menanam aren memang akan memberikan hasil yang sangat besar, sekitar 10 kali lebih banyak daripada hasil menanam kelapa sawit atau pun menanam karet.

Namun, tanaman aren rerata akan mulai berproduksi pada usia 7-8 tahun. Itu adalah satu tenggat waktu yang cukup lama buat para petani. Terutama pada penanaman perdana.

Pada penanaman kedua, masa tunggu itu akan tidak begitu lama, karena begitu aren mulai mengeluarkan tandannya yang pertama, petani bisa segera menanam lagi bibit aren di antara tanaman yang sudah ada. Sistim plant inter planting ini sudah jamak dibuat orang pada tanaman kelapa sawit. Begitu tanaman tua sudah saatnya ditebang, maka tanaman sisipan sudah cukup besar dan tak lama lagi akan mulai berproduksi.

Karena itu, untuk memberikan hasil bagi petani ketika arennya belum menghasilkan nira, maka dapat ditanam pepaya california (pepaya calina) sebagai tanaman tumpang sari.

Karena jarak tanam aren yang dianjurkan adalah 4×8 meter, maka pada gawangan yang 8 meter itu dapat ditanam 2 baris tanaman pepaya. Jarak antar pepaya adalah cukup 2 meter. Sehingga jarak tanam pepaya menjadi 2×4 meter. Dalam 1 ha terdapat 1250 batang tanaman pepaya.

Bila dirawat dengan baik, maka setiap pohon akan menghasilkan 100-150 butir buah pepaya. Jika beratnya dikatakan 100 kg saja, maka hasil brutto nya adalah :
1250 pohon x 100 kg  x Rp.2500 = Rp.312.500.000.-

Pepaya calina mulai panen perdana di usia sekitar 9 bulan sesudah tanam. Dan biasanya bertahan produktif  sampai usia 2,5 tahun.

Setelah tanaman pepaya kurang produktif, maka tak perlu melakukan peremajaan. Lakukan sistim juvenilasi.

Satu bulan sebelum juvenilasi, lakukan pemupukan yang cukup.
Potong batang pohon pepaya yang sudah tua itu setingi 80 cm dari tanah, tutup dengan plastik bagian atas potongan. Biarkan bertunas dan pelihara 1-2 tunas yang terbaik. Rawat sampai ia berbuah lagi.

Pengalaman menunjukkan hasil yang didapat nyaris tidak berbeda dengan hasil dari penanaman awal.

Cara ini lebih hemat, cepat dan berhasil guna.

Dua tahun kemudian pepaya sudah tidak bisa dipertahankan lagi, karena tajuk pohon aren sudah nyaris menutupi semua pencahayaan. Tinggal menunggu 3 tahun lagi, panen perdana aren, sekaligus panen rayanya, akan memberikan hasil yang membuat Anda menjadi miliuner baru.

Bagaimana cara menanam dan merawat pepaya california, Anda dapat ikuti di Grup Facebook APPI (Asosiasi Petani Pepaya Indonesia) atau di grup fb Pekebun Pepaya.

 

Ditulis oleh Muhammad Isnaini alias Bang Pilot, seorang penulis, blogger dan wartawan.

Foto dokpri.

Telah dibaca 325 x , hari ini 1 x

About bang pilot

Leave a Reply

Your email address will not be published.