Home » PENDIDIKAN » Edukasi & Sekolah » BAHASA DAN TEKHNOLOGI

BAHASA DAN TEKHNOLOGI

andif

Bahasa menunjukkan bangsa. Barangkali kita tak akan mengetahui lagi siapa yang mengatakan hal ini pertama kali. Kita juga tidak tahu kapan dan bagaimana si orang bijak sampai pada kesimpulan demikian. Mengetahui semua itu bahkan mungkin juga memang sudah tidak penting lagi. Tapi pembuktian bahwa bahasa bukan sekedar alat bertutur sapa semakin nyata.

Seorang pakar struktur bahasa member saya sebuah contoh. Ambilah kata Kucing dan Kuping. Kita tentu tahu, bahwa keduanya berbeda. Sekarang perhatikanlah susunan huruf pada kedua kata tersebut. Semuanya sama, kecuali huruf C dan P. Dalam teks, keduanya hanya dibedakan oleh sebuah huruf. Sedangkan kenyataannya, keduanya memiliki bentuk yang sangat berbeda.

Maka kata-kata, bagi pakar bahasa, hanyalah salah satu penanda belaka. Fungsi bahasa adalah pemberi makna. Dengan kata lain bahasa punya kuasa. Maka mengatakan Kucing dengan Kuping atau sebaliknya berarti melawan “kesepakatan”. Tapi darimana munculnya bahasa?

Ludwig Wittgenstein bilang bahasa adalah sebuah permainan. Bahasa adalah bagian yang membentuk kehidupan manusia. Dengan kata lain, bahasa dibentuk sekaligus membentuk kenyataan-kenyataan. Aktivitas kita sehari-hari adalah dibentuk sekaligus membentuk bahasa dan kata-kata.

Kehadiran computer, misalnya, tidak hanya membawa kata-kata dan bahasanya sendiri. Komputer juga membangun kenyataan-kenyataan. Yang ingin saya katakana adalah pilihan atas suatu tehnologi juga akan memberikan implikasi yang berbeda-beda.

Telah dibaca 30 x , hari ini 1 x

About andigtl

Leave a Reply

Your email address will not be published.