Home » PENDIDIKAN » Edukasi & Sekolah » BERPIKIR KRITIS LEWAT DONGENG

BERPIKIR KRITIS LEWAT DONGENG

andifSemangat kritis tidak boleh ditinggalkan terlebih di zaman yang penuh dengan doktrinasi kesadaran oleh peradaban modern yang seringkali tidak menyadarkan kita, terlebih kita yang menjadi pendidik yang mempunyai tugas mendidik generasi mendatang agar menjadi lebih baik.

Pembelajaran kritis adalah agen untuk melakukan perubahan tatanan sosial guna membentuk masyarakat baru (berbeda dan lebih baik), yaitu dengan menjadikan pembelajaran sebagai pilot project. Yang berperan mengantarkan peserta didik untuk mencapai kesadaran kritis, sehingga dengan sendirinya pembelajaran juga berperan melakukan kritik terhadap dominasi yang sebelumnya membelenggu kesadaran (ilmu pengetahuan) peserta didik.

Pada prinsipnya pembelajaran kritis mensyaratkan penggunaan andragogi (pendekatan pembelajaran ‘orang dewasa’ yang menempatkan peserta didik sebagai orang dewasa yang diasumsiskan memiliki kemampuan aktif untuk merencanakan arah, memilih bahan dan materi yang dianggap bermanfaat, memikirkan cara terbaik untuk belajar, menganalisis dan menyimpulkan serta mampu mengambil manfaat pendidikan secara mandiri) sebagai pendekatan ketimbang pedagogy. Banyak pembelajaran yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaran kritis namun dilakukan dengan cara pedagogi ataupun indoktrinasi, meskipun materi pembelajaran sesungguhnya menyangkut persoalan mendasar tentang permasalahan yang dihadapi, namun dalam proses pembelajarannya lebih bersifat indoktrinatif. Pendekatan ini memposisikan peserta didik sebagai subjek dalam system pendidikan.

Dalam pembelajaran kritis para pendidik harus bekerja dengan berdasarkan pengalaman anak didik dalam proses pembelajaran. Peserta didik sebagai orang dewasa diasumsikan memiliki kemampuan aktif untuk merencanakan arah, memilih bahan dan materi yang dianggap bermanfaat, memikirkan cara terbaik untuk belajar menganalisis dan menyimpulkan serta mampu mengambil manfaat pendidikan. Fungsi guru adalah sebagai fasilitator dan bukan menggurui.

Mendongeng, memicu daya kritis anak

Daya imajinasi dan daya kritis anak sangatlah tinggi. Imajinasi dan kreatifitas anak akan meningkat pada usia 3 tahun dan akan mencapai puncaknya pada usia 5 tahun. Dengan mendongeng, kesulitan dan perbedaan cara pandang tersebut bisa dijembatani. Rasa ingin tahu anak yang sangat tinggi menjadikan media mendongeng sangat bisa masuk dalam alam pikiran anak-anak, sehingga melalui dongeng, komunikasi yang terbangun niscaya disukai oleh anak-anak.

Pengalaman daya kritis anak untuk mengungkapkan sesuatu yang kadang belum pernah mereka pikirkan sebelumnya, menjadikan kepekaan anak terhadap sebuah fenomena akan terlatih. Kesalahan fatal kita selaku orang tua adalah dengan hanya mengenalkan anak kita pada satu alternatif yang kita anggap paling benar. Bayangkan apabila anak-anak di sekitar kita hanya mengenal satu alternatif untuk menyelesaikan masalah. Padahal, dalam setiap permasalahan ada banyak pilihan cara untuk mengatasinya, dan dalam masyarakat ada beragam pendapat/pandangan tentang segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Tentunya hal tersebut jangan sampai terjadi pada kita dan anak-anak Indonesia ke depan, karena mereka adalah tumpuan masa depan kita bersama.

Tidak ada kreatifitas tanpa kesadaran kritis.

Telah dibaca 35 x , hari ini 1 x
Semangat kritis tidak boleh ditinggalkan terlebih di zaman yang penuh dengan doktrinasi kesadaran oleh peradaban modern yang seringkali tidak menyadarkan kita, terlebih kita yang menjadi pendidik yang mempunyai tugas mendidik generasi mendatang agar menjadi lebih baik. Pembelajaran kritis adalah agen untuk melakukan perubahan tatanan sosial guna membentuk masyarakat baru (berbeda dan lebih baik), yaitu dengan menjadikan pembelajaran sebagai pilot project. Yang berperan mengantarkan peserta didik untuk mencapai kesadaran kritis, sehingga dengan sendirinya pembelajaran juga berperan melakukan kritik terhadap dominasi yang sebelumnya membelenggu kesadaran (ilmu pengetahuan) peserta didik. Pada prinsipnya pembelajaran kritis mensyaratkan penggunaan andragogi (pendekatan pembelajaran ‘orang dewasa’ yang menempatkan…

Review Overview

About andigtl

Leave a Reply

Your email address will not be published.