Home » PENDIDIKAN » Edukasi & Sekolah » FILANTROPI DAN ALTRUISME

FILANTROPI DAN ALTRUISME

 

Perbedaan manusia dengan hewan sebenarnya Cuma satu yaitu manusia punya nurani sedangkan hewan tidak punya nurani. Hewan hanya diberi talenta berupa naluri. Nurani dengan naluri jelas berbedda. Nurani merupakan sifat-sifat manusia yang universal.  Sedangkan naluri sifatnya individual.

Manusia mempunyai dua sekaligus yaitu nurani dan naluri. Di dalam perkembangannya nurani dan naluri kadang saling melengkapi. Hanya saja dalam posisi ideal, nurani harus lebih mengedepan ketimbang naluri. Karena melalui nurani manusia akan membangun persaudaraan dengan sesamanya dengan landasan kasih sayang dan pengertian. Salah satu perwujudannya adalah gaya hidup Filantropis.

Memang kita tidak bisa memandang manusia dari kacamata hitam putih saja. Karena abu-abu adalah warna hidup senyatanya. Kita tidak dapat menentukan manusia dari sisi putihnya saja. Apalagi sisi hitamnya saja.

Aktifitas dan gaya hidup ini sangat bermanfaat bagi sesama dan sudah selayaknya mendapat tempat dalam kehidupan kita.

Altruisme.

Manusia tak bisa hidup dlam ruang hampa sosial. Dir pribadi manusia dikepung oleh komunitas manusia yang lain dan jelas mempunyai aturan main yang tak boleh dilanggar. Aturan main tersebut adalah Norma.

Norma yang paling utama tak lain dan tak bukan adalah menyayangi sesamanya. Menyayangi sesama untuk konteks ini banyak artinya. Tidak melulu pada hubungan kemanusiaan yang disebut cinta. Rasa empati, suka menolong, sudah dapat dikatakan menyayangi sesama. Rasa peduli manusia terhadap sesama merupakan anugrah agung yang tidak dipunyai oleh makhlik lain. Kepedulian ini tidak mungkin dihapus walau agaya hidup manusia sudah serba praktis dan mengglobal. Gaya hidup seperti itu disebut Altruisme.

Altruisme adalah salah satu sisi dari sifat manusia, sehingga manusia rela berbuat sesuatu demi orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Mari kita tanamkan budaya Filantropi dan Altruiesme dalam kehidupan sehari-hari anak didik kita. Semoga nantinya dapat menambah khasanah pemahaman mereka tentang budi pekerti yang baik dan implementasinya dalam kehidupan sosial.

Telah dibaca 65 x , hari ini 1 x

About andigtl

Leave a Reply

Your email address will not be published.