Home » PENDIDIKAN » Edukasi & Sekolah » ADA GURU YANG SUKA NILAI MURIDNYA JELEK

ADA GURU YANG SUKA NILAI MURIDNYA JELEK

Saya terkadang heran.  Mengapa guru tak mau belajar.  Ilmunya tak nambah-nambah.  Hanya itu-itu melulu.  Ilmu yang diterima dari gurunya dari zaman dulu dia sendiri bersekolah.  Memprihatinkan!

Melihat prilaku guru seperti itu terkadang saya tak mau peduli.  Walau saya sedih saat melihat anak muridnya yang juga anak murid saya mendapat sesuatu yang sudah jadul.  Bagaimana mereka akan melintasi jalan masa depannya?

Lebih menyedihkan lagi saat guru dengan ilmu jadul itu mualai beraksi pula.  Dia seakan bahagia kalau dalam setiap ulangan yang dilakukannya semua siswa mendapat nilai tak lebih dari lima.  Anehkan?  Masa ada guru senang saat muridnya tidak bisa mengerjakan soal yang diberikannya.  Tapi begitulah dia.  Setelah melihat nilai yang seperti itu, terus berpidato berbusa-busa di mana-mana.  Murid sekarang pada malas!  Murid sekarang tak mau bekerja keras!  Murid sekarang bodoh-bodoh!  Dan masih banyak lagi ocehannya.

Bukan.  Tentu dia bukan guru yang rajin.  Hanya dia sering mengolok murid-muridnya, ya.  Itu selalu. Tapi pekerjaan dia tak pernah dia selesaikan.  perencanaan, tak ada.  Evaluasi amburadul.  Yang dia tahu, Muridnya harus rajin.  Betul sih.  Tapi nilai muridnya juga harus rendah.  kenapa?  Saya rasa hanya ingin menunjukkan dia pinter muridnya bodoh.

Pada saat di umumkan di papan tulis di ruang guru, “Ketuntasan kelas minimal 85 persen”.  Melihat pengumuman itu, ia langsung mencak-mencak.  Masa harus obral nilai, katanya.   Dia hanya menunjukkan ketidaktahuan bagaimana harus menilai siswa.  Bagaimana membuat soal yang baik.  Dia hanya tahu dan bangga dan merasa pandai kalau melihat muridnya bodoh dalam memperoleh nilai dari soal yang asal dibuat olehnya.  Tak pernah dia menganalisis soalnya.  padahal soal yang baik bukan soal yang gagal dikerjakan oleh semua siswanya.  Tapi dia selalu menganggap soal yang baik justru yang membingunkan muridnya.

Meremdial seakan dianggap pekerjaan sia-sia.  Kalau disuruh remed malah dia ajukan soal yang sama.  Ketahuan kan ilmunya?

Saya hanya berdoa, mudah-mudahan dia mampu menyadari kekeliruannya.  Semoga suatu saat, dia bangga saat muridnya mampu mengerjakan soal yang diberikannya.  Semoga dia bangga saat murid-muridnya mendapat nilai bagus.  Dan tak mengeluh lagi.  Dan mau menambah ilmunya lagi.

Kasihan anak-anakku, mendapat guru seperti itu.  Mudah-mudahan dia dapat pelatihan yang mencerahkan, karena kalau pelatihan sudah sering dilakukannya, tapi setiap kembali dari pelatihan justru oleh-olehan omelan terhadap penyaji di pelatihannya.

Ampun deh!

Telah dibaca 35 x , hari ini 1 x

About auroraazzura

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif