Home » PENDIDIKAN » Edukasi » Alasan Penting Mengapa Mahasiswa Perlu Membangun Sebuah Blog

Alasan Penting Mengapa Mahasiswa Perlu Membangun Sebuah Blog

downloadAda tiga budaya yang melekat pada kehidupan mahasiswa, budaya-budaya itu adalah membaca, menulis dan berdiskusi. Setiap mahasiswa kudu/wajib/harus menjalani ketiga budaya tersebut agar bisa disebut sebagai mahasiswa sejati. Ya, sebagaimana sejatinya mahasiswa memiliki peranan penting sebagai agent of change dan social control. Itu adalah teori umum yang, saya rasa, semua mahasiswa sudah mengetahuinya. Terkait pembahasan lebih lanjut mengenai 2 peranan itu, kita tangguhkan dulu, nanti akan kita bahas lebih lanjut lagi karena sebelum itu saya ingin membahas sedikit tentang blog.

Blog dan Perkembangan Dunia Media dan Jurnalistik

Saya bukan orang yang memiliki latar belakang media dan jurnalistik, namun saat di kampus saya kerap aktif dalam kegiatan organisasi dan hampir 90% tugas yang saya pegang adalah tugas media. Terbiasa bercengkarama dengan media membuat saya—sedikit banyak—paham dengan dunia media dan jurnalistik itu. Satu pernyataan tak terbantahkan (mungkin sahabat pembaca juga sudah sering mendengarnya) adalah bahwa setiap orang di zaman ini adalah media. Lantas, apakah itu hanyalah sebuah pernyataan tidak berdasar? Tentu saja bukan. Faktanya perkembangan media sosial menjadi bukti tidak terbantahkan dari pernyataan tersebut. Media sosial bukan sebatas jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan lainnya lho, blog juga termasuk anggota keluarga besar media sosial itu.

Jika kita mengkaji sedikit sejarah blog, blog dulunya hanya dipakai sebagai catatan virtual seseorang namun seiring perkembangan zaman, blog berubah fungsi menjadi media untuk menyebarkan pemahaman, media untuk jualan atau media untuk sekadar have fun. Faktanya, zaman sekarang ini, blog yang beredar di jagad internet sudah beraneka ragam macamnya. Hebatnya lagi, blogger purna/paruh waktu sudah menjadi profesi tersendiri bagi orang banyak dari berbagai umur. Pula terkait dunia media dan jurnalistik, dengan adanya blog sekarang sangat mudah membuat media yang dikelola oleh sekelompok orang bahkan satu orang saja. Hal tersebut tentu juga menjadi peluang yang besar bagi mahasiswa yang ingin ikut serta meramaikan jagad internet dengan menghadirkan blog mereka masing-masing.

Alasan Penting Mengapa Mahasiswa Perlu Membangun Sebuah Blog

Sebagaimana judul dari artikel ini, kita kembali ke pembahasan utama. Membuat sebuah blog dapat dilakukan dengan sangat mudah. Berbagai tutorial sudah disebar di internet dan penyedia layanan blog pun ramai seperti Blogger, WordPress, Tumblr dan lainnya. Agar kita tidak mengkhianati judul artikel ini maka mari kita uraikan alasan mengapa mahasiswa perlu membangun blog, sekaligus melunasi janji saya di awal untuk membahas fungsi mahasiswa sebagai agent of change dan social control tadi. Setidaknya dengan membangun sebuah blog mahasiswa dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

  1. Merealisasikan fungsi atau peranan mahasiswa

Fungsi mahasiswa sebenarnya banyak namun cukup 2 saja yang saya bahas di artikel ini. Pertama, mahasiswa memiliki peranan sebagai agent of change. Mereka adalah agen perubahan. Kenapa mahasiswa susah-susah menjalani pendidikan tinggi? Ya, karena mereka nantinya diharapkan memberi perubahan untuk keluarga hingga kampung halaman sendiri serta bagi agama, nusa dan bangsa. Kedua, fungsi mahasiswa sebagai social control adalah untuk mengontrol atau menjaga stabilitas sosial dengan cara memberikan aksi berupa pemikiran-pemikiran kritis demi menjaga masyarakat dan pemerintah berjalan di jalur yang pantas. Kedua fungsi tersebut akan lebih terealisasikan jika mahasiswa tersebut memiliki media bicara. Dan salah satu dari media tersebut adalah blog!

  1. Memperluas jaringan

Dengan membangun sebuah blog mahasiswa bisa memperluas jaringan atau relasi mereka. Menemukan orang-orang seide dan kenalan-kenalan berharga dengan berbagai latar belakang. Jaringan yang luas akan sangat berguna bagi mahasiswa baik saat mereka masih di kampus atau setelah lulus dari kampus nantinya.

  1. Menajamkan hobi

Membangun sebuah blog tidak selalu identik dengan tulisan (meskipun seorang blogger harus bisa menulis). Bagi sahabat yang minta fotografi bisa membangun blog galeri foto, bagi sahabat yang minat membuat video bisa dibuat galeri video. Apapun hobi sahabat bisa ditulis dan dibagikan dengan blog. Selain itu juga bisa sebagai sarana berbagi dan menjalin komunitas dengan orang lain yang sehobi.

  1. Sebagai portofolio

Blog juga bisa lho dijadikan sebagai portofolio yang berguna buat karier nantinya. Misalkan sahabat adalah mahasiswa ilmu hukum, kamu bisa membuat blog seputar hukum baik itu secara teori maupun opini. Artikel-artikel yang kamu tulis di blog itu bisa menjadi portofolio yang akan menjad poin tambah saat melamar sebuah pekerjaan.

  1. Mendapatkan penghasilan

Terakhir, dengan membangun blog, mahasiswa bisa menghasilkan uang secara mandiri. Buat penambah uang saku hingga membayar uang kuliah. Banyak sekali cara memonetisasi sebuah blog, cara ini sudah banyak dimuat di berbagai blog termasuk blog yang sedang kamu baca ini.

Era digital berkembang teramat pesat, semua orang saat ini bisa menjadi media dengan media sosial yang mereka punya. Mahasiswa, sebagai kalangan intelektual, seharusnya bisa melihat peluang ini dan mengambilnya. Mahasiswa wajib/kudu/harus membangun sebuah blog untuk mewujudkan budaya membaca, menulis dan berdiskusi itu. Kamu bisa melakukan ketiga hal tersebut dengan membangun sebuah blog. Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui adalah: dengan membangun sebuah blog secara tidak langsung kamu telah melakukan upaya brandingterhadap diri kamu saat kamu masih berada di bangku kuliah. Selain paparan di atas masih banyak lagi manfaat blog bagi mahasiswa yang saya berani jamin semuanya sangat berguna. Yuk mulai ngeblog dari sekarang.

Facebook Comments
Telah dibaca 33 x , hari ini 1 x

About Fadli Hafizulhaq

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif