Etika

Belakangan jagat perpolitikan kita memanas dengan genderang perang yang ditabuh oleh Ahok, nama kecil dari Basuki Tjahaja Purnama, kader dari salah satu partai Koalisi Merah Putih yang masih belum rela menerima kekalahannya pada pemilihan presiden yang baru lalu.

Ahok melawan kehendak partainya yang hendak mengembalikan pemilihan kepala daerah oleh DPRD. Bukan secara langsung dipilih oleh rakyat melalui bilik suara seperti sekarang ini.

Ahok tidak tahan dengan kemauan partainya yang tiba – tiba yang tidak ingin memberikan kesempatan kepada rakyat untuk memilih secara langsung kepala daerahnya dengan berbagai dalih yang seakan dibuat-buat. Sebab beberapa bulan sebelumnya, sebelum pemilihan presiden partai di mana Ahok bernaung justru menolak pemilihan kepala daerah oleh DPRD. Lelucon apa ini?

Koboi dari Belitung ini akhirnya berkoar – koar di media karena merasa dihianati oleh keinginan partainya dan menyatakan akan mundur dari partainya. Gayung bersambut. beberapa petinggi di partainya menyambut antusias dengan keinginan akhir mundur.

Ahok dianggap tidak ada apa – apanya bagi partai. Perannya boleh dibilang tidak ada. Semakin ditantang semakin panas. Seperti koboi yang tak akan mundur bila ditantang duel. menembak atau tertembak. Cuma itu pilihannya. lari dari gelanggang akan dicap sebagai pengecut.

Atas sikapnya Ahok dianggap tidak punya etika. Tidak tahu terima kasih. Seperti kacang lupa kulitnya. Arogan. Kurang ajar.

Bicara etika Ahok memang kurang beretika dalam hal ini. Menyebar perbedaan pendapat dengan partainya di media. Walau Ahok memiliki argumennya sendiri.

Yang lucu adalah para petinggi partai, baik dari partai Ahok atau partai koalisi semuanya bicara kalau Ahok tidak beretika dalam berpolitik.

Hebat. Mereka yang sendiri tadinya tidak beretika, tiba – tiba pintar bicara tentang etika. Ada yang teriak – teriak hendak menangkap Ketua KPU dengan tuduhan palsu, ada politikus yang suka bikin puisi sindiran, ada anggota dewan yang tidak malu pakai mobil mewah tapi tidak memiliki kelengkapan surat. Kalau bicara etika, semuanya tak beretika. Herannya tidak malu – malu mencap Ahok tidak beretika.

Para politisi memang paling jago kalau bicara soal etika. Padahal dalam berpolitik mereka ada yang tidak peduli dengan etika. Buktinya perbuatan korupsi yang melanggar etika itu getol mereka lakukan. Apabila memang tahu etika, tentu saja mereka akan mengharamkan untuk mengambil sesuatu yang bukan miliknya.

Lebih hebat lagi, penulis artikel ini yang masih jauh dari beretika ikut membahas soal orang lain yang tidak beretika. Apa beretika menulis ketidakberetikaan para politisi yang terhormat itu?

[email protected]

Facebook Comments

About katedrarajawen

2 comments

  1. trik yg lagi tren: “maling tereak …maliiiiiiiiiiiiiiiing…….”http://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif

  2. katedrarajawen

    dan sangat manjur ya Ci Johttp://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif