Home » SOSIAL BUDAYA » Catatan Harian » Yang Salah Menjadi Benar

Yang Salah Menjadi Benar

wrong and rightSuatu hal walau adalah salah, namun karena sudah menjadi kebiasaan, maka akan menjadi hal yang benar. Ketika kita tidak melakukannya, malah akan dianggap salah. .. [status fb]

Tanpa kita sadar atau pun kita sadari, bahwa ada hal-hal yang sebenarnya adalah salah, namun karena kondisi  tetap kita lakukan. Yang mana kemudian menjadi kebiasaan yang mentradisi, sehingga hal yang salah tersebut menjadi sesuatu yang benar. Ketika kita tidak melakukan justru akan dianggap salah.

Di jalanan kita bisa melihat, ada yang dengan santai menerobos lampu merah. Ketika kita yang dengan tertib berhenti dan menunggu menyalanya lampu hijau, malah akan diklaksoni. Karena kita dianggap menghalangi yang hendak melaju menerobos lampu merah.

Kita juga bisa melihat dengan santainya orang-orang menyeberang di jalanan yang penuh dengan kendaraan yang melaju di bawah jembatan penyeberangan tanpa perlu merasa bersalah. Padahal dengan tindakannya bukan hanya membahayakan dirinya sendiri, tetapi juga mengganggu dan dapat membahayakan para pengendara.

Ketika kita bekerja di sebuah perusahaan, tak jarang hari demi hari harus kita lalui dengan kebohongan untuk menjaga citra dan penjualan. Dimana kebohongan sudah dianggap sebagai hal yang benar. Sebab akan mendatangkan keuntungan dan sebagian untuk membayar upah kita.

Saat kita sadar dan mengikuti suara hati untuk jujur, alih-alih kita mendapat pujian. Bisa jadi justru akan mendapat omelan atau amarah. Karena mereka yang sudah terbiasa melakukan kebohongan sebagai hal yang benar akan menganggap kejujuran kita sebagai kesalahan. Bahkan bisa menjadi kesalahan fatal.

Mana kala kita bekerja di perusahaan atau instansi di mana menyalahgunakan wewenang atau melakukan perbuatan sudah merupakan tradisi, maka ketika kita berusaha mengikuti nurani. Hal ini bisa-bisa menjadi tertawaan atau kita akan menjadi musuh bersama mereka untuk disingkirkan. Sebab kita justru yang mereka anggap salah.

Mampukah kita menjadi diri sendiri yang sejati tanpa terbawa arus kehidupan yang menjadikan hal-hal yang salah menjadi benar? Itu masalahnya!

katedrarajawen@refleksihatimenerangidiri

Facebook Comments
Telah dibaca 134 x , hari ini 1 x

About katedrarajawen

2 comments

  1. kalo masalahnya duit…ujung-ujungnya duit yaa… apa permintaan dunia dilakoni…masalah surga urusan nanti saja…salah jadi bener juga oke asal ada imbalannya… itulah hidup di dunia http://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif

  2. katedrarajawen

    Iya dong, alasan untuk isi perut berbohong dan menipu pun bisa jadi benar, daripada mata kelaparan katanyahttp://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif