Home » Rubrik Khusus » Timba Sumur » Jokowi, Padamu Rakyat Menggantungkan Asa

Jokowi, Padamu Rakyat Menggantungkan Asa

jokowi bukuJudul : Presiden Jokowi: Harapan Baru Indonesia
Editor : Nurulloh
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Kompas Gramedia
Tebal : 238 halaman +xx
Tahun Terbit : 2014

Euforia kegembiraan rakyat Indonesia setelah pesta demokrasi belum selesai. Kehadiran sosok Jokowi dan Jusuf Kalla menjadi harapan sebagian besar rakyat Indonesia. Kegembiraaan dan harapan mereka tuangkan dalam berbagai wujud. Baik yang tampak secara fisik maupun bentuk-bentuk lain. Di antara wujud harapan rakyat ini tertuang dalam beberapa tulisan. Agar aspirasi rakyat ini bisa terbaca oleh beliau, maka Kompasiana bekerja sama dengan Penerbit PT Elex Media Komputindo dan Kompas Gramedia kembali merilis buku bertajuk Presiden Jokowi Harapan Baru Indonesia. Buku ini sejak tanggal 29 September 2014 lalu telah terpampang di Toko Buku Gramedia. Buku ini trilogy dari dua buku yang sudah terbit sebelumnya yaitu, Jokowi Bukan (untuk) Presiden dan Ahok untuk Indonesia.
Namun, kali ini warga tak hanya mengulas sosok Jokowi saja, Buku ini yang pertama memuat tulisan dan analisis warga biasa atau para Kompasianer yang memperbincangkan Jokowi dan Jusuf Kalla sekaligus setelah menjadi pasangan capres dan cawapres.
Buku ini membicarakan Jusuf Kalla pasangannya yang akan mendampingi dalam memerintah lima tahun ke depan. Buku bersampul hitam dengan gambar Presiden terpilih Jokowi berada dalam kerumunan anak-anak Indonesia. Buku ini tampil dengan gambar sampul Jokowi yang masih mengenakan kemeja kotak-kotak. Akan tetapi, Jokowi kini tak lagi mengacungkan simbul dua jari. Kini ia justru dikerumuni anak-anak yang mengacungkan tiga jari. Tiga jari tak lain lambang sila ke-tiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia. Harapannya kehadiran dua pemimpin ini mampu tetap menjaga keutuhan NKRI.
Buku ini mencoba mengupas berbagai pandangan dalam catatan warga yang belum pernah dimuat dalam media apa pun. Mulai dari kiprah Jokowi saat menjadi Walikota Solo hingga menjadi Gubernur DKI. Beberapa tindakan yang mungkin dipandang sebagai upaya pencitraan dirinya hingga beberapa syarat spiritual agar ia bisa berhasil memimpin negeri ini. Buku ini akhirnya ditutup dengan sebuah surat terbuka. Harapannya tentu agar antara Jokowi dan Kalla menyadari bahwa tugas yang akan diembannya merupakan amanah dari rakyat Indonesia.
Memang Jokowi bukanlah tokoh yang sempurna. Walaupun demikian ia tetap menjadi harapan baru rakyat untuk mampu menciptakan perubahan. Setidaknya, Jokowi bisa menjadi jawaban dan solusi atas permasalahan yang ada di Indonesia. Setidaknya demikian pandangan Amalia E. Maulana, Ph.D. dalam salah satu artikelnya yang berjudul Capres Idaman Tidak Sempurna?
Selain sosok Jokowi, Jusuf Kalla juga tidak lepas dari sorotan warga. Kebersamaan dengan Jokowi diharapkan mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik dalam memperjuangkan rakyat kecil. Jokowi –Kalla telah merancang berbagai inovasi demi perbaikan Indonesia di berbagai sektor.
Tulisan 21 bloger ini telah digarap menjadi sebuah buku yang cukup manarik. Mengingat berbagai latar belakang pendidikan dan profesi penulisnya, menjadikan buku ini memiliki keberagaman gaya dan bahasa. Nilai rasa yang berbeda antara penulis yang satu dengan yang lainnya dalam menyikapi persoalan yang sedang dihadapi tokoh, menjadikan sajian bentuk tulisan dengan paparan yang beragam. Sudut pandang penyajian tulisan mempunyai nilai tersendiri dalam memaknai setiap lembaran buku Presiden Jokowi: Harapan Baru Indonesia.
Bagi pencinta Jokowi, mungkin tak akan ada habis-habisnya mengikuti kisah beliau. Setiap saat ada saja terobosan baru yang terjadi. Memang sebagian masih menilai apa yang dilakukan oleh Jokowi hanya sebagai usaha pencitraan. Namun, buku ini akan menyajikan kisah Jokowi-Kalla secara objektif. Sepak terjang ketulusan kerjanya hanya bisa dibuktikan dirasakan oleh masyarakat kebanyakan atau dengan kata lain rakyat kecil. Dalam buku ini juga tidak sekadar berisi pujian, tetapi juga catatan kelemahan serta tantangan yang harus dihadapi dalam memimpin negri ini. Dengan kata lain buku ini sebenarnya layak dibaca oleh seluruh lapisan masyarakat. Melalui buku ini pembaca tidak hanya melihat keunggulan kedua tokoh, tetapi pembaca pun bisa belajar tentang karakter pemimpin yang layak menjadi panutan. Salam-AST071014

Facebook Comments

About Anita Godjali

4 comments

  1. katedrarajawen

    Selamat buat Mbak Anita yang selalu konsisten tulisannya masuk dalam buku keroyokan Kompasiana..semoga selalu ada asahttp://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif

    • Anita Godjali

      Hehehe…trims Ko Kat, btw kok tumben gak ikut nulis. Mari kita hidupi asa itu dalam diri kita masing-masing, salam selamat berkarya

  2. semoga Jokowi-JK benar-benar melaksanakan amanat rakyat dengan sepenuh hati :))

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif