Home » Rubrik Khusus » Winda's Scriptease » Tua-Muda, Sama Saja

Tua-Muda, Sama Saja

Tetangga saya, Bu Sus, orangnya cool abis. Menyenangkan dan enak diajak berteman. Usia kami berbeda dua puluh tahun, usia Bu Sus hampir sepantaran dengan usia almarhum Ibu saya. Tetapi mereka adalah dua orang yang sangat berbeda. Ibu saya sudah kurang mengerti dan tidak mau belajar, jika diceritakan tentang hal-hal yang tengah menjadi trend atau perbincangan masa kini. Akhirnya gagap komunikasi. Bus Sus beda, ia menjadi wanita yang sangat ceria dan menyambut ‘usia emas’ tak ubahnya gadis remaja. Ini sungguhan! Saya salut dengan semangat kegembiraan Bu Sus yang benar-benar mengerti tentang dunia dan kehidupan. Berbeda dengan keadaan dimana biasanya ‘orang muda’ merasa ‘kurang nyambung’ dengan orang yang lebih tua usia dan sebaliknya. Pertemanan Bu Sus dan saya sama sekali tidak menyemburatkan nuansa semacam itu. Asyik-asyik aja!

YoungAtHeart538x303

foto: springarborfm.org

Bu Sus akan mendengarkan semua cerita saya hingga usai, lalu bertanya dan menimpali. Gaya menimpalinya pun sesuai dengan apa yang saya harapkan. Bahwa ia mengerti inti cerita atau permasalahan yang hendak disampaikan dan tidak sekedar asbun, asal bunyi menimpali kisah saya . Justru saya yang sering ‘kehilangan konsentrasi’ ketika bercakap dengan teman. Karena terkadang dikepala saya memikirkan sesuatu dan tidak menyimak kala orang lain berkisah serius tentang hal berbeda. Lalu tiba-tiba saja saya ‘kehilangan jejak’ — sampai dimana tadi yaaaaa…obrolannya? Jadi sayalah ‘manusia nggak nyambung’-nya. Bu Sus justru sangat ingin tahu tentang orang-orang lain, siapa mereka dan bagaimana kehidupannya. Bu Sus tidak kuliah, hanya kursus Sekretaris kalau tidak salah. Tetapi rasa ingin tahunya yang besar dan kecepatannya beradaptasi, membuat ia mampu membawa dirinya dengan baik. Kami, teman-teman menganggapnya sangat layak menjadi anggota DPR. Ia memiliki kharisma semacam itu,… ibu-ibu pejabat.

No, almarhum suami Bu Sus bukan pejabat. Tetapi tehnokrat, seorang lelaki yang sangat mahir dalam bidang permesinan. Menurut Bu Sus, suaminya mampu merakit dan memperbaiki segala benda bermesin. Yang tidak pernah dicoba rakit oleh suami Bu Sus hanyalah bom. Aisssh! Dan kisah tentang suami Bu Sus saya rasa bukan isapan jempol semata, karena ketiga anak-anaknya sama seperti ayahnya, mereka ahli-ahli mesin. Dan bekerja di tingkat internasional. Bukan sebagai karyawan kantoran atau  manager, tetapi sebagai Expat Indonesia yang diperbantukan dan bekerja di luar negeri.

Iyaaaa, …. Jadi jangan salah. Expat itu tidak hanya tenaga asing/ bule yang datang dan bekerja di tanah air. Demikian pun putra-putri Indonesia yang hijrah dan bekerja di ranah asing sebagai profesional pada bidangnya. Mereka adalah expat asal Indonesia. Dan coba dipertimbangkan, jika expat asing dari negara adidaya ditempatkan di negera berkembang seperti negara kita, sementara expat Indonesia yang (katanya ex negara dunia ketiga, ..atau masih?) sanggup dikirim ke negara adidaya dan ditempatkan di Washington atau New York. Mutu SDM yang kita miliki kira-kira apakah kalah oleh bangsa asing? Rasanya tidak, … bisa jadi lebih unggul!

Bu Sus bekas ibu rumah-tangga, mengurus satu suami dan tiga anak. Keahliannya dimasa lalu, usaha cateringan. Tetapi kini ia menjadi wanita yang memetik buah kerja-keras karena ketiga anaknya sangat sukses. Dan di masa yang sekarang ini, Bu Sus tidak berhenti lalu menunggu senja menjelang. Tetapi ia terus belajar tentang kehidupan khususnya kehidupan orang – orang lain, baik yang lebih muda maupun yang lebih tua. Bu Sus tidak melulu tinggal bersama anak-anaknya dan ‘momong cucu’ seperti stereotype wanita seusianya yang lain.

Bisa jadi suatu sore ia menjemput saya dan mengajak mencecap segelas kopi di sebuah coffee shop mungil di perumahan kami. Bisa jadi ia mengajak saya mengikuti acara jalan santai bersama warga setempat. Bersama teman-temannya kadang ia berwisata di dalam dan luar negeri. Dilain waktu ia memaksa saya ikut arisan juga. Saya sampai takjub, rasanya ia lebih sibuk di pergaulan sosial daripada saya! Permasalahan interaksi antar manusia bukan diukur muda atau tua. Tetapi sedalam apa percakapan yang akan terjadi?? Anak muda nggak gaul juga kuper, orang yang lebih tua namun banyak beraktivitas sosial dan bergaul juga makin oke! Oh, teman saya yang ini namanya Bu Susan, bukan Susi. Dan lulus SMA. Tetapi barangkali sama kategorinya, jenis wanita-wanita yang tangguh, bertahan dilaju jaman! He-he-he,…

Facebook Comments

About Josephine Winda

4 comments

  1. katedrarajawen

    Soal expat memang gak kalah sih di jepang banyak dan bahkan di NASA juga ada, nah bisa jadi Bu Sus ini menjadi inspirasi Ci Jo untuk masa tuanya yahttp://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif

  2. Tapi jarang yang ada kaya bu sus itu mba karna biasanya yang ada ceramaaaah mulu jadi bose yang muda dengernya http://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif