Home » SOSIAL BUDAYA » Doa Untuk Negeri » SISI LAIN MAHATMA GANDHI

SISI LAIN MAHATMA GANDHI

Gandhi tidak pernah mengaku dirinya suci. Akan tetapi kita tahu siapa Gandhi, yang oleh rakyatnya disapa Bapu, sebagai bapak yang mengatasi seluruh kepentingan rakyatnya yang sangat beragam.

Gandhi yang kemudian bergelar mahatma itu dalam kapasitas apa saja sangat mungkin menjelma menjadi apa saja: ahli hukum, birokrat ataupun pengusaha. Apabila dia mau. Tapi semua dia tinggalkan dan dia malah mengajar menenun kain sendiri, pantang makan daging dan “ajaran-ajaran batin lainya”.

Gandhi juga mencontohkan dan menerapkan satyagraha , suatu sikap melawan kekerasan. Sebagai manusia biasa, Gandhi tidak luput dari cela: dia pernah merokok, makan daging bahkan mencuri uang dari pembantunya. Demi alasan kesehatan, Gandhi terpaksa minum susu, mengingkari sebagian ajarannya sendiri untuk berpantang makan makanan hewani.

Di mata Orwell, seluruh kehidupan orang tua itu tak lain adalah semacam perjalanan suci dan seluruh tindakannya memiliki makna. Namun, apakah Gandhi melakukan semua itu dengan bertindak sebagai resi dan menjauhi hiruk pikuk kota?

Orwell melihat kejernihan sendiri atas sosok Gandhi. Tiada yang membantah bahwa Gandhi melakukan semua itu demi menegakkan keadilan. Memerdekakan bangsanya dari penindasan kerajaan Inggris. Baginya semua manusia memiliki kedudukan yang sama.

Orwell juga menunjukkan bahwa ajaran antikekerasan Gandhi tidak sama dengan yang dipahami oleh barat. Satyagraha dalam tafsiran Orwell adalah semacam perang tanpa menggunakan kekerasan. Suatu cara untuk mengalahkan musuh tanpa menyakitinya dan menimbulkan rasa benci.

Tapi seberapa jauhkah Gandhi digerakkan oleh kesadaran dirinya? Seberapa jauh dia menodai ajarannya sendiri dengan memasuki dunia politik? Orwell hanya mengatakan bahwa untuk menjawabnya perlu dilakukan pengkajian atas perilaku orang tua yang sangat sederhana ini sedetail-detailnya sebab setiap tindakannya memiliki makna.

Telah dibaca 40 x , hari ini 1 x

About andigtl

Leave a Reply

Your email address will not be published.