Home » SOSIAL BUDAYA » Motivasi dan Inspirasi » Motivasi » Hallo Mahasiswa Baru

Hallo Mahasiswa Baru

Sebelumnya, mau ngucapin selamat dan semangat ya buat para mahasiswa baru yang udah kelar ospeknya. Dan semangat juga deh buat temen – temen yang udah kembali masuk perkuliahan. Semoga virus ingin tidur dan kebiasaan malas-malasan lainnya saat libur gak kebawa – bawa sampe kampus :D

Well, bagi mahasiswa baru mungkin ini merupakan fase dimana kalian update profil pendidikan dengan nama universitas kalian (ciye) dan bilang “saatnya membuka lembaran baru” di status kalian. Yap, membuka lembaran baru. Bukan cuma status yang ganti jadi “mahasiswa”, tetapi banyak hal baru yang harus kalian lewati. Hal baru yang pastinya lebih menantang dan mungkin beberapa biasa aja. Kalian para maba (mahasiswa baru) biasanya lagi semangat-semangatnya nih. Semangat apanya? Hati – hati salah fokus loh. Bukannya semangat belajar malah semangat nyari kecengan baru. Kayak itu tuh para maba yang kejebak cinlok sama temen kelompok ospeknya, atau sama kakak tingkat yang jadi panitia. Hahaha. Duh, jangan cepat menyimpulkan deh, perasaan yang tumbuh cepat boleh jadi hilangnya juga cepat, loh.

Nah, sebenarnya bukan hal itu aja yang harus kita pikirkan. Masih banyak hal lain yang menanti untuk kita kerjakan. Apa ya kira – kira yang harus dilakuin di semester awal masuk kuliah ini? Perlu dipersiapkan emangnya? Tentu dong.

Misalnya ini nih,

1. Ubah Mindset

Sekarang kita bukan lagi anak sekolah yang pakai seragam loh. Ada kala setiap orang harus berubah. Menjadikan dirinya lebih baik. Yang tadinya kekanak – kanakan, cobalah lebih remaja. Yang udah abis fase remaja, coba berpikirlah lebih dewasa. Bijak. Dan tanya sama diri kalian, untuk apa kalian kuliah? Untuk kerja? Yakin? Atau cuma ikut – ikutan temen biar gak dibilang kuper?

“Aku malu kuliah di sini, gak keren.”

Stop dulu deh tentang hal itu. Jangan melulu meratapi nasib yang gagal masuk universitas idaman. Toh saat lulus, semua jadi sama kan? Yang beda cuma cara berpikirnya aja.

Jangan terobsesi dengan universitas keren yang bisa membuat namamu jadi keren, coba niatkanlah untuk membuat universitas yang sedang kamu pijak sekarang bisa menjadi lebih keren karena namamu.

 

2. Ubah Kebiasaan Buruk

Waktu putih abu mungkin masih bisa nyontek – nyontekan. Tapi pas kuliah? Ya masih bisa sih, gak beda jauh suasananya -__- Tapi apa kalian gak malu? Udah pakai almamater universitas loh, apalagi kalau universitasnya keren, udah jadi mahasiswa (yang katanya segala bisa), masa masih mau fotocopy materi ujian dengan diperkecil? Ckckck.

Waktu di sekolah, mungkin masih bisa kabur pas jam pelajaran dan bolos seharian, jajan atau maen ke luar. Saat kuliah? Ya… Bisa juga. Gampang malah. Bolos ya bolos aja, gak akan ada guru BP yang manggil. Tapi.. Konsekuensi lebih berat di akhir. Ada syarat mutlak yang bikin kamu bisa ngulang 1 semester :D biasanya setiap mata kuliah minimal persentase kehadiran itu 70%. Kurang dari itu, ya ngulang.

Itu hanya dua contoh dari ribuan kekonyolan anak manusia yang mesti dihindari.

 

3. Gunakan waktu sebaik mungkin

Mumpung masih awal dan lagi semangat – semangatnya nih, jangan sampai menyia – nyiakan waktu yang ada ya :) Kejar IPK setinggi mungkin! Ya meski begitu, tetap gunakan cara yang halal dan bukan sekadar IPK tinggi yang kamu raih, tapi ilmunya! Karena di tahun pertama (semester 1 & 2) itu biasanya mata kuliah masih yang dasar – dasar dan dosennya pun belum yang ‘aneh – aneh’, masih yang pada pengertian. Jadi, ketika di semester selanjutnya nilai kalian nyaris buruk, bisa kebantu tuh sama nilai sem.1 & 2 yang bagus. Makanya, belajar yang bener mumpung masih full energy :D

Lalu, kegiatan mahasiswa.. Hem.. Ya boleh lah ikut satu atau dua organisasi/ukm di kampus, asal bisa pinter – pinter bagi waktu. Biasanya mahasiswa yang aktivis itu bisa dapet nilai plusnya loh :) (Ya asalkan persentase kehadiran, nilai uts & uasnya bagus #haha)

Ya pokoknya, kita mesti lebih pinter memprioritaskan mana yang lebih penting untuk kita dahulukan :)

 

4. Sabar, Jangan banyak ngeluh

Banyak di antara kita yang kuliahnya merantau ke luar kampung halaman. Ya, itu membuat semakin banyaknya hal baru yang harus dilalui. Merasakan hidup seolah sendiri (padahal masih ada temen – temen). Bagaimana tidak, makan yang biasanya disiapin ibu, kini masak atau beli sendiri. Dari yang suka nonton tipi rame – rame, kini cuma bisa nongkrongin hp.

Penyakit rindu keluarga mungkin itu salah satu efek yang paling mendasar dirasakan oleh anak rantau.

Ya, makanya perlu banyak ngumpulin ‘si sabar’ dan kekuatan positif dalam diri. :)

 

5. Show Your Best

“Mahasiswa”. Gak semua orang bisa berkesempatan sama dengan kamu loh. Gak semua orang mampu melaluinya. Gak semua orang punya persepsi yang sama. Ada yang mau, tapi gak mampu. Ada yang mampu, tapi gak mau.

Show Your Best guys! Karena ada saat dimana kalian mesti aplikasiin apa yang udah kalian dapet dari perguruan tinggi itu di lingkungan masyarakat. Alias terjun langsung, mengabdi pada masyarakat.

Jangan cuma bisa berkoar di depan gedung DPR, tapi tunjukkan dulu cara kamu beraksi untuk bisa menjadi mahasiswa yang bermanfaat. Bukan yang cuma bisa mengkritik tanpa memberi solusi.

“Buat apa kuliah, kalau ujung – ujungnya masih susah cari kerja dan nganggur.”

Hayoo, mau berubah pikiran? :D Tenang sajalah. Semua akan baik kalau kamu terus berusaha dan punya niat yang baik.

Oke, kalau gak ada yang nerima kita buat kerja, tinggal kita yang buat lapangan pekerjaan itu. Kita yang membantu orang lain mencari nafkah, bukan kita yang harus selalu menggantungkan diri pada orang lain. Iya gak? Hem, susah? Be positive thinking aja.

Pokoknya, kalau ada yang iseng ngusik kehidupan kamu, jangan terlalu dipikirin. Kalau itu masukan atau kritik yang membangun, boleh lah ambil. Kalau selain itu, jangan hiraukan. Ambil yang baik, buang yang buruk.

 

 

6. Tanamkan Keyakinan

Yakinlah setiap apa yang terjadi itu pasti ada hikmahnya. Kalaulah rencana kita gak berjalan mulus, itu berarti Allah sedang menunjukkan rencananya yang lebih indah. Jangan pernah merasa bahwa Allah menghentikan atau menggagalkan rencana indahmu.

Yakinlah, semua akan indah pada waktunya untuk hamba yang senantiasa berusaha.

Dimana pun kamu ada, apapun yang kamu dapat, anggaplah itu yang terbaik yang Allah berikan untukmu.

 

Sekian.

Salam mahasiswa! :)

Facebook Comments

About windiariesti

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
http://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif