Home » “Rizal Ramli, yang Menjebol dan Membangun”

“Rizal Ramli, yang Menjebol dan Membangun”

Oleh : Bung Khabib Membaca dan mengamati sepak terjang salah satu tokoh di kabinet pemerintahan Jokowi ini sangat patut di teladani dan penuh inspiratif. DR. Rizal Ramli, salah satu tokoh nasional yang pernah dipercaya sebagai tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini tentu tidak asing bagi kita, apalagi dijagat aktivis pergerakan, tentu nama Rizal Ramli menjadi icon dan rujukan tersendiri bagi banyak kalangan dunia pergerakan Indonesia modern. Sebagai seorang aktivis pergerakan sejati, mantan kepala Bulog dan Menko perekonomian di era Gus Dur ini selalu kritis dan bersikap keras terhadap kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh para penguasa.…

Review Overview

Oleh : Bung Khabib

Membaca dan mengamati sepak terjang salah satu tokoh di kabinet pemerintahan Jokowi ini sangat patut di teladani dan penuh inspiratif.

DR. Rizal Ramli, salah satu tokoh nasional yang pernah dipercaya sebagai tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini tentu tidak asing bagi kita, apalagi dijagat aktivis pergerakan, tentu nama Rizal Ramli menjadi icon dan rujukan tersendiri bagi banyak kalangan dunia pergerakan Indonesia modern.

Sebagai seorang aktivis pergerakan sejati, mantan kepala Bulog dan Menko perekonomian di era Gus Dur ini selalu kritis dan bersikap keras terhadap kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh para penguasa.
Jiwa dan semangat aktivis pergerakan sangat melekat dalam diri & visinya.
Sebagaimana karakter dan spirit aktivis pergerakan lainnya, “Menjebol (Mendobrak) Dan Membangun” selalu kental menjadi gaya dan karakter seorang Rizal Ramli.

MENJEBOL (MENDOBRAK):
Menjebol (Mendobrak) sejatinya adalah cara orang pergerakan mendidik perilaku penguasa agar tidak jahat, karena tidak ada cara mendidik yang paling tepat buat penguasa jahat selain mendobrak aksi dan tatanan kejahatannya itu.
Penguasa jahat tidak ubahnya sebagai maling, mereka tidak bisa di ajak kompromi, niatnya saja penguasa itu sudah jahat. Kalaupun perilaku kekuasaannya baik, itu hanyalah tipu-tipu belaka yang ujung-ujungnya pembawa malapetaka

.”Tuan Rumah tak akan berunding dengan maling yang menjarah rumahnya” – Tan Malaka-
Seorang Rizal Ramli tentulah selalu konsisten dengan karakter Menjebol (Mendobrak) penguasa lalim. Rizal Ramli bukanlah tokoh aktivis pergerakan kemaren sore yang mudah dilunakkan ketika dipercaya di kursi kekuasaan.
Dirinya sangat sadar, kursi kekuasaan hanyalah salah satu cara saja untuk mengkampanyekan dan mewujudkan tata aturan yang lebih fair, adil dan beradab. Kursi kekuasaan bukanlah sesuatu yang melekat abadi, hanya jiwa dan spirit aktivis lah yang melekat abadi dalam visi dan karakternya.

Jauh sebelum masuk dikekuasaan, Rizal Ramli selalu kritis dan solutif terhadap kekuasaan, tengok saja ketika masa orde baru, seorang Rizal Ramli selalu tampil didepan sebagai tokoh perubahan, menolak status quo dan mendorong kebijakan anti kebodohan dan pemiskinan struktural.

(Rizal Ramli, Ekonomi Konstitusi dan Gerakan Anti-Kebodohan)
http://olahraga.rimanews.com/read/20131215/131450/Rizal-Ramli-Ekonomi-Konstitusi-dan-Gerakan-Anti-Kebodohan

Rizal Ramli: “Kepret” Tiga Benalu Penghambat Kemajuan Indonesia (Feodalisme, Primordialisme dan KKN)
http://kom.ps/AFtswH

Belum lagi sepuluh tahun di era SBY, seorang Rizal Ramli tak bosan-bosannya Menjebol (Mendobrak) penguasa waktu itu agar komitmen menjalankan amanah konstitusi dan tidak KKN. Walaupun saat itu konon dia sampai kehilangan jabatan di salah satu BUMN terkemuka di Republik ini, karena sikap kritisnya melawan kebijakan-kebijakan menyimpang waktu itu.

(Rizal Ramli Saat di PT SG: Berprestasi, Malah Dicopot)
http://www.kompasiana.com/amsyam/rizal-ramli-saat-di-pt-sg-berprestasi-malah-dicopot_552017c4813311932c9df896

Belum lagi akhir-akhir ini, seorang Rizal Ramli walaupun telah duduk dikursi kekuasaan, karakter dan spirit agresif Menjebol (Mendobrak) penguasa-penguasa jahatpun tetap dilakukan, bahkan tergolong lebih tambah keras.
Hal inilah sebenarnya yang menunjukkan kalau seorang Rizal Ramli adalah “AKTIVIS PERGERAKAN SEJATI”.

Contoh pukulan seorang Rizal Ramli akhir-akhir ini diantaranya soal perusahaan tambang asing Freeport yang beroperasi di Papua, walaupun sebenarnya pukulan telak Rizal Ramli terhadap Freeport sebenarnya sudah sejak lama dilakukan.

http://nasional.tempo.co/read/news/2015/10/14/078709386/sambil-gebrak-meja-rizal-ramli-tolak-us-3-m-dari-freeport
http://maritim.go.id/berita/kali-ini-freeport-kena-kepretan-rizal-ramli

Pukulan Rizal Ramli juga soal pengoperasian dan pengelolaan ladang gas abadi blok Masela dengan cara terapung atau di tengah laut, yang di yakini hanya menguntungkan perusahaan asing dan tidak belajar dari sejarah pengelolaan Sumber Daya Alam kita yang melimpah namun rakyatnya tetap miskin.
http://bisnis.liputan6.com/read/2339842/soal-blok-masela-rizal-ramli-ingin-ri-belajar-dari-sejarah

Selain itu, ada juga pukulan seorang Rizal Ramli soal pengusaha-penguasa (PENGPENG) yang hanya menjadi malapetaka di negeri ini.

http://www.rmol.co/read/2016/01/12/231525/Rizal-Ramli:-Pengpeng-Harus-Dihapuskan-Di-Indonesia-
Itulah beberapa catatan pukulan seorang aktivis Rizal Ramli yang faktual, tajam dan konsisten akan keberpihakan terhadap rakyat dan kepentingan nasionalnya.

MEMBANGUN
Namun selain Menjebol (Mendobrak), sosok Rizal Ramli sebagai seorang aktivis pergerakan sejati tentu akan menciptakan jalan buat perubahan kearah yang lebih kongkrit dan membaik, atau popular dengan istilah “MEMBANGUN”.
Jadi salah besar kalau menilai sosok Rizal Ramli “Memukul Untuk Merangkul”
Bagi menko Maritim Dan Sumber Daya ini, menciptakan jalan perubahan agar lebih adil, makmur dan kuat adalah tugas nyata dan harus terus diperjuangkan, karena Rizal Ramli sadar bahwa negeri ini sudah salah arah atau salah jalan yang segera harus diluruskan agar sesuai amanah konstitusi.

http://agromaritim.net/rizal-ramli-indonesia-makmur-dan-digjaya-di-asia-detail-6223
Karakter sosok Rizal Ramli dalam membuat jalan perubahan tentu dengan realisasi ide dan terobosan-terobosan yang produktif, Cepat dan tentunya banyak tantangan dan resiko-resikonya.

Lihat saja akhir-akhir ini, terobosan Menko Rizal Ramli yang begitu progresif dan menukik memecahkan berbagai masalah kebangsaan hari ini. Banyak kalangan mengakui terobosan dan gebrakan menko Maritim dan Sumber Daya ini, sangat tajam, konkrit dan berpihak pada kepentingan nasional dan kerakyatan, jadi wajar saja, jika publik pun membaca hal tersebut sebagai sesuatu yang positif dan menjadi harapan.

MedanBagus.com | Survey 6 Lembaga Tempatkan Rizal Ramli Menteri Fenomenal dan Disukai:
http://www.medanbagus.com/read/2015/11/09/35115/Survey-6-Lembaga-Tempatkan-Rizal-Ramli-Menteri-Fenomenal-dan-Disukai-#.Vp9kUf2YFfA.twitter

Secuil Catatan kekinian dari setumpuk catatan yang ada, terobosan dan gebrakan menko Rizal Ramli dalam tahapannya membangun jalan Indonesia kearah yang lebih adil, makmur dan kuat:

1. Menko Rizal Ramli berhasil menurunkan Dwelling Time dari 6-7 hari di awal 2015 menjadi 4,36 hari di akhir 2015, padahal sebelumnya presiden Jokowi sempat marah waktu itu karena ternyata Dwelling Time masih rata-rata 7 hari, padahal presiden menginginkan rata-rata 4,6 hari. Maka di tugasilah menko Rizal untuk menyelesaikan itu, salah satu kebijakan menko Rizal Ramli diantaranya dengan mengurangi regulasi dan peraturan yang berbelit dipelabuhan yang membuat proses ekspor dan impor menjadi lama, selain kebijakan-kebijakan lainnya yang akrab disebut 5 jurus pembenahan Dwelling Time.

(Presiden Jokowi menargetkan agar dwelling time 4,6 hari)
http://setkab.go.id/presiden-jokowi-minta-proses-dwelling-time-di-tj-priok-dipangkas-jadi47hari/
(Rizal Ramli Pangkas Dwelling Time Jadi 4 Hari )
http://ekbis.sindonews.com/read/1071596/34/rizal-ramli-pangkas-dwelling-time-jadi-4-hari1450790196
( 5 ‘Jurus’ Rizal Ramli Benahi Dwelling Time) http://de.tk/VGBS7Y

2. Sekira empat bulan dipercaya sebagai menko Maritim dan Sumber Daya, Menko Rizal membuat kebijakan yang cukup berani dan kreatif, yakni Kebijakan bebas visa, tercatat sepanjang 2015, Negara yang mendapatkan bebas visa ada 159 negara. Kebijakan ini adalah bagian dari upaya menggaet 20 juta wisatawan sampai akhir 2019 yang saat ini hanya sekitar 10 juta saja. Dan ternyata kebijakan bebas visa yang baru dilaksanakan tersebut telah mampu meningkatkan devisa dari sektor pariwisata bertambah 9,8 persen

(Wisatawan dari 75 Negara Bebas Visa Sumbang Devisa 9,8 persen)
http://berisik.co/wisatawan-dari-75-negara-bebas-visa-sumbang-devisa/

Selain itu, terobosan menko Rizal soal pariwisata adalah memberi kemudahan bagi masuk dan berlabuhnya kapal-kapal Yacht dan Cruise alias kapal wisata. Dan menetapkan 10 tujuan wisata utama nasional, salah satunya dengan menggagas pembentukan 10 Badan Otoritas Pariwisata di 10 daerah tujuan wisata utama tersebut. Salah satunya sudah dimulai dengan komitmen membentuk Badan Otorita Danau Toba.
Menko Rizal juga meluncurkan Gerakan Bersih dan Senyum (GBS) sebagai upaya mendorong sektor pariwisata.

(Rizal Ramli dan Target Serba 20 dari Pariwisata) https://shar.es/1hgcSw
Rizal Ramli Komitmen Untuk Membentuk Badan Otorita Danau Toba
http://www.jokowinomics.com/2016/01/11/berita/rizal-ramli-komitmen-untuk-membentuk-badan-otorita-danau-toba/

3. Terobosan kebijakan Revaluasi aset yang menjadi salah satu andalan pemerintahan Jokowi dan di jadikan paket kebijakan ekonomi jilid V. Menko Rizal sangat serius mendorong kebijakan Revaluasi aset ini, karena meyakini dan berpengalaman Jika kebijakan Revaluasi aset sungguh kebijakan yang mempunyai efek luar biasa, baik untuk menyehatkan perusahaan maupun mendorong pertumbuhan ekonomi Negara. contoh saja dengan revaluasi aset yang sudah dilakukan PLN, hingga modalnya naik Rp 500 Triliun lebih, Mandiri 23 Triliun, BNI 12 Triliun, Krakatau steel 200 Triliun, dsb…

(Serial Jurus Rajawali Bangkit-1, Dengan Revaluasi Aset Ekonomi Tumbuh Meroket)
https://id-id.facebook.com/drrizalramli/posts/1089916064387179

(Rizal Ramli: Revaluasi 15 Tahun Lalu Terbukti Pulihkan Perusahaan)
http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2015/10/22/347072/rizal-ramli-revaluasi-15-tahun-lalu-terbukti-pulihkan-perusahaan

(Pasca Revaluasi Aset Bank Mandiri Tak Butuh PMN)
http://ekbis.sindonews.com/read/1070481/178/pasca-revaluasi-aset-bank-mandiri-tak-butuh-pmn-1450426076

(Revaluasi Aset Sumbang Pajak Rp 20,14 Triliun)
http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/16/01/11/o0s2e2383-revaluasi-aset-sumbang-pajak-rp-2014-triliun#

4. Indonesia dan Malaysia menginisiasi Dewan Negara Produsen Minyak Sawit (Council of Palm Oil Producing Countries/CPOPC), yakni sebagai lembaga utama yang akan mengemban tugas pengembangan industri sawit kedua negara. Adapun dari pihak Indonesia salah satu satu inisiator adalah menko Rizal Ramli.
Selain guna pengembangan industri minyak sawit di antara para pemangku kepentingan negara-negara pembudidaya kelapa sawit. Tugas CPOPC adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani kelapa sawit skala kecil

(Ini Isi Kesepakatan Sawit Indonesia-Malaysia) Bisnis.com http://bitly.com/1RzTwVb
(Rizal Ramli: Inilah Fungsi CPOPC Bagi Industri Minyak Sawit ASEAN – RMOL.CO)
http://m.rmol.co/read/2015/11/23/225586/Rizal-Ramli:-Inilah-Fungsi-CPOPC-Bagi-Industri-Minyak-Sawit-ASEAN-#.Vp-sbTfztHM.twitter

5. Kosentrasi dan perhatian menko Rizal Ramli terhadap kemajuan nelayan Indonesia, salah satunya dengan program selama lima tahun kedepan memberikan bantuan 5000 kapal untuk para nelayan,

Rizal Ramli: Hati Pemerintah Ada Di Nelayan – RMOL.CO)
http://politik.rmol.co/read/2015/12/17/228548/Rizal-Ramli:-Hati-Pemerintah-Ada-Di-Nelayan-#.Vp-v7Iz0lEo.twitter

(Rizal Ramli Tebar 5.000 Kapal kepada Nelayan Sibolga)
http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/15/12/17/nzhlds383-rizal-ramli-tebar-5000-kapal-kepada-nelayan-sibolga#

6. Dalam sektor maritim, Menko Rizal menggunakan lima jurus andalannya, yakni

1) Membangun budaya maritim. menyadarkan masyarakat Indonesia untuk kembali semboyan masa lalu yaitu di laut kita jaya dan nenek moyang kita adalah orang pelaut. Salah satu program tersebut adalah di 2016 menargetkan penyelenggaraan Ekspedisi Nusantara Jaya melibatkan siswa siswi dari sekolah menengah atas (SMA) di seluruh Indonesia.
2) Membangun sumber daya laut lewat industri pelayaran dengan nelayan sebagai pilar, salah satunya program 5000 kapal
3) Pembangunan infrastuktur dan konektivitas antar pulau, diantaranya program 5000 kapal sedang untuk konektivitas antar pulau
4) Diplomasi martim digalakan dan ditingkatkan. Menambah armada yang lebih modern dan jumlah pasukan yang lebih besar, di bulan April 2016 rencana akan ada program latihan komodo exercise yang diikuti 36 negara.
5) Memperkuat pertahanan martitim. Diantaranya memperkuat kekuatan TNI AL.

(Lima Jurus Rizal Ramli Membangun Poros Maritim)
http://www.tribunnews.com/nasional/2015/12/17/ada-lima-jurus-rizal-ramli-membangun-poros-maritim
2016, Ekspedisi Nusantara Jaya Libatkan 10.000 Siswa SMA
http://www.iberita.review/berita/2016-ekspedisi-nusantara-jaya-libatkan-10000-siswa-sma/4909098

7. Menko Rizal Ramli juga mendorong munculnya Paket kebijakan Ekonomi jilid VIII, yakni menetapkan percepatan pelaksanaan satu peta (one map policy); mempercepat pembangunan kilang minyak dan membuat instentif bagi reparasi yang dilakukan oleh perusahaan penerbangan nasional.
Dari munculnya paket kebijakan jilid VIII tersebut, industry penerbangan di yakini makin meningkat dan bergairah.

(INACA Berterima Kasih Kepada Rizal Ramli)
http://citraindonesia.com/inaca-berterima-kasih-kepada-rizal-ramli/
Menko Rizal Ramli: Kita Bisa Membangun Tanpa Hutang | eMaritim.CoM
http://www.emaritim.com/2015/08/menko-rizal-ramli-kita-bisa-membangun.html#.Vp-5CgN83tc.twitter
Itulah sedikit catatan dari setumpuk catatan yang ada karakter dan spirit “MENJEBOL (MENDOBRAK) DAN MEMBANGUN’ seorang aktivis pergerakan sejati yang bernama DR. RIZAL RAMLI.
Semoga sukses pak Menko membuat Jalan Baru Indonesia yang lebih makmur, adil dan Kuat.
SALAM PERGERAKAN

Telah dibaca 25 x , hari ini 1 x

Leave a Reply

Your email address will not be published.