Home » EKONOMI » Sociabuzz: Cara Promosi Kekinian yang Paling Efektif dan Efisien

Sociabuzz: Cara Promosi Kekinian yang Paling Efektif dan Efisien

Jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai angka sekitar 132 juta. Angka tersebut menjadi potensial untuk menjalankan bisnis. Apalagi menggunakan sosial media sebagai bentuk marketingnya.

Namun beberapa hal perlu diperhatikan sebelum memahami strategi pemasaran yang menggunakan basis internet. Karena ternyata meskipun jumlah pengguna banyak, tidak semua dari mereka tertarik untuk melihat tawaran produk yang ada.

Perilaku Konsumen & Tren Saat ini

Di era informasi yang sangat pesat ini, banyak sekali bermunculan iklan-iklan produk. Itu merupakan salah satu teknik untuk menarik minat para netizen. Namun semakin banyaknya para pengusaha e- commerce menjajakan produknya lewat iklan, maka konsumen juga semakin “buta”.

Artinya, mereka sudah mulai kesal dan terganggu dengan adanya iklan tersebut. Akibatnya tak jarang begitu iklan muncul tindakan pertama yang dilakukan adalah mengabaikannya. Caranya juga sederhana, secepat saat tanda close dan skip diklik.

Apalagi pengguna aplikasi blokir iklan di Indonesia semakin banyak. Untuk skala dunia, Indonesia berada di puncak teratas pengguna ads-blocker. Sehingga konsumen sangat mudah untuk tidak melihat iklan yang sudah dipasang di internet.

Sebelum jaman media sosial berkembang pesat seperti saat ini, para konsumen cenderung menghabiskan waktunya dengan surfing ke situs-situs yang dirasa perlu. Namun saat ini, media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan lainnya menjadi destinasi utama pengguna internet.

Calon konsumen yang potensial itu saat ini lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermedia sosial. Karena selain mudah, mereka juga dapat beragam informasi menarik di dalamnya. Apalagi untuk mencari tahu tentang informasi sebuah produk atau bisnis, secepat mengklik aplikasinya.

Semakin berkembangnya waktu dan canggihnya teknologi membuat konsumen saat ini semakin cerdas. Mereka tidak langsung asal-asalan percaya bila melihat suatu iklan muncul. Cek dan ricek sangat mudah dilakukan sebelum mempercayai iklan tersebut.

Biasanya mereka akan langsung mencari tahu kebenaran informasi seputar produk tersebut. Baik melalui searching di internet maupun bertanya kepada orang lain. Nah, biasanya pengaruh terbesar dalam mengambil keputusan adalah dari rekomendasi orang.

Mereka lebih percaya dengan testimoni langsung. Apalagi yang merekomendasikan itu adalah orang-orang yang mereka sukai atau idolakan di sosial media. Para idola tersebut aktif bermedia sosial menjadi selebgram, youtuber, blogger dan memiliki banyak pengikut. Mereka kemudian disebut sebagai influencer, karena dengan banyak followers akan sangat mudah untuk memberi pengaruh.

Sosial Media sebagai Media Promosi

Melihat fenomena bagaimana maraknya penggunaan media sosial menciptakan suatu kesempatan. Banyak para pebisnis mulai mengalihkan pandangannya untuk menggunakan social media endorsement. karena ternyata dengan adanya influencer yang memiliki banyak followers mampu memberikan potensi marketing yang signifikan.

Itulah mengapa saat ini banyak dari pebisnis tersebut menggunakan jasa selebgram, youtuber, blogger dan lainnya sebagai influencer marketing mereka. Dengan begitu mereka hanya tinggal menunggu tanpa repot menyusun konsep setting lay out untuk iklan usahanya.

Namun menggunakan jasa influencer marketing di media sosial bukan tanpa masalah. Karena untuk menjalankan social media endorsement tidak mudah. Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mencari influencer tepat sesuai keinginan dan budget.

Pun bila sudah ditemukan kira-kira influencer yang cocok, namun prosesnya tidak berhenti sampai di situ. Karena tahapan lain seperti sistem pembayaran fee, memonitor pekerjaan influencer dan mencari tahu statistik hasil promosi yang dilakukan. Untuk para pebisnis yang tidak suka repot, proses itu bisa sangat membosankan. Namun perlu diingat lagi bahwa social endorsement itu sangat potensial dan pasti memberikan hasil yang signifikan.

Solusi Tepat Social Media Endorsement

Tidak perlu ragu untuk melakukan social media endorsement. dengan segala potensi jumlah calon konsumen (pengguna medsos) yang sangat banyak seharusnya itu adalah pilihan yang pas. Bila ingin melakukan social media endorsement sekarang bisa sangat mudah.

Para pebisnis bisa dengan mudah menggunakan platform SociaBuzz. Pemilik bisnis hanya perlu menulis dan mengunduh kebutuhan promosi mereka ke SociaBuzz. Setelah itu jika ada influencer yang tertarik, mereka akan mengajukan proposal ke pihak si pemilik bisnis. Karena ada lebih dari 10 ribu influencer yang sudah bergabung di platform SociaBuzz.

Dengan munculnya para influencer memberi proposal, pemilik bisnis bisa dengan mudah melakukan seleksi. Pemilihan influencer dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan budget. Jadi mudah untuk memonitor mana dari mereka yang memang potensial memberikan pengaruh kepada para calon konsumen.

Setelah mendapatkan influencer yang dirasa tepat, pemilik bisnis bisa langsung berkoordinasi dengan influencer tersebut. Koordinasi bisa dilakukan dengan mudah karena SociaBuzz sudah menyediakan fitur chat di platformnya. Sehingga segala persiapan dalam menjalankan promosi akan sangat mudah.

Untuk sistem pembayaran, SociaBuzz menjamin keamanan dan kenyamanan para penggunanya dengan menggunakan Escrow SociaBuzz. Sehingga pemilik bisnis tidak perlu repot membayar semua influencer yang telah dipilihnya satu per satu, karena SociaBuzz yang akan melakukannya. Pun seandainya kerjasama dengan influencer yang dipilih batal, maka tidak perlu khawatir karena uang akan dikembalikan 100% ke pemilik bisnis.

Manfaat lain dari melakukan influencer marketing dan menggunakan SociaBuzz adalah:

  • Jaminan kemudahan, keamanan dan kenyamanan
  • Konten selamanya ada di internet dan social media, sehingga bisa ditemukan terus oleh calon konsumen dari pihak bisnis sampai kapanpun
  • Promosi lebih dipercaya konsumen karena disampaikan oleh orang-orang atau media yang mereka sukai dan percaya.
  • Mudah menemukan dan mendapatkan influencer yang sesuai budget promosi pihak pemilik bisnis. Fee influencer per posting mulai dari 50 ribu rupiah.

Dengan segala manfaat dan kemudahan itu, maka sudah seharusnya bisnis yang digeluti saat ini bisa melejit cepat. karena semua faktor pendukung untuk promosi dan melakukan marketing sudah semakin banyak, serba cepat dan murah. Siapapun bisa berbisnis dan untuk memperkenalkannya semudah mengunjungi SociaBuzz.

Facebook Comments

About Editor

Mencintai Indonesia lewat kata

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif