Home » EKONOMI » Bisnis » Kiat Sukses Membangun Loyalitas Lewat Sosial Media

Kiat Sukses Membangun Loyalitas Lewat Sosial Media

sosial-media-450x217

Pesatnya pertumbuhan toko online di Indonesia, kini tak hanya memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan berbagai macam transaksi jual beli di dunia maya, namun juga turut mempengaruhi nilai fungsi sosial media. Bila dulunya berbagai macam situs sosial media cenderung digunakan sebagai media online untuk memperluas jaringan pertemanan, maka sekarang ini sosial media telah beralih fungsi sebagai salah satu media promosi yang cukup menguntungkan para pelaku usaha.

Kondisi inilah yang kemudian mendorong para pelaku bisnis toko online di berbagai negara untuk mulai aktif di sosial media untuk membangun loyalitas pelanggannya. Nah, bagi Anda para pemula maupun pelaku bisnis online yang ingin membangun loyalitas para pelanggannya. Berikut ini kami informasikan kiat sukses membangun loyalitas lewat sosial media agar strategi pemasaran online yang Anda jalankan tidak dianggap sebagai spam oleh para calon pelanggan.

  • Libatkan konsumen dalam aktivitas online Anda. Setiap pelanggan tentunya akan senang bila mereka diberikan kesempatan khusus untuk terlibat langsung dalam kegiatan promosi yang Anda jalankan. Dalam hal ini, Anda bisa meminta peran serta konsumen untuk membangun loyalitas mereka terhadap merek produk yang Anda pasarkan. Contohnya saja memberikan kesempatan kepada konsumen untuk menuliskan komentar atau testimoni tentang keunggulan produk yang Anda pasarkan, selain itu Anda juga bisa mengadakan kuis-kuis menarik yang bisa diikuti oleh para follower di akun twitter Anda dengan iming-iming hadiah yang menjanjikan .
  • Membuat konten¬†behind the scene. Selain memberikan konten yang bermanfaat bagi para pelanggan setia, Anda juga bisa membuat konten behind the scene (dibalik layar) untuk memperkuat hubungan Anda dengan pelenggan setia. Contohnya saja dengan mengupload foto lokasi usaha Anda berada, atau membagikan video singkat mengenai proses produksi, pengepakan, maupun distribusi produk, agar konsumen Anda semakin yakin dengan kualitas produk yang Anda pasarkan.
  • pelayanan premium 450x364 Kiat Sukses Membangun Loyalitas Lewat Sosial MediaMenawarkan paket premium. Biasanya para pelanggan setia tak segan-segan untuk meminta fasilitas eksklusif (premium) untuk memenuhi kebutuhan mereka terhadap produk Anda. Untuk memberikan kepuasaan terhadap pelanggan setia, tidak ada salahnya bila Anda menawarkan paket premium dengan fasilitas yang tentunya lebih eksklusif jika dibandingkan dengan konsumen lainnya. Dengan mengeluarkan sedikit tambahan biaya, konsumen premium bisa mendapatkan pelayanan spesial yang tidak didapatkan oleh konsumen lain.
  • Jadikan konsumen sebagai mitra bisnis Anda. Selain bisa Anda bidik sebagai target pasar, Anda juga bisa membuka peluang kerjasama dengan para pelanggan setia untuk mempromosikan produk Anda ke berbagai sosial media. Contohnya saja dengan membuka peluang bisnis affiliasi bagi para konsumen Anda, membuka peluang kerjasama bagi para pelanggan setia yang ingin bergabung menjadi reseller atau agen cabang bisnis Anda, atau menawarkan program kerjasama lainnya yang bisa mendatangkan keuntungan bagi para konsumen maupun pelaku usaha. Dengan menjadikan konsumen Anda sebagai mitra bisnis, maka loyalitas mereka akan semakin meningkat dan tidak menutup kemungkinan bila kekuatan brand produk Anda juga bakal melonjak hebat.

Semoga informasi tips bisnis online yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang sedang bingung mempromosikan produk-produknya di dunia maya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber : http://bisnisukm.com/kiat-sukses-membangun-loyalitas-lewat-sosial-media.html

Facebook Comments

About

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif