Home » FIKSI » The Brodoh: Pilkadus Pinjam Sapi

The Brodoh: Pilkadus Pinjam Sapi

Seperti biasa setiap sore sehabis tidur siang Cecep Gorbacep selalu nongkrong di gubuk panggungnya di tengah pesawahan di kampung Harapan Jaya…

Tiba-tiba… Balai Panggung berbahan bambu di Gubuk milik Cecep Gorbacep bergetar hebat… Cecep pun terkaget-kaget dan bibirnya yang sedang asik nyeruput kopi hangat sontak menyembur.

“Ya Ampuuunnn… akhirnya loe ngegeter juga ya huahahaha… gue pikir loe udah mati karena udah lama gak ngegeter… hahaha” Cecep tertawa sendiri melihat ke arah benda hitam sebesar tumbukan batu untuk menumbuk bumbu dapur.

Benda hitam yang ternyata adalah sebuah handphone jadul milik Cecep yang selama ini memang di simpan di gubuk itu dipojokan balai bambu di dalam kotak kecil tanpa tutup. Handphone hitam bertuliskan “Janggem” pada bagian bawah kaca layarnya. Ya Janggem alias Jarang DiGenggam.

Getaran berhenti sejenak… Cecep jongkok dekat handphonenya dan menunggu sejenak… semenit kemudian getaran hebat kembali terjadi… dengan badan agak oleng ke kiri dan ke kanan menahan getaran, Cecep segera mendekap handphonenya dan memencet tombol jawab… getaran pun hilang…

“Halooo Ini Cecep Bukan ya?” Suara speaker handphone lumayan keras karena cecep memutar tombol volume speaker sampai maksimal dan bisa terdengar sampai ke Kecamatan.

“Iya ini Cecep… Cecep Gorbacep… Perjaka paling ganteng sekampung Perjatong! Kisanak ini siapa dan punya keperluan apa dengan saya?” Cecep menjawab kePeDean.

“Ini Jojo… Cep… Jojo Markijo… yang Indo Jepang Cep… Masa lupa sama kawan sendiri hahaha Cecep masih hidup ya rupanya.” Suara bernama Jojo menyahut sambil tertawa.

“Sontoloyo loe Jo… Gue biar Jomblo begini kagak kepengen bunuh diri… ya masih hiduplah gue… pan loe dulu termasuk pens nya gue kan jaman masih sekolah hehehe… Loe di mana Joe Sekarang?” Cecep menjawab dan balik bertanya.

“Gue balik ke Dusun Cep… jadi pencari rumput buat pakan Sapi… dusun gue kan terkenal sebagai penghasil daging sapi Cep… Oiya Cep… Gue mau minta saran ma Loe… Gue mau nyoba keberuntungan gue buat daftar jadi Calon Kepala Dusun nih… Loe kan waktu jaman sekolah terkenal karena ide-ide bodoh loe yang cemerlang Cep… tolong ya Cep kasih gue ide biar bisa menang Pilkadus dan jadi kepala dusun.” Jojo meminta ide bodoh kepada Cecep.

“Wah hebat dong Loe Jo… hahaha gue kebetulan punya ide paling bodoh yang bisa loe pake Jo hehehe.” Cecep cengengesan menjawab pertanyaan Jojo.

“Apa Cep… ayo apa Cep? Gue yakin ide bodoh loe pasti penuh keberuntungan!” Jojo penasaran

“Begini Jo… Uhuk… uhukkk… tapi kalo loe menang loe jangan lupa ma gue yee Jo… gue loh Cecep Gorbacep geto hehehe… Di dusun loe kan dusun penghasil sapi terbaik di Indonesia… nah gue tau loe pasti kagak punya modal buat nyalon dan kampanye kan Jo? hehehe gak usah loe jawab karena gue tau isi dompet loe dan isi dompet gue kagak jauh beda hahaha… Begini Jo… Loe lakukan strategi dan kampanye ‘Pinjam satu sapi janji kembali dua sapi‘. Itu ide super bodoh Cecep Gorbacep buat Jojo Markijo hehehe” Cecep mengungkapkan sebuah ide super bodoh sambil cengengesan.

“Hah… coba jelasin gimana maksudnya Cep strategi ‘Pinjam Satu Sapi Janji Kembali Dua Sapi’?” Masih sedikit bingung Jojo meminta penjelasan.

“Haduh Jojo masih sama kayak dulu ya, nanya sampe bekali-kali… itu maksudnya setelah loe daftar jadi calon KaDus… loe datengin satu-satu warga di kampung loe dan loe kampanye aja sendirian karena loe kan kagak ada modalnya alias modal dengkul lancip. Nah tiap warga yang loe datengin loe kasih tahu bahwa loe salah satu calon KaDus dan loe pasang strategi deh bahwa kalo milih loe jadi KaDus sapinya loe pinjem dan bakal loe balikin jadi dua sapi begitu loe menang jadi KaDus. Kalo mau lebih yakin tambahin Jo misalkan satu sapi loe pinjem dan loe ganti jadi tiga sapi begitu loe menang nanti… nah sapi-sapi yang loe pinjem itu nanti bisa buat modal loe nyalon dan kampanye… tapi loe harus punya komitmen dan jangan janji kosong bahwa sapinya bakal loe ganti jadi dua atau tiga hehehe… kalo sapinya loe pinjem kan mau gak mau mereka pasti nyoblos loe Joe… hehehe daripada sapinya kagak balik hahaha. Ngarti kagak loe Jo? mulut gue udah bebusa begini loe kagak ngerti juga mah mendingan gue kirim loe ke planet biar jadi Alien Jo! Cecep dengan panjang lebar menjelaskan ide bodohnya kepada Jojo.

“Hehehe Emang loe jagonya kalo soal ide bodoh ya Cep… top markotop loe Cep. Gue kasih jempol Pacebok buat loe Cep… hahaha makasih Ya Cep… enam bulan lagi gue pasti bakal ke kampung loe buat bawain oleh-oleh besar buat Loe Cep. Dah ya pulsa gue sekarat nih Cep.” Jojo mengakhiri pembicaraannya di telepon.

“hehehe Jojo… Jojo… dah tau gue bodoh masih aja percaya ma gue hahaha” Cecep tertawa cengengesan sambil geleng-geleng kepalanya.

***

Enam bulan kemudian…

“Ceeeeppppppp… bangun loe tuh ada kiriman kardus gede banget buat loe tuh… bangun loe!” Emak teriak di kuping Cecep yang sedari siang tertidur di balai bambu depan rumahnya.

Terkaget-kaget Cecep membuka matanya dan tanpa cuci muka ia segera melangkah menuju kardus besar yang dimaksud oleh Emak… jari-jari Cecep segera membuka penutup kardus… eng ing eng… di ambil sebuah bungkusan kecil yang ternyata adalah abon daging sapi dengan merek Jojos Markijos. Di bagian bawah kemasan tertulis ‘diproduksi oleh PT. Jojos Markijos, dusun Sapiemo, Indonesia’.

“Anjriiitt… si Jojo punya pabrik abon sapi? hahaha hebat donk nih si Jojo… Mak ini Abon Mak! wah bisa buat makan setahun nih Mak!” Jojo berseru kepada Emak.

Di bagian atas kardus tertempel sebuah amplop yang ternyata adalah surat cinta dari Jojo buat Cecep. Cecep meraih amplop itu dan membuka serta membaca suratnya…

“Dear Brodoh Cecep Gorbacep di tempat…

Bersama surat dan kiriman Abon Daging Sapi ini, gue Jojo sohib loe yang super keren ini mau ngucapin terima kasih… berkat ide bodoh loe, gue dapet pinjaman sapi sebanyak 3,000 ekor hehehe, 1,000 sapi gue jual dan gue beli mesin dan bikin pabrik Abon, sisa sapinya ya buat bahan produksi abonnya. Abon produksi gue udah masuk supermarket-supermarket top di Indonesia dan penjualannya laku keras berkat resep wasiat dari Emak gue Cep.

Gue juga sekarang udah jadi Kepala Dusun heheheh strategi loe ‘Pinjam Satu Sapi Janji Kembali Dua Sapi’ emang bener-bener manjur Cep. Gue menang mutlak karena warga mau gak mau harus nyoblos gue Cep daripada sapi mereka yang gue pinjam kagak balik hahaha. Emang hebat Loe Cep. Kagak ada duanya.

Oiya… ini gue kirimin abon sekardus gede buat loe Cep… ya cukuplah buat makan setahun sama nasi anget tuh Cep hehehe… gue mohon maaf kagak bisa dateng ke tempat loe karena gue sedang dibutuhkan oleh warga buat membangun dusun ini jadi dusun yang moderen Cep.

Salam dari sohib loe, Jojo Markijo.”

Cecep bengong setelah baca surat itu. Surat dari sahabatnya Jojo Markijo yang kini telah menjadi Kepala Dusun dan juga pengusaha Abon Daging Sapi. Entah kepikiran apa hingga Cecep jadi bengong seperti itu.

Tak lama… “Woooiii mandi wooyyy bau tuh badan… sono mandi Cep!” Emak meneriaki Cecep sambil sedikit menoel pantat Cecep dengan gagang kemoceng.

“Aduuuhhh sakiittt Mak… iya iya Cecep Mandi Mak.” tanpa menunda lagi sabetan kemoceng kedua dari Emak, Cecep segera mandi.

***

Setahun kemudian…

Seperti biasa, Cecep sore itu nongkrong di atas gubuknya sambil nyeruput kopi anget… tiba-tiba…

gredekgredekgredek…. gubuk bergetar dan bergoyang…

Rupanya getaran dari si ‘Janggem’ handphone Cecep…

“Halooo Cecep… ini Jojo Cep… Cep 4 tahun lagi gue mau nyalon jadi anggota Dewan….”

Tangan Cecep melempar sesuatu ke tengah sawah…

“Halooo Crep crep crep tuuuuuuuuuuutttttttttttttttt”…

Si Janggem tenggelam di tengah sawah… dan Cecep kembali menyeruput kopinya santai sambil bernyanyi kecil.

~TAMAT~

Ilustrasi Smiling Cow dari: watermarked.cutcaster.com

~Hsu~ / Adam Heins

Facebook Comments

About Adam Heins

4 comments

  1. lah itu sapinya…

  2. katedrarajawen

    itu ada sapinya

  3. cepppp…pinjem hapenyahhh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif