Home » Insidental » 6 Besar Lomba Opini » [OPINI] Simfoni Akbar Indonesia Bersatu

[OPINI] Simfoni Akbar Indonesia Bersatu

Simfoni Akbar Indonesia Bersatu

Oleh Budianto Sutrisno

instruments1

Jreng… jrengg… suara gitar bergetar
ting… ting… ting… piano bening berdenting
pret… pret… pret … berkumandang suara terompet
bum… bum… bum… bahana timpani berdebum
dan nada-nada dawai biola lincah menyeruak di antaranya
semuanya terhimpun dalam padu satu
ciptakan harmoni nan menawan gendang telinga

Setiap alat musik memiliki peran tersendiri
ada saat bersuara, ada saat jeda
silih berganti dan terpadu serasi
bersama alunan alat musik lain
ada juga saat tampil serentak bersama
sajikan nada dan irama yang penuh gelora
dalam bingkai rapi teratur, sesuai partitur

Seperti itu jualah Indonesia
beribu pulau, beragam tradisi, dan berbagai suku bangsa
hadirkan keindahan dalam jalinan erat benang emas persatuan
’tuk mengisi kemerdekaan

Keberagaman itu anugerah
persatuan itu teguh, kokoh, dan gagah
harmoni dalam padu satu itu indah
semua saling mengisi, saling mendukung, saling merangkul
guna persembahkan pergelaran agung
Simfoni Akbar Indonesia Bersatu
di panggung alam raya Nusantara

Mari kita bersama
memainkan tugas dan peran mengisi kemerdekaan
sehati dan sejiwa dalam sukacita
di bawah arahan sang konduktor baru
sajikan nada-nada dalam harmoni merdu
bersepakat membulatkan tekat
menyongsong Indonesia Hebat yang berdaulat

***

 

Facebook Comments

About budinovo

136 comments

  1. puisinya pesannya bagus :) mengusung semangat persatuan. kapan2 kalau puisi saya jadi mampir ya di postingan saya hehe

  2. Opini yang diungkapkan dengan sangat baik. Indonesia bersatu yang digambarkan sebagai orkestra akbar harus mengikuti sang konduktor.

    • Terima kasih, Sdr. Feri. Kiranya persatuan dan kesatuan RI sungguh membawa rasa tenteram dan memberikan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat.

  3. puisi yang kreatf dengan suatu perumpamaan, semangat! visit opini saya juga yah hehe

  4. Friska Putri N

    puisinya bagus. Mampir juga ya di opini saya

  5. Terima kasih. Saya akan mencoba mampir. https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gifhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif

  6. bagus pak.. keren.. menyeluruh dan to the point :)

    • Terima kasih, Mas Fahris. Kiranya harapan yang terkandung dalam puisi ini sungguh boleh menjadi kenyataan.

  7. Ini merupakan kerinduan bagi bangsa indonesia ya pak. Kiranya Tuhan menyertai bangsa kita. Tulisan yang sangat baik pak!

    • Terima kasih Sdr. Yenny. Semoga kerinduan Anda dan juga kerinduan saya – yang merupakan kerinduan seluruh bangsa Indonesia – boleh berlabuh di dermaga nyata yang tenang dan damai.

  8. Dewi Komalasari

    Puisi yang sangat luar biasa pakhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  9. Puisi yang sangat bagus dalam menggambarkan persatuan dari berbagai elemen yang berbeda fungsi, tetapi harus tetap tunduk dalam arahan pemimpin. Setelah sekian lama rakyat Indonesia dikendalikan oleh kepentingan para penguasa, sekarang kita dari kalangan yang berbeda-beda memiliki kesempatan yang luas untuk ikut berbagian dalam membangun bangsa, Semoga Indonesia bertambah maju di bawah arahan konduktor yang baru.

    • Terima kasih, Pak Ari. Kita bersyukur memiliki konduktor baru yang mengasihi rakyat dan dikasihi rakyat. Asal kita bersatu dan taat pada arahannya, niscaya kita akan meraih hari depan yang gemilang.

  10. Puisinya indah sekali, Pak. Seperti sebuah kata “Concordia”, instrumen-instrumen yang ada jika taat mengikuti konduktor maka akan harmonis. Mari kita kawal konduktor kita yang baru.

  11. Puisi yang sangat bagus, Pak. Indonesia itu seperti sebuah orkestra yang saling membantu hingga menjadi indah dan harmoni. Saya yakin jika Indonesia dipimpin oleh konduktor yang baru dan berbeda, Indonesia bisa bersatu.

    • Terima kasih, Sdr. Eric. Ya, keharmonisan dan kekompakan sebuah orkestra sangat bergantung kepada kepiawaian sang konduktor dalam memimpin.

  12. Puisinya Indonesia banget! Unity in Diversity. Indonesia adalah “PBB kecil”. Ketika berhasil menjadi dirinya sendiri, bangsa ini akan diteladani oleh dunia ini yang beragam-ragam bangsa. Terus berkarya Pak Budi…. Salam 3 jari. :)

    • Terima kasih, Sdr. Kias. Ya, jika Indonesia berhasil menjadi negara demokrasi yang memiliki berbagai ragam perbedaan sebagai kekuatan yang harmonis, bukan tak mungkin RI dapat menjadi teladan bagi negara-negara lain di dunia.

  13. Ini yang diperlukan oleh bangsa kita. Saatnya Indonesia maju dan melihat bangsa ini dengan kacamata yang positif! Keep on writing and sharing, Pak!

  14. Mantap Pak budi. Musik dengan Persatuan Indonesia, sangat kreatif. Kiranya Tuhan terus memimpin Bangsa Indonesia. Jia You Pak Budi.

    • Terima kasih, Pak Irwan. Kita semua berdoa agar Indonesia mengalami perbaikan dan kemajuan yang signifikan (menolok). Amin.

  15. Puisi yang bagus pak, tanpa basa basi dan setiap kalimat berhubungan dari awal hingga akhir :)

    • Terima kasih, Sdr. Nathanael. Kiranya kesinambungan kalimat menjadi simbol kesinambungan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

  16. Puisi yang sangat bagus dan mudah dimengerti. Menggunakan perumpamaan dengan pemain musik dan konduktornya. Keren sekali pak, tetap semangat!

  17. Puisinya unik dan menarik metaforanya.. Presiden kita yg baru digambarkan sbg konduktor, dan Indonesia sbg orkestranya. Terus berkarya pak! :)

    • Terima kasih, Sdr. Sion. Salam puisi dan salam karya untuk Anda dan seluruh rakyat Indonesia.

  18. New hope for new Indonesia.. Saya sangat terkesan sewaktu membacanya, saya lebih terkesan sewaktu saya mengaitkannya dengan seuntai pita bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika” di genggaman erat Sang Garuda Indonesia. Semoga puisi bapak bisa dibaca oleh banyak orang dan banyak orang terbuka untuk menerima keberagaman yang hakiki. Salut!

    • Terimaa kasih, Sdr. Hans. Kiranya kita semakin disadarkan bahwa kita memang memiliki berbagai macam hal yang berbeda. Justru perbedaan itu yang membuat kita memiliki kekuatan yang unik, karena di dalam perbedaan itu kita bersatu. Seperti apa yang dikatakan oleh Pak Jokowi: “Kita kuat karena kita bersatu, kita bersatu karena kita kuat.”

  19. Puisi yang indah, mengingatkan kembali tentang pentingnya harmoni perbedaan yang menciptakan keindahan. :)

    • Terima kasih, Sdr. Surya. Ya, perbedaan itu jika disatukan dalam satu ikatan tali kasih dan persaudaraan akan menjadi satu kekuatan yang luar biasa, dan menyajikan suatu keindahan seperti persembahan sebuah orkestra yang dipimpin oleh seorang konduktor.

  20. Puisi ini menggunakan gambaran sebuah alat musik yang mempunyai perannya masing-masing. Melalui alat musik ini ditarik sebuah opini bahwa bangsa Indonesia harus bersatu dan menjalankan perannya masing-masing agar Indonesia boleh semakin maju dan semakin hebat!

    • Terima kasih, Sdr. Jayson. Kiranya setiap angota masyarakat dapat memerankan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan baik. Amin.

  21. Pak, puisinya bagus. Mudah dimengerti untuk orang-orang awam. Kiranya dengan puisi ini, setiap org yang membacanya dapat menjaga keutuhan, kesatuan, dan keragaman Indonesia. Ditambah lagi ada “konduktor” baru yang siap memimpin Indonesia menuju masa depan yg lebih baik. Salam tiga jari! Untuk Indonesia Raya

    • Terima kasih, Sdr. Andrian. Keberagaman yang disatupadukan secara harmonis oleh konduktor yang piawai akan menghasilkan sebuah keindahan yang mengagumkan.

  22. Perumpaan yang bagus dengan menggunakan musik. Indonesia memang perlu dibenahi dengan pemimpin yang jujur dan pandai memandu, seperti sebuah orkestra. Kesadaran masyarakat adalah hal yang sangat penting untuk memajukan bangsa ini, semoga dengan pemimpin baru kita yang sekarang, Indonesia dapat menciptakan musik yang sangat indah dibawa panduan sang ”konduktor”. https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif

    • Terima kasih, Sdr. Mudita. Kiranya apa yang Anda harapkan itu boleh menjadi suatu kenyataan indah yang membanggakan, yang membuat Indonesia sejajar dengan negara-negara maju di dunia.

  23. Bagus dan sangat menjiwai semangat kemerdekaan Indonesia yang seharusnya. Adanya persamaan cita-cita di tengah perbedaan budaya sudah selayaknya menjadi identitas yang harus diampu dan dijunjung tinggi dalam menjalankan NKRI sekarang dan seterusnya. https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    • Terima kasih, Bung Peter. Benar, identitas bangsa kita adalah bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Kita gapai hari depan dalam satu kesatuan yang erat.

  24. Puisinya bagus pak, ada analogi yang sangat baik. Indonesia sebagai orkestra semoga presiden baru kita ini dapat menjadi konduktor yang baik untuk 5 tahun kedepan https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    • Terima kasih Sdr Nathanael. Kita semua berharap sang konduktor bisa membuat suasana hidup yang damai, sehingga kita semua bisa bekerja sama menggapai cita-cita ‘Indonesia Hebat’.

  25. Puisi yang bagus! Semangat dan terus berkarya! Semoga Indonesia lebih maju lagi.

    • Terima kasih Sdr. Regina. Kiranya harapan Anda boleh menjadi kenyataan dalam waktu yang tak terlalu lama.

  26. Yang paling keren buat saya di puisi ini ketika Bapak mengaitkan indahnya harmoni di dalam permainan musik dengan harmoni yang terkandung di dalam negri kita tercinta. Menurut saya, itu adalah pemikiran yang otentik dan brilian https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    • Terima kasih Sdr. Jasmine. Saya merasa terhormat dengan pujian Anda yang meruapkan wangi melati seperti nama Anda. https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif

  27. kekayaan indonesia akan makin tepancar jika seluruh elemen masyarakat melakukan peran masing-masing, tidak ada yang hendak menonjolkan diri sendiri. memang sangat tepat digambarkan dengan sebuah orkestra. KEREN

    • Terima kasih Sdr. Susanto Kho. Setiap warga/suku/tradisi itu memang unik dan memiliki tugas serta peran tersendiri. Bila dipadusatukan dengan tugas dan peran orang lain di bawah komando konduktor yang piawai, akan dihasilkan simfoni kehidupan yang sangat indah.

  28. Puisinya bagus, Pak. Mudah dimengerti bahasanya jadi pesannnya juga tersampaikan dengan baik. Keren Pak :2thumbup

    • Terima kasih, Sdr. Widyana. Saya berharap setiap pembaca memahami isi dan makna puisi tentang persatuan dan kesatuan dalam berbagai keragaman ini.

  29. https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif Wow, that was awesome using musical instruments to imitate the roles of each Indonesian. https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    • Thank you, Mr. Kohjunyea for your compliment. It’s really an honour for me to be visited by somebody from Malaysia.

  30. Friska Putri N

    Puisinya indah sekali, Pak. Mudah dipahami isi juganya https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gifhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gifhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gifhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif

  31. Vivi Tirta Wijaya

    semoga Indonesia semakin bersatu di bawah konduktor yang baru ya, Pak.
    puisinya aku sukaa https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif

    • Terima kasih, Sdr. Vivi. Ya, kita semua harus bersatu dan bergandengan tangan, di bawah arahan konduktor yang baru, agar setiap aranseman bisa ditampilkan secara harmonis.

  32. puisinya menarik, penggambaran metaforanya juga sangat pas, benar – benar menggambarkan sekali keberagaman indonesia sekali. Sukses terus Pak Budi :)

    • Terima kasih, Sdr. Erickson. Kiranya keberagaman sungguh menjadi kekuatan bangsa Indonesia di kancah dunia internasional.

  33. Puisinya bagus sir, penggambaran metafora Indonesia dengan simfoni gitu bagus. Jadinya kalau konduktor kita beres maka musik yang dihasilkan pasti rapi dan bagus ya sir. sekian deh komen dari saya. sukses terus sir :)

    • Terima kasih, Sdr. Erickson. Konduktor yang beres dengan keteladanan dan kedisiplinan yang baik, berkemungkinan besar untuk mengatur para pemusik dengan baik guna menghasilkan harmoni musik yang bermutu.

  34. Puisinya bagus Pak :) Keren. Semoga makin banyak orang yang menyadari keberagaman di Indonesia dan tidak lagi memaksakan keseragaman :)

    • Terima kasih, Bu Tunjung. Benar, kita perlu menyadari bahwa kita memang merupakan masyarakat majemuk, diwarnai dengan keberagamanan di berbagai segi kehidupan. Ini merupakan bukti betapa Sang Maha Pemberi itu sangat besar anugerah-Nya bagi bangsa Indonesia.

  35. Semoga Indonesia tetap satu dan terus maju!

  36. Puisinya bagus pak.https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif Terimakasih karena bapak sudah memberikan contoh bagi saya untuk menulis.

  37. Berhubung puisinya berbicara soal musik dan Pak Jokowi, sepertinya akan tambah menarik klo puisinya dikaitkan lagi dengan sosok Pak Jokowi sebagai seorang metalhead.
    Mampukah sang konduktor baru yang nampak lemah lembut ini mendobrak sisi-sisi pemerintahan yang amburadul dengan jiwa metal nya yang memberontak? Memberontak terhadap ketidakadilan dan sistem yang korup tentunya haha
    Semoga puisinya menang pak! :)

    • Terima kasih, Sdr. Ilham atas masukannya. Yang disajikan di puisi ini adalah simfoni. Saya tak tahu apakah ada simfoni untuk komposisi metal. Jika sang konduktor itu memahami musik metal, ya tentunya akan membuat wawasannya menjadi lebih luas. Hasilnya? Ya, waktu yang akan membuktikannya.

  38. Puisi yang indah. Sungguh menggambarkan keberagaman Indonesia, s’moga Indonesia semakin bersatu dan maju terus ! Sukses terus Pak Budi https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    • Terima kasih, Sdr. Kevin. Kiranya harapan Anda dan harapan kita semua boleh menjadi kenyataan.

  39. Lawrence Nobel

    Puisinya bagus, Pak! Dalam puisi itu disisipkan pesan untuk menjaga tali persatuan di tengah keberagaman, dan terus melangkah maju di bawah konduktor baru… Penggambaran puisinya untuk menaruh pesan sangat unik. Semoga menang, Pak!

    • Terima kasih, Sdr. Lawrence. Ya, kiranya kita semua boleh seiring sejalan, melangkah maju di bawah pimpinan konduktor baru.

  40. Lawrence Nobel

    Puisinya bagus, Pak! Dalam puisi itu disisipkan pesan untuk menjaga tali persatuan di tengah keberagaman, dan terus melangkah maju di bawah konduktor baru… Penggambaran puisinya untuk menaruh pesannya unik. Semoga menang, Pak!

  41. Puisi ini sangat bagus pakk :D , semoga Indonesia menjadi lbh baik jika waktunya sudah tiba

  42. Mudah dimengerti dan dinikmati.
    Semoga bisa jadi suatu inspirasi bagi generasi-generasi muda dalam membudayakan seni baca tulis.

    All the best for Indonesia~

    • Terima kasih, Sdr. Yangky. Saya sungguh berharap agar apa yang Anda katakan itu menjadi kenyataan.

  43. Bagus.. Semoga konduktor kita dapat memimpin Indonesia menjadi lebih baik.. :D https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  44. Bagus, tidak berbelit-belit, mudah dimengerti.
    Semoga pemimpin negara ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan benar. Dan makin sukses untuk menulis puisinya https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  45. Wah seperti biasa, puisi Anda sangat menarik untuk dibaca.
    Semoga dengan pemimpin baru, mental bangsa ini bisa lebih baik dan kita selangkah lebih dekat dengan Indonesia yang ideal.

    • Terima kasih, Bung Arif. Semoga saja harapan Anda, juga harapan kita semua, segera bisa diwujudkan di bawah pimpinan konduktor baru.

  46. Puisi Anda menarik dan sangat mudah dicerna, semoga pemimpin baru kita dapat mengubah mental orang Indonesia.

    • Terima kasih, Sdr. Riswan. Ya, semoga sang konduktor baru dapat memimpin bangsa ini melalui revolusi mental menuju hari depan yang cerah.

  47. Saya mengimpikan seperti yang terkandung dalam puisi di atas. Bagus!

    • Terima kasih, Sdr. Mursalim. Semoga impian kita semua akan bangsa dan negara Indonesia yang bersatu dalam perbedaan di bawah konduktor baru, boleh menjadi kenyataan. Simfoni merdu boleh dibawakan oleh seluruh komponen bangsa.

  48. bhineka tunggal ika, walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.
    keberagaman itu anugerah, walaupun kita berbeda tetapi kita mempunyai visi dan misi yang sama, Indonesia merdeka.
    seperti alat musik memiliki peran tersendiri, ingin mencapai 1 tujuan yang sama, menciptakan musik nan indah.
    setuju sekali dengan puisi diatas. cukup inspiratif dan menyejukan hati.
    semoga keberagaman Indonesia dapat menjadi contoh bagi banyak bangsa.

    • Terima ksih, Sdr. Dennis. Kiranya harapan Anda boleh terwujud dalam waktu yang tak terlalu lama.

  49. Topik persatuan Indonesia dituliskan dengan keberagaman alat musik, irama, dan partitur. Sangat menarik pak.

    • Terima kasih, Sdr. Wisely. Kiranya keberagaman Indonesia dapat bersatu guna menghasilkan simfoni yang bergaung indah di seluruh Nusantara.

  50. Keren banget kata2nya.. Saya sangat suka.. Menurut saya, puisi Bapak mengandung makna yang dalam . Sukses terus ya Pak! :D

    • Terima kasih, Sdr. Petricia. Kiranya substansi maknanya dipraktikkan dalam kehiduoan nyata oleh setiap warga Indonesia.

  51. Jeffrey Susanto

    Tulisan yang sangat inspiratif, pak. Dalam tulisan ini diberitahukan bahwa kita sebagai manusia yang diciptakan berbeda-beda, harus melakukan apa yang menjadi tanggung jawab atau kewajibannya, dan juga harus ada yang memimpin yaitu konduktor. Dalam tulisan ini saya anggap sebagai perumpamaan, yaitu setiap manusia harus melakukan kewajiban tetapi dengan ketentuan yg sesuai undang-undang, jika melanggar maka akan kacau, seperti yg penulis katakan dalam bentuk orchestra/paduan suara. Tulisan ini sangat baik untuk kalangan muda sekarang ini yang iri dan mau jalan sendiri tanpa pikir orang lain. Saya harap penulis dapat berkarya lebih mantap lagi, Salam sejahtera :)

    • Terima kasih, Sdr. Jeffrey. Semoga kita semua bisa berjalan kompak di bawah pimpinan sang konduktor.

  52. Harmoni itu indah ya, Pak Budi. Saya sering ‘jatuh cinta’ ketika membaca atau mendengarkan rima. Dan puisi, pantun, dan karya lainnya seringkali mengandung banyak rima! Itulah yang membuat saya terpesona dengan mereka, lagi..dan lagi. Semoga manusia-manusia Indonesia dapat bersatu padu hidup bersama di tanah dan air ini, bersama yang mempimpin dan bersama yang dipimpin. Mari kita dendangkan bersama Simfoni Akbar Indonesia Bersatu!!

    • Terima kasih, Sdr. Marcha. Mari kita bersatu padu mempersembahkan simfoni yang terbaik di seluruh penjuru tanah air tercinta.

  53. Keragaman Indonesia diilustrasikan oleh penulis dengan baik dalam sebuah simfoni musik yang terdiri dari beragam alat musik, juga ada konduktor yang mampu menyatukan semua keragaman itu menjadi sebuah harmoni indah. Selain itu pemilihan kata-kata yang dilakukan oleh sang penulis membuatnya menjadi menarik untuk dibaca, mengingatkan kita kembali akan keragaman Indonesia dan apa yang harus dilakukan dengan keragaman itu.
    Terus berkarya pak!

    • Terima kasih, Pak Tikno, atas dukungan Anda. Kiranya keberagaman benar-benar menjadi kekuatan yang disatukan di negara kita tercinta.

  54. Ilustrasi yang indah. Keragaman Indonesia yang digambarkan seperti sebuah orkestra, di mana setiap orang memiliki keunikan yang tidak dapat digantikan. “semua saling mengisi, saling mendukung, saling merangkul”, ini merupakan baris favorit saya dalam puisi tersebut, sebab persatuan yang indah tidak mungkin terjadi kalau tidak ada rasa percaya (trust) terlebih dahulu. Saya pikir puisi yang ditulis sudah menemukan inti dari persatuan. Akan aaya tunggu puisi berikutnya :p

    • Terima kasih, Sdr. Kevin. Mudah-mudahan kita bisa bertemu lagi dalam karya puisi berikutnya.

  55. marcionorichard

    mantap , sebuah ilustrasi yang bagus https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  56. munthe martha

    keberagaman adalah suatu anugrah yang dapat dijadikan harmoni yang indah..
    ilustrasi yang baik dan tepat Pak Budi..seandainya semua warga negara Indonesia membaca ilutrasi ini saya percaya bahwa mereka akan lebih menghargai keberagaman dan bersatu untuk menjunjung tinggi persatuan Indonesia.
    kiranya Indonesia yang baru ini dapat mempersatukan bangsa Indonesia untuk mampu menghadapi setiap ancaman baik dari dalam maupun dari luar..
    Junjung tinggi keberagaman, majulah Indonesiaku :)

  57. Terima kasih, Bu Munthe. Memang kita harus menjunjung tinggi semangat persatuan dalam keberagaman.

  58. Ini Puisi terindah yang pernah saya baca https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif

    • Terima kasih, Sdr. Artiputri. Kiranya keindahannya juga terwujud dalam perjalanan hidup bangsa Indonesia ke depan.

  59. Sama-sama.. Iya https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif
    Semoga saja demikian ya kak budinovo :)

  60. Ilustrasinya bagus dan indah, pak.. Aku suka, aku suka, aku suka.. Sederhana tapi pesannya dapet, ketahuan bapak sering buat puisi nih.. Semangat menulis, pak :))

    • Terima kasih, Sdr. Faizah. Dukungan Anda merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi saya untuk berkarya lebih baik lagi. Salam puisi.

  61. Secara implisit mengandung makna yang cukup mudah dipahami, setiap orang boleh berkarya dalam rangka memajukan intelektualitas masyarakat dan menyajikan sesuatu hal yang bermanfaat.https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    • Terima kasih, Sdr. Iwan. Semoga apa yang Anda harapkan boleh menjadi kenyataan dalam waktu dekat.

  62. tias agusriyani

    Puisinya menggetarkan hati , meletupkan jantung seakan rindu akan adanya harmoni tersebut. Terima kasih untuk pak budi yang share opini ini. Semoga semakin bermanfaat.

    • Terima kasih Sdr. Tias. Kita berharap setiap insan Indonesia memiliki kerinduan dan mampu memainkan nada-nada harmonis dan simfoni persatuan bangsa.

  63. Yulida Medistiara

    Multikultural adalah ciri Indonesia. Semestinya keragaman itulah yang membuat kita elok hidup dalam perbedaan dan tak membuat kita saling beradu kekuatan. serta mengembalikan makna kedaulatan rakyat yang hampir dilupakan birokrat itu.

    • Terima kasih, Sdr. Yulida. Memang seharusnya rakyat dan birokrat bersatu padu dalam keragaman untuk menyajikan simfoni merdu di bawah pimpinan konduktor yang baru.

  64. Opininya unik. Pesannya dapat langsung dimengerti, dan umpamaan keberagaman dan kesatuan Indonesia sebagai orkestra saya rasa indah sekali. https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif
    Kiranya orang yang membaca juga dapat sungguh-sungguh mengerti opini yang Bapak sampaikan. Kiranya tulisan-tulisan Bapak terus memberi inspirasi dan dampak positif bagi pembaca.

    • Terima kasih, Sdr. Eunice Limantara. Saya sangat bersyukur bila apa yang Anda ucapkan itu sungguh-sungguh menjadi kenyataan, sehingga hidup lebih memiliki makna karena menjadi berkat bagi sesama.

  65. Good Evening, Pak… Saya sudah membaca opini yang Bapak buat… Semoga opini ini dibaca oleh presiden dan wakil presiden 2014 terpilih dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia ^_^

    • Terima kasih, Sdr. Hansen. Saya juga memiliki pengharapan yang sama dengan Anda. Kiranya isi puisi ini bisa dibaca oleh seluruh kalangan masyarakat yang rindu akan persatuan dan kesatuan bangsa.

  66. Malam, pak. Opini yang bapak buat sangat bermanfaat untuk saya, bahkan bukan saya saja. Buat orang lain juga sangat bermanfaat. Sangat indah rasanya jika membaca opini yang bapak tuliskan. :)

    • Terima kasih, Sdr. Tony. Kiranya setiap kita boleh meresapi maknanya dan mengambil manfaatnya demi persatuan dan kesatuan Indonesia tercinta.

  67. Pak Budi saya sudah membaca opini bapak. Dan saya sangat menyukai opini buatan pak Budi https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif

    • Terima kasih, Sdr. Cia Cia. Apresiasi Anda kiranya dapat menjadi dorongan bagi saya untuk berkarya lebih baik lagi di kemudian hari.

  68. Selamat ya bapak udah masuk ke 6 besar

  69. Pak, saya sudah membaca Simfoni Akbar Indonesia Bersatu. Keren dan mengandung makna yang bagus. Congratulations for your success poem, Pak!

    • Terima kasih, Sdr. Petricia. Kiranya maknanya bukan saja dipahami melainkan juga diterapkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

  70. Regina Gunawan

    Pemilihan tema yang unik dan penyusunan kata yang bagus. Semangat terus, Pak!

  71. Terima kasih, Sdr. Regina. Kiranya ini bisa bermanfaat.

  72. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif