Home » Insidental » LOMBA CERPEN - DESA RANGKAT » [MBLR] Mimpi Ruminah

[MBLR] Mimpi Ruminah

“Dan mimpiku bukan puing, aku berdiri membangun mimpi di atas mimpi,” suara Bram lantang ketika membaca buku pelajarannya, hingga membuat Ruminah ibu kandungnya keluar dari dapur.

“Lu lagi baca apaan Bram?” Ruminah penasaran.

“Ini mak pelajaran puisi, suruh dihapalin, ntar kedepan kelas satu-satu,” jawab Bram.

“Ya lanjut dah lu belajar. Mak juga mau lanjut masak buat lu ama bapak lu makan.”

Sesampainya kembali di dapur, Ruminah tampak termenung, dalam benaknya masih terpikir puisi yang dibaca anaknya tadi. Dan mimpiku bukan puing, aku berdiri membangun mimpi di atas mimpi.

Dulu sekali ketika Ruminah masih kecil, dia sempat mempunyai mimpi untuk menjadi juru masak di restoran atau hotel terkenal. Namun sayang cita-citanya kandas karena orang tuanya hanya mampu untuk menyekolahkan Ruminah sampai tamatkan SD saja.

Kini dia harus berpuas diri meracik bumbu seadanya untuk keperluan keluarganya. Keinginan untuk memasak makanan yang lebih bagus rupa dan rasa paling dia praktekan ketika membantu tetangganya yang sedang hajatan. Sedang di rumah, tetap saja membuat makanan seadanya karena faktor ketidakadaan.

Sebenarnya Ruminah memiliki bakat memasak yang luar biasa, setidaknya itu kata Samin suaminya. Sehabis makan Samin selalu memuji kepandaian isterinya itu. Entah memang enak atau mungkin karena wujud syukur keluarga itu terhadap makanan yang mereka lahap. Semua makanan yang masuk kedalam kerongkongan mereka selalu terasa nikmat.

tungku

yudhadepp.blogspot.com

Tak terasa titik air mata menetes satu persatu membasahi pipi Ruminah. Sambil meniup-niup api di tungkunya, Ruminah terlihat sedikit terisak. Ketika Samin masukpun Ruminah tidak menyadarinya. Dia terus saja sibuk meniup tungkunya dengan mata yang berkaca-kaca.

“Kenapa lu Rum nangis?” tanya Samin mengagetkan isterinya.

Setengah kaget buru-buru Ruminah mengusap butir air matanya lalu tersenyum menyembunyikan perasaannya.

“Enggak bang, ini tadi kena asap tungku,” jawab Ruminah enteng.

Mendengar jawaban isterinya, Samin balik tersenyum.

“Rum, hidup kita memang susah. Di jaman canggih ini, lu masih saja masak pake tungku dan kayu bakar. Tapi ambil hikmahnya, setidaknya lu kagak puyeng nyari gas karena sekarang gas lagi susah,” Samin menceramahi isternya.

“Maksud abang?” Ruminah penasaran.

“Tuh gara-gara pemerintah naikin gas yang gede, akhirnya orang kaya pada nyerbu gas kecil. Terus karena banyak yang beli gas kecil akhirnya ibu-ibu yang mau masak jadi kagak kebagian terus jadi pusing nyari gas kemana-mana,” jawab Samin menjelaskan.

“Oowh gitu ya bang,” jawab Ruminah tersenyum hangat pada suaminya itu.

“Iya Rum. Kita harus tetap bersyukur apapun yang terjadi sama kita. Masih mending kita punya rumah walau reot untuk tempat berlindung. Tuh liat, di jalanan banyak orang yang tidur di gerobak. Kita mah mendingan masih nyaman tidur di kasur walau butut.”

“Iya bang, kita harus bersyukur walau hidup kita makin berat. Kita harus bersyukur walau kita gak bisa mencapai cita-cita kita,” Ruminah menjawab sambil memberikan segelas air putih pada suaminya.

“Nah gitu dong, harus semangat. Kita memang miskin, tapi masih punya mimpi. Walau kita tidak bisa meraihnya semoga anak kita si Bram mampu mencapai keinginannya.”

” Iya bang, kita harus berjuang menyekolahkan anak kita. Semoga anak kita menjadi anak yang lebih beruntung dari kita dan dapat meraih segala yang dicita-citakan,” kata Ruminah.

“Amin,” jawab Samin sambil berlalu menuju ruang tengah untuk menemui buah cinta mereka yang sedang asik belajar, sedang Ruminah kembali sibuk meneruskan pekerjaannya di dapur.

Facebook Comments

About Lilihwilda

13 comments

  1. Ruminahberuntung karena masih memiliki keluarga yang bahagia, suka dengan kisah ini mbak Lilih, inspiratif https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  2. Makasih mbak Asih :)

  3. Ihikz. Saminnya kali ini kok sedih?

  4. Hiks iya mbak ngil, kok jadi sedih ya.

    Betewe makasih ya mbaaaak. Muaaaach ;)

  5. Gara-gara Gas LPG naik, Teteh jadi bisa bikin cerpen sekeren ini.
    Vote : Inspiratif (ada gak di ketikketik ya?)

  6. Menarik. Mengangkat fenomena yg aktual

  7. Inspiratif :)

  8. Intinya tetep bersyukur dalam hal sekecil apapu ya mbak :)

  9. @Cici… Maklum pengalaman pribadi ci. Haha *curcol

    @bu Yeti… Makasih

    @mbak Octora… Makasih votenya. Hahay

    @mbak Acik… Iyes bener gitu, hehe

  10. Nih kisah inspiratif mb Lilih..
    suka sama diksinya..https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  11. Teh Lih, ajarin bikin cerpen keren gini dunkz…. Pliiiisss….

  12. setuju kita harus menyukuri apa yg kita miliki..
    sipppp mba lilih…

  13. Bersyukur itu seni hidup yang paling indah https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif