Home » Insidental » LOMBA OPINI HARKITNAS » Berilmu Luas, Amanah, dan Kuat Syarat Pemimpin Hebat

Berilmu Luas, Amanah, dan Kuat Syarat Pemimpin Hebat

banner-lombaopini-200-2Seorang pemimpin idealnya memiliki ilmu yang luas lagi cerdas, berbadan kuat, dan mampu melaksanakan amanah rakyat. Dengan berilmu dan berwawasan luas, maka pemimpin akan mampu membaca negerinya dengan benar. Dia akan tahu apa saja yang dibutuhkan negerinya agar bisa berkembang dan maju di mata internasional. Dia akan tahu apa yang diinginkan rakyat. Dia akan tahu bagaimana caranya mensejahterakan hidup rakyatnya. Dia tidak buta akan daerah-daerah mana yang sangat membutuhkan bantuan. Semua itu hanya dapat terealisasi jika rakyatnya dipimpin oleh pemimpin yang berilmu luas lagi cerdas dan berwawasan luas.

Tak cukup hanya berilmu dan cerdas saja. Seorang pemimpin harus pula ikhlas dan bisa melaksanakan amanah rakyat. Amanah rakyat tersebut tidak akan bisa dilaksanakan kecuali jika sang pemimpin memang benar-benar orangnya jujur dan mencintai rakyat dan negerinya. Jika tak jujur, maka dia akan tanpa malu membohongi rakyatnya. Jika tak ada rasa cinta kepada rakyatnya, maka pemimpin hanya akan memikirkan kepentingan dirinya sendiri. Dia tak akan memikirkan rakyatnya. Bahkan dia akan tega mengorbankan rakyatnya demi agar kepentingan dirinya itu terealisasi. Dan juga, jika dia tidak mempunyai rasa cinta kepada negerinya sendiri, maka dia tak akan peduli akan nasib negerinya di masa mendatang. Bahkan dia tanpa merasa berdosa tega menjual aset terpenting negerinya kepada negara/bangsa lain.

Tak cukup hanya berilmu lagi cerdas, berwawasan luas, dan amanah saja. Sifat kuat harus dimiliki juga oleh seorang pemimpin hebat. Definisi kuat itu bersifat luas, mencakup kuat fisik dan lain sebagainya. Dia harus berbadan kuat dan sehat sehingga tidak sakit-sakitan. Jika dia sakit-sakitan, bagaimana dia akan memimpin dan mengatur negerinya? Dia harus memiliki wibawa yang kuat, berjiwa pemberani sehingga seorang pemimpin akan ditakuti dan disegani oleh negara lain. Dia akan dihormati oleh bangsa lain. Rakyatnya pun tidak akan dipandang sebelah mata oleh bangsa lain. Jika dia tidak kuat, maka dia akan mudah dijatuhkan oleh negara lain yang tidak menginginkan kesejahteraan rakyat dan kemajuan negerinya terwujud. Dia harus berani dan tak gentar dengan siapa saja yang mengancam kedaulatan negaranya. Dengan berani dan kuat, musuh-musuh akan gentar kepadanya. Negara lain tidak akan berani memperbudak negerinya. Bangsa lain tak akan berani mengeruk kekayaan yang tersimpan di tanah airnya.

***

Di negeri kita yang tercinta, Indonesia, sebentar lagi akan diadakan pemilihan seorang pemimpin dan wakilnya. Sudah ditetapkan dua calon pemimpin yang salah satunya akan memimpin negeri kita selama lima tahun ke depan. Bapak Prabowo Subianto atau Bapak Jokowi. Kedua calon pemimpin ini memiliki banyak kelebihan sehingga memang layak untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin yang akan membawa perubahan besar bangsa dan negara Indonesia ke arah yang lebih baik.

Siapakah yang layak menjadi pemimpin Indonesia tahun 2014-2019? Baik Bapak Jokowi maupun Bapak Prabowo menurut saya keduanya sama-sama layak untuk menjadi pemimpin Indonesia. Tapi masalahnya pemimpin negeri ini nanti hanya akan ada satu. Setiap orang harus mencoblos satu saja. Jika dua-duanya dicoblos, maka suaranya tidak akan sah. Untuk itu, seseorang yang mempunyai hak suara harus cerdas memilih siapa yang lebih layak menjadi pemimpin Indonesia.

Memutuskan salah satu dari keduanya yang lebih layak menjadi presiden RI periode tahun 2014-2019 tidaklah mudah mengingat keduanya memiliki kelebihan-kelebihan yang menarik.

Kelebihan utama yang dimiliki oleh Bapak Jokowi adalah sifatnya yang ramah, sederhana, dan merakyat. Beliau rela terjun ke masyarakat. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri mengapa saya juga menyukai sifat beliau itu yang jarang dimiliki oleh para pejabat.

Sedangkan kelebihan utama yang dimiliki oleh Bapak Prabowo adalah sifatnya yang pemberani dan tak gentar dengan kekuatan-kekuatan apapun yang berani mengambil kesejahteraan rakyat. Beliaulah satu-satunya orang yang berani mengatakan bahwa sistem ekonomi Indonesia selama ini  salah atau keliru sehingga kesejahteraan hanya bisa membahagiakan segelintir orang saja. Beliau ingin sistem ekonomi Indonesia itu bebas dari sistem ekonomi neoliberalisme. Beliau ingin perekonomian Indonesia itu berdasarkan asas kekeluargaan sebagaimana yang tercantum dalam UUD 1945. Beliau yang merupakan seorang pengusaha sampai terjun ke politik adalah disebabkan karena panggilan nurani beliau yang menyaksikan rakyat Indonesia masih banyak ditemukan angka kemiskinannya. Kalau bukan karena panggilan nurani, maka beliau tidak akan ambil pusing memikirkan politik. Bisa disimpulkan juga bahwa beliau ingin memimpin Indonesia itu bukanlah karena uang, melainkan memang beliau ingin Indonesia ini bisa berubah ke arah yang lebih baik.

Berdasarkan kelebihan yang dimiliki oleh Prabowo itu, akhirnya saya mengambil keputusan bahwa pemimpin yang lebih layak duduk di kursi kepresidenan pada tahun 2014-2019 adalah Bapak Prabowo Subianto. Kelebihan yang ada pada beliau ini lebih besar berpengaruhnya terhadap kesejahteraan rakyat. Jika sistem perekonomian Indonesia bisa diperbaiki, maka bisa dijamin rakyat Indonesia nantinya akan hidup bahagia dan sejahtera, bisa menikmati hasil kekayaan negeri sendiri, dan bisa tersenyum karena kesejahteraannya. Bangsa luar tidak akan berani menjajah dan menjarah kekayaan bumi Indonesia. Bangsa Indonesia tidak akan bergantung lagi pada bangsa lain. Indonesia mampu melunasi hutangnya dan tidak akan hutang lagi kepada bangsa lain. Kekuatan Indonesia akan mampu berdiri di atas kakinya sendiri. Indonesia akan terhormat dan dihormati oleh bangsa lain sehingga bangsa Indonesia yang tinggal di negeri asing tidak akan dilecehkan. Indonesia akan mampu memproduksi mobil sendiri. Juga mampu membuat pesawat terbang, kereta api, kapal, dan lain-lain yang merupakan buatan anak Indonesia. Selain itu juga, Indonesia tidak akan mengimport alat transportasi, makanan, dan lain-lain dari bangsa lain karena memang negeri ini kaya akan hasil alamnya.

Selain alasan-alasan di atas, alasan lain yang mendasari saya memilih Prabowo Subianto adalah karena kriteria-kriteria pemimpin hebat yang sudah saya sebutkan di atas (berilmu luas nan cerdas, amanah, dan kuat) menurut saya lebih banyak condong kepada beliau dengan alasan sebagai berikut:

1. Prestasi yang sudah diraih oleh Bapak Prabowo Subianto lebih banyak jika dibandingkan dengan prestasi Bapak Jokowi. Prestasi-prestasi yang diraihnya itu menunjukkan kalau Bapak Prabowo memiliki ilmu dan cerdas. Di antara prestasi-prestasinya:

– Bapak Prabowo membebaskan dermaga strategis di PT. Kiani dari tangan asing (Amerika – Singapura)

– Bapak Prabowo memimpin dan berhasil mengibarkan Merah Putih di puncak tertinggi dunia, puncak gunung Everest bersama dengan timnya yang terdiri dari anggota Kopassus, Wanadri, FPTI, dan Mapala UI.

– Bapak Prabowo memiliki sumbangsih di dalam meningkatkan prestasi olahraga Indonesia.

– Bapak Prabowo berhasil menyelamatkan 300 TKI

– Bapak Prabowo menjadi Ketua: Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Gerindra, dan Tunas Indonesia Raya

Bapak Prabowo melalui Gerindra menyediakan jasa Mobil Ambulans dan Mobil Jenasah gratis yang sudah hadir di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

2. Bapak Prabowo yang berbackground dari militer itu menunjukkan bahwa Bapak Prabowo itu kuat dan memiliki jiwa pemberani. Dan salah satu prestasi Bapak Prabowo : memimpin dengan terjun langsung di dalam pengibaran Merah Putih di puncak gunung Everest dan berhasil itu menunjukkan bahwa beliau memiliki sifat keteladanan karena langsung ikut serta mendaki puncak Everest yang merupakan puncak gunung tertinggi di dunia.

3. Bapak Prabowo berkomitmen membebaskan 300 TKI dan berhasil itu menunjukkan bahwa Bapak Prabowo bisa menjalankan amanah dan sangat peduli akan nasib penduduk Indonesia.

Karena alasan-alasan itulah saya lebih mendukung Bapak Prabowo untuk menjadi presiden RI periode 2014-2019. Jika beliau memenangkan pemilu ini, semoga beliau mampu mengemban amanahnya, mampu melaksanakan visi dan misinya, mampu mensejahterakan rakyat Indonesia, dan bisa menepati janji-janjinya. Aamiin. Namun jika tidak, semoga Bapak Jokowi juga mampu membawa perubahan Indonesia dan rakyatnya ke arah yang lebih baik. Aamiin.

Maju Indonesia-ku!!!

Nama Peserta : Sri Mursalim
Asal Kota : Sukoharjo Jawa Tengah

salim

Facebook Comments

About S Mursalim

10 comments

  1. Maaf, admin, di judul ada kata yang salah: “Syariat” yang benar itu “Syarat.” Kemarin yang saya tulis itu “Syarat.” Saya bingung, kok tiba-tiba ada huruf “i”nya di sini.
    Judul yang benar: Berilmu Luas, Amanah, dan Kuat Syarat Pemimpin Hebat.

    Terima kasih.

  2. katedrarajawen

    Ditambah lagi harus berani dan jujur

    • Iya, Kak, benar sekali…https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif
      Beraninya masuk ke kuat (biasanya orang militer itu berani-berani karena dari kecil sudah dididik berani), sedangkan jujurnya masuk ke amanah, Kak…Lupa belum saya jabarkan.. dari sifat-sifat yang disebutkan di atas bisa dijabarkan ke mana-mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif