Home » Insidental » LOMBA OPINI HARKITNAS » Jokowi Presiden RI 2014

Jokowi Presiden RI 2014

banner-lombaopini-200-2Dalam Kajian saya melalui referensi dan kejadian – kejadian yang sudah saya amati, bahwa yang pantas menjadi presiden adalah Jokowi , karena Beliau sendiri memiliki Kepribadian yang memang benar seperti Kepribadian yang diinginkan bangsa Indonesia, Satu sifat yang bagi saya sangat mendasar dan harus dimiliki pemegang tampuk pimpinan negeri ini, yaitu: humanis. Ini adalah sifat dasar, yang mungkin nilainya lebih dari sekadar prestasi yang kasat mata. Indonesia Belum bisa Menerima Pemimpin seperti Orde Baru yang menjunjung Kemajuan dengan Cara Otoriter dan keterbatasan demokrasi. Seperti kita tau bahwa dalam pemilu tanggal 9 Juli 2014 nanti, Calon yang melawan jokowi adalah Prabowo yang memiliki Latar Belkang Militer dengan Ketegasan dan Terlatih untuk menjadi Prajurit tanpa Memerlukan perasaan untuk memajukan bangsa, Indonesia yang sekarang membutuhkan pemimpin yang berjiwa Sosial Tinggi dimana setiap Masyarakat Menganggap Pemimpin adalah Teman Akrab mereka yang bisa dimintai Bantuan tanpa adanya batasan stratifikasi.

Salah satu yang mungkin bisa dianggap sebagai “prestasi” bagi Jokowi saat menjadi walikota dan menunjukkan sifat humanis dan empatinya yang sangat tinggi adalah proses mengembalikan wajah Solo kepada aslinya: kota yang indah, hijau dengan ruang publik yang memadai, jalan besar yang berpihak pada pejalan kaki dan lain-lain pembenahan sana-sini menuju kota yang lebih manusiawi, yang nyaman ditinggali. Menjadikan Solo menjadi kota yang seperti terlihat saat ini, itu tidak gampang. Sebab saat awal menjadi walikota, Solo adalah kota yang sangat semrawut. Saya masih ingat, sejak rusuh 1998, pedagang kaki lima (PKL) membuat bangunan di mana-mana. Nyaris tak ada ruang publik dalam bentuk taman kota yang tersisa untuk anak-anak dan
warga Solo berpiknik dengan murah. Taman Balekambang terbengkalai.Ngarsopuro dan Pasar Triwindu di sana begitu kumuh. Taman kota pada seputaran Monumen Banjarsari di kawasan Proliman dikuasai ribuan PKL.

Jokowi mulai memimpin Solo tahun 2005. Dia berpikir, PKL-PKL itu harus dipindahkan, namun bukan dengan cara menggusurnya secara semena-mena. Tapi melalui berbagai Persetujuan dan Kesepakatan dari Pihak PKL itu sendiri. Puluhan kali Jokowi mengundang para pedagang, membujuknya untuk meninggalkan tempat itu. Dan akhirnya upaya ini berhasil. PKL dipindahkan tanpa kericuhan. Ruang Publik harus dikembalikan ke fungsinya semula. Namun itu bukan perkara mudah. PKL-PKL itu sudah membangun kios semi dan bahkan permanen, khususnya di setiap sudut Taman Banjarsari.
Mereka bahkan sebagian tinggal di sana, beranak-pinak. Ini terjadi karena walikota sebelumnya membiarkannya begitu
Selama ini Peran Jokowi menjadi sorotan Publik karena adanya prestasi yang telah berjasa dikota solo, Mantan Wali Kota Solo ini Kembali dipercaya menjadi Gubernur Jakarta dengan segala tuntutan untuk memperbaiki Sektor Pembangunan terutama Revitalisasi PKL di sepanjang jalan Jakarta yang semakin Macet dengan bertambahnya Jumlah Pengendara Mobil Pribadi.

Alasan Kuat Saya Memilih Jokowi adalah ?

Realitas yang Kita dapat saat ini bahwa Beliau Masuk dalam dua Calon yang akan Memimpin Bangsa , dilihat dari pesaingnya Prabowo yang memiliki Latar belakang Militer, saya lebih Berpihak pada Jokowi dengan Berbagai Keterbatasan saya, karena memang saat ini Pemimpin humanis lha yang pantas menjadi presiden, Rakyat secara
factual lebih menginginkan Pemimpin yang sangat peduli , rendah hati, dan Pengertian. Rakyat menginginkan Pemimpin yang Memberi Kesejahtraan dengan Cara seideal mungkin. Bukan pemimpin yang ingin memajukan Negara dengan Cara Semaksimal mungkin. Berpikir ke depan bagi seorang pemimpin memang sangat dibutuhkan. Tapi bergerak Bersama dengan Meminimalisir kemungkinan terburuk terhadap masyarakat meski Maju secara perlahan itu yang saat ini menurut saya dibutuhkan, karena disisi lain saya tidak ingin terulang kembali adanya peristiwa 1998 yang menjatuhkan era
Orda baru.
Saya mengkaji bagaimana pemilu tahun ini menjadi ajang perebutan Kekuasaan yang memungkinkan seseorang bertindak dengan cara apapun, sudah banyak Orang kaya, sudah banyak orang yang terkenal, tapi sifat manusia yang lebih cenderung menginginkan aspek segala hal termasuk kekuasaan menjadi ajang kompetisi dari budaya Indonesia saat ini, Politik yang melibatkan kerabat dan keluarga, sudah tak jarang dijumpai.

Dari kedua Calon, ketidaktertarikan saya pada prabowo adalah bawah dia cenderung takut tidak terpilih dan mencari cari jalan penguat supaya tidak menjadi kegagalan dia ingin menjadi presiden , bahwa dia cenderung tidak mentoleransi istilah “gagal”, seperti halnya peristiwa prabowo yang mencoba mengungkit bukti antara dia dan megawati mengenai dukungan megawati kepada prabowo pada pemilu selanjutnya, tapi fakta yang benar adalah bahwa dukungan tersebut sah apabila megawati menjadi presiden pada tahun 2009 lalu, dan adanya isu bahwa prabowo erlibat penculikan aktivis mahasiswa pada tahun 1998 , telah menjadi isu hangat dan secara factual belum ada bukti kuat, tapi dengan latar belakang beliau yang militer kemungkinan hal itu benar mengingat bahwa dulu presiden soeharto cenderung lebih menggerakkan pasukan militernya terutama pemimpinya untuk menindak lanjuti para pemberontak yang mengkritik keras pada era kepemimpinan soeharto.
Dari kedua perbandingan tersebut antara prabowo dan jokowi, saya lebih tertarik memilih jokowi dengan pasanganya jusuf kalla yang sudah mentorehkan banyak prestasi di Indonesia, satu sisi yang membuat saya terganggu adalah adanya megawati yang bertindak sebagai king maker dan mengangkat jokowi menjadi calon presiden dari partai PDIP, mengingat bahwa pada tahun kepemimpinan presiden gus dur, megawati dan Amien Rais terlibat proyek politik yang sengaja menjatuhkan gusdur pada saat itu, dalam hal ini saya mencoba memikirkan dampak dari adanya peran megawati, jangan samapai seperti permainan antara wayang dan dalang yang selalu nurut. Tapi disisi lain penulis meyakini bahwa jokowi dengan latar belakang pro terhadap rakyat, adanya interfensi dari megawati tidak akan menjadi penggalang jokowi, penulis yakin dan berharap semoga Profesionalitas dan Keadilan tetap ada pada Jokowi.

Berikut beberapa Faktor Pendukung saya memilih Jokowi

Inilah Prestasi Jokowi Semasa Menjabat Menjadi Walikota Solo sektor ekonomi di perdagangan, maupun pendidikan dan kesehatan. Gambar-gambar berikut merupakan hasil pembangunan di Kota Solo pada masa pemerintahan Jokowi.”

Jalur lambat sebelah kanan di sepanjang Jl. Slamet Riyadi diubah menjadi City Walk, sebuah Pedestrian way yang teduh, dipenuhi taman dan pohon-pohon besar, dihias dengan motif batik.

PKL yang sebelumnya betebaran di jalanan diberikan tempat khusus sebagai pusat kuliner malam di Solo. Gladag Langen Bogan atau Galabo ini buka mulai sore hingga tengah malam dengan menutup jalan satu arah menuju perempatan Sangkrah..

Ngarsopuro, sebuah kawasan yang artistik. Dihiasi lampu sangkar burung, patung-patung, topeng-topeng dan lukisan yang cantik, dan lagi pasar malam yang diadakan setiap akhir pekan. Dulunya kawasan ini merupakan kawasan kumuh dan tidak tertata dengan baik.

Pasar Windujenar merupakan Pasar Triwindu dengan format baru. Berpindah lokasi di kawasan Ngarsopuro membuatnya menjadi semakin kental dengan nuansa seni. Pasar ini hanya menjual barang antik, kebanyakan pembeli di pasar ini adalah turis-turis asing.

Para PKL yang dulunya menempati Monumen Banjarsari dan membuat daerah itu menjadi semrawut dan berantakan dipindahkan ke Pasar Notoharjo, khusus menjual peralatan motor, sepatu, dan barang-barang second.

Monumen Banjarsari setelah pemindahan PKL (bersih kan?).

Monumen baru Mayjen Achmadi yang baru selesai dibangun.

Monumen Brigjend Slamet Riyadi di pusat Kota Solo.

Revitalisasi Pasar Gading

Revitalisasi Pasar Kleco.

Revitalisasi Pasar Kembang

Pembangunan Pasar Pucang Sawit

Pembangunan Pasar Panggungrejo.

Pembangunan Pasar Ikan dan Pasar Ikan Hias.

Balekambang yang dulunya terlantar, tidak terawat, dan bahkan isu-isunya menjadi sarang dedemit dipugar kembali dengan menambahkan bangku taman, rusa-rusa liar, dan fasilitas hotspot. Ditambah lagi dibangun Taman Reptil di kawasan ini.

Taman Reptil Balekambang.

Pembangunan taman di sekitar Terminal Tirtonadi, dan masterplan bangunan Terminal yang baru yang akan memiliki fasilitas setaraf bandar udara.

Dibuat sebuah ruang apik dengan memanfaatkan halaman city walk dan pintu masuk ke Taman Sriwedari dengan nama Plasa Sriwedari.

Tanah gundukan sampah dipinggiran Sungai Kalianyar disulap menjadi Taman Sekartaji memanjang di seanjang sungai tersebut.

Sepur Kluthuk Jaladara.

Bus Tingkat Werkudara.

Railbus Batara Kresna.

Solo Techno Park.

###

Nama Peserta :  Hendro Susanto

Asal Kota : Surabaya

hendra

Facebook Comments

About Hendro Susanto

One comment

  1. katedrarajawen

    Semoga harapan menjadi kenyataan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif