Home » Insidental » LOMBA OPINI HARKITNAS » Prabowo Lebih Baik

Prabowo Lebih Baik

banner-lombaopini-200-2Berbicara tentang presiden tentu tak lepas dari kepemimpinan, kecakapan, dan akhlak baik. Ketiganya tak bisa dipisahkan. Saya tak akan berbicara mengenai siapa yang terbaik tapi di antara calon yang ada, siapa yang lebih baik.

Sebelum menilai lebih jauh tentang sosok-sosok capres di Indonesia, hal yang terlihat pertama kali adalah kewibawaan, penampilan, dan kecakapan berbicara. Dari luar Prabowo tampak berwibawa, gagah, tegas, dan mampu mengutarakan visi dan misi dengan jelas. Dia pun bisa berbahasa Inggris. “Image” awal ini penting, termasuk saat berhubungan dengan negara luar. Bisa mendatangkan kewibawaan, kepercayaan, rasa hormat, dan sebagainya.

Prabowo merupakan sosok yang berbakat dan cerdas. Hal ini dibuktikan dari karirnya tercepat dalam sejarah ABRI, selain memperoleh banyak penghargaan. Sebagai jenderal termuda yang meraih 3 bintang di usia 46 tahun, ia mendapat julukan “The Brighest Star.” Kabarnya selepas SMA ia juga diterima di Harvard University, namun ia memilih masuk di AKABRI (1970). Ia menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di luar negeri, di negara yang berbeda-beda; begitu pula dengan kursusnya dan tempat pengasingannya saat terjadi tuduhan penculikan yang melibatkan dirinya (1997). Selain itu, ibunya mendidiknya dengan gaya Belanda. Jadi, sedikit banyak ia telah beradaptasi dan mengetahui pola pikir/pola hidup masyarakat dari negara luar. Hal ini membuat pola pikirnya bisa menjadi lebih luas/terbuka.

Membaca latar belakang keluarganya, ia dididik menjadi seseorang yang mandiri dalam mengambil keputusan, walaupun terkesan otoriter. Apalagi ia banyak ditugaskan di satuan tempur yang membuatnya harus cepat dan tepat dalam bertindak. Meski demikian setiap keputusan yang diambil akan dipertanggungjawabkan olehnya.

Tak hanya ahli di bidang kemiliteran, Prabowo juga termasuk pengusaha yang sukses. Ia memimpin 27 perusahaan di Indonesia dan luar negeri. Perusahaan-perusahaan itu bergerak di bidang perkebunan, tambang, batu bara, dan kelapa sawit.

Kemampuan kepemimpinan Prabowo juga tampak ketika ia memimpin partai Gerindra (2008-sekarang) dan organisasi-organisasi berikut, bahkan ia dipercaya untuk memegang tampuk kekuasaan itu selama bertahun-tahun.

Berikut ini adalah organisasinya:
1. Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) (2004-2015)
• Selama menjadi ketua HKTI, Prabowo gencar tampil dalam iklan di televisi menyuarakan harapan masyarakat tani yang ingin hidupnya diperhatikan oleh pemerintah dan sejahtera.

2. Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) (2008-2013)
• Prabowo kerap menyuarakan agar pemerintah membatasi hipermarket dengan mengatur jaraknya agar tidak merugikan pedagang kecil.
• Prabowo menyuarakan agar pemerintah membatasi jumlah supermarket/hipermarket yang ada di kota-kota di seluruh Indonesia
• Pedagang pasar di Lampung berhasil membangun BK square atas dana mereka sendiri (berdikari).

3. Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) (2001-2016)
• Sejak 1997 juara umum pencak silat di Sea Games diraih oleh Vietnam, namun di tahun 2007, 2011, dan 2013 Indonesia berhasil meraihnya kembali.

Selain pencak silat ternyata hobi berkuda Prabowo pun mendatangkan manfaat. Di “All Asia Cup” tahun ini, tim polo berkuda didikan Prabowo mampu mengalahkan Cina, India, dan Korsel. Dengan kata lain, tim polo tersebut menjadi terbaik di Asia.

Penilaian positif hadir dari Kasum TNI Letnan Jenderal TNI (Purn) Suryo Prabowo, dan mantan Asintel Pangkostrad, Mayor Jenderal TNI (Purn) Djoko Susilo. Menurut mereka, Prabowo memiliki jiwa sosial yang tinggi. Banyak di antara prajurit dan anak buahnya terutama yang cacat karena membela merah putih hingga kini dibantu bekerja di perusahaannya. Rasa kemanusiaannya juga tampak dari program partainya (Gerindra) dalam menyediakan jasa ambulans gratis untuk masyarakat sejak tahun 2011. Ambulans yang benar-benar gratis ini disebarkan ke seluruh kabupaten/kota di Indonesia melalui Badan Kesehatan Indonesia Raya (Kesira). Tak lupa pula Prabowo memperhatikan anak-anak di sekitar rumahnya di Hambalang, dengan menyekolahkan mereka di jenjang SMP dan SMA serta memberinya tunjangan pendidikan. Di tahun 2013 saja sudah ada 40 anak yang tercatat. Ia juga pernah memiliki program Taruna Nusantara, yaitu menyekolahkan insan-insan berbakat Indonesia ke luar negeri (Jepang, Amerika, Australia, dan lain-lain), dan menawari posisi yang tinggi setelah mereka lulus.

Dari segi kemampuan berpolitik, Soe Hok Gie dan Sudjatmoko pun mengakui kehebatannya. Cerdas dan berani berdebat, begitu penilaian mereka. Hal itu tidaklah mengherankan karena berbagai buku politik telah dilahap oleh Prabowo.

Dalam kampanyenya Prabowo menawarkan “Enam Program Aksi Transformasi Bangsa”, yaitu:
1. Membangun ekonomi yang kuat, berdaulat, adil dan makmur,
2. Melaksanakan ekonomi kerakyatan,
3. Membangun kedaulatan pangan dan energi serta pengamatan sumberdaya air,
4. Meningkatkan kualitas pembangunan manusia Indonesia melalui program pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya,
5. Membangun infrastruktur dan menjaga kelestarian alam serta lingkungan hidup, dan
6. Membangun pemerintahan yang bebas korupsi, kuat, tegas dan efektif.

Untuk mensejahterakan desa, setiap desa akan diberi anggaran minimal 1 milyar per tahun dari pemerintah pusat. Dana itu bersumber dari RAPBN. Prabowo mempunyai 8 program untuk mendukungnya (8 program desa), yaitu:

1. Jalanan, jembatan, dan irigasi desa dan pesisir
2. Listrik dan air bersih desa
3. Koperasi, bumdes, badan usaha petani dan keuangan mikro
4. Lumbung desa
5. Pasar desa
6. Klinik dan rumah sehat desa
7. Pendidikan dan wirausaha muda desa
8. Sistem informasi desa

Capres yang satu ini juga menyoroti masalah ketahanan pangan dan energi, serta air salah satu isu terpenting dewasa ini. Tentang ini Prabowo dan pasangannya berjanji akan mengembalikan tatakelola migas nasional sesuai Pasal 33 UUD 1945 dengan penyelesaian revisi UU Migas, mengembangkan bioetanol, memperluas konversi penggunaan BBM kepada gas dan energi terbarukan dalam pembangkit listrik PLN, melakukan investasi langsung untuk peningkatan kapasitas, pemeliharaan, dan peremajaan infrastruktur transmisi dan distribusi listrik guna meningkatkan kehandalan pasukan, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya air dan pembangkit listrik mikrohidro bagi pemenuhan listrik daerah-daerah terpencil, mengurangi subsidi khusus kepada orang kaya melalui mekanisme pajak dan cukai, membangun sistem subsidi energi yang lebih tepat sasaran dan lebih berkeadilan, mencetak 2 juta hektar lahan baru untuk meningkatkan produksi pangan, menambah dana riset sebesar 10 triliun dari APBN selama 2015-2019, menjamin harga pangan yang menguntungkan petani, peternak,dan nelayan, sekaligus terjangkau konsumen, melalui sinergi kebijakan harga dan stok, serta membangun pabrik pupuk urea dan NPK.

Sebagai capres, saya melihat Prabowo telah mempersiapkan banyak hal secara matang, penuh perencanaan strategis. Langkah-langkahnya begitu tertata, di samping diimbangi pula dengan kemampuan berkomunikasi yang baik dan ilmunya yang cukup mumpuni di berbagai bidang kenegaraan. Semoga saja semua janji dan programnya bisa terealisasikan dengan baik jika nanti benar-benar terpilih menjadi presiden. Tentunya agar bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik untuk ke depannya.

Sumber:

Http://www.jpnn.com/read/2014/05/22/235894/Jangan-Coba-coba-Gertak-Prabowo-
Http://forum.detik.com/-t954944.html
Http://www.pemilu.com/berita/2014/05/ini-janji-prabowo-hatta-untuk-ketahanan-energi-masa-depan/
Dan berbagai sumber lain di internet.

Nama Peserta :

Dini Nuris Nuraini 
Asal Kota : Sidoarjo

dini
Facebook Comments

About gardeniaaugusta

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif