Home » Insidental » Lomba Opini HUT RI ke 69 » [OPINI] SADAR PERSATUAN!!! (Satu Indonesia, Satu Bangsa, Untuk Bersama)

[OPINI] SADAR PERSATUAN!!! (Satu Indonesia, Satu Bangsa, Untuk Bersama)

logo lomba“Persatuan Indonesia” bertapa gagahnya kalimat itu? Bunyi sila ke-3 dalam Pancasila yang berfilosofi mendalam terhadap pembentukan negara ini. Ingatkah sejarah bangsa Indonesia? Sejarah mengukir, berpuluh tahun yang lalu persatuan bangsa telah kita ikrarkan dalam Sumpah Pemuda, Segenap bangsa Indonesia turut meneteskan airmata, menyerukan nama Indonesia!!! dan menyanyikan lagu kebesaran kita, Indonesia Raya. Ingatkah memori terpendam itu kawan? Bukankah kita merindukan moment itu? Persatuan yang kita dambakan ditengah jajahan negara lain, memerangi perdamaian bangsa ini, membatasi kebebasan bangsa ini, melarang senyum Ibu Pertiwi, hingga jeritan yang melolong di padang safana yang kerap kita dengar. 86 Tahun pasca pekikan semangat tentang persatuan itu ada, layaknya obor kini tinggal kepulan asap yang tersisa, kemanakah persatuan yang dahulu? Apakah karena waktu yang sekian lamanya sehingga semangat kita luntur, menghilang, dan meniadakan persatuan itu kembali? Penuh dengan tanda tanya. Masih ingatkah dengan para kumpulan pemuda masa lalu, jong java, jong celebes, jong sumatren siapa mereka? apa peran mereka dan sebagai tanda apa mereka ada dalam ukiran sejarah persatuan bangsa? Merkalah yang seharusnya kita contoh, walau mereka mempunyai tanggung jawab yang berbeda, mempunyai wilayah yang berbeda, tersebar bahkan terpisahkan oleh lautan, berseberangan tanpa ada gendengan persatuan sebelumnya. Dan itulah persatuan, ketika sebuah perbedaan mampu menyatukan diri, memerangi perbedaan itu sendiri dan mempunyai satu perasaan yang sama, Merdekakan Kami!! Merdekakan Bangsa ini!!

Namun taukah, Kini perjuangan mereka telah berda dalam ujung tanduk, Persatuan yang dahulu kita kobarkan tengah dalam ambang kemusnahan, persatuan bangsa kini telah meratap dalam tembok penderitaan. Dimanakah kau wahai para pemuda bangsa? dimanakah persatuan yang kau ciptakan dahulu? Persatuan indonesia yang kita bangga-banggakan dan kita junjung kini terjajah oleh sikap kita sendiri. Ego, rasa tamak serta serakah menjadikan kita dibutaka oleh duniawi. Menggebu-gebu akan sebuah tuntutan demokrasi, yang bebas, namun kebabalasan!!! Demokrasi yang tidak lali sesuai dengan konteks arti yang sebenaranya, dimanipulasi oleh orang itu sendiri. Seperti contohnya saja dalam masa kampanye tahun 2014 ini, ada saja cara yang dilakukan untuk memopulerkan jagoan masing-masing. Dari kubu Prabowo yang menonjolkan kata “ONE” dan kubu Jokowi yang juga mengunggulkan “Salam Dua Jari”–nya. Dalam dunia Demokrasi tentu hal tersebut lumrah dan sangat diperbolehkan, namun bukan berarti yang namanya Demokrasi adalah kebebasan tanpa batas. Segala cara dihalalkan untuk mencapai tujuannya dalam bersaing politik, perlu kita sadari bahwa “Boleh kita bermain politik, tapi jangan dipermainkan politik” dalam kalimat tersebut dapat diartikan, bahwa kita sebagai masyarakat tentu akan selalu terlibat dengan sebuah dunia politik, karena kita hidup di negara berpolitik, namun jangan sekali-kali kita terlena bermain politik, karena politik akan segera mengambil alih diri kita.Andikan kita tahu, bahwa politik di Indonesia sudah mencapai dalam stadium 3 kecaru-tmarutan, hal ini diartikan bahwa politik di Indonesia telah melenceng jauh dari tujuan berpolitik yang sebenarnya. Kini tidak ada lagi kesejahteraan untuk kepentingan umum, kepentingan kelompok bahkan pribadi menajdi prioritas dari setiap politik di Indonesia. Berbagai serangan diterima oleh negara kita dari ulah para politikus negeri.

Tidak jauh dengan kecarut-marutan negeri kita, dalam pesta demokrasi yang kita adakan pada tanggal 9 Juli 2014 ini, dimana sebelum tanggal tersebut diberikan sebuah ” Hari Kampanye ” Untuk masing-masing kandidat dalam rangka mempromosikan partainya, agar masyarakat tertarik untuk memilih partai yang dipimpinnya. Namun ketika masa kampanye semakin sempit, pasti ada pendukung yang memperkeruh kondisi dengan modus menuding adanya “Kecurangan” kepada pihak/kubu pendukung lawannya. Hal-hal semacam yang bersifat negatif itulah yang dapat menjadikan suatu perpecahan bangsa. Namun perlu dikatahui oleh kita semua, tidak hanya ancaman sebelum pilpres saja yang dapat merusak persatuan di Indonesia, menurut beberapa pakar justru pasca pilpres adalah masa paling rawan untuk dihasut agar bangsa ini terpecah belah oleh asing yang ingin tetap menjadikan Indonesia yang kaya sumber daya sebagai sapi perah mereka.

Bangsa ini harus SADAR akan penjajahan transparan yang masih berlangsung di bumi Nusantara dikarenakan saat adanya gejolak-gejolak yang terjadi di negara ini, ternyata akibat konspirasi asing yang ingin menguasai segala sumber daya Indonesia yang besar ini. Jangan ubah Persatuan nasional menjadi Perseteruan nasional yang menjurus “Persatean nasional” (chaos).

Negara ini harus bangkit dan harus SADAR, bangun dan mulai berjalan, berlari mengejar –kemandirian- agar bisa memanfaatkan semua anugerah yang diberikan oleh Tuhan YME kepada bangsa ini untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat sebesar-besarnya. Ingatkah kondisi gonjang ganjing politik dan ekonomi model pengkondisian asing seperti jaman dulu ? ingat tahuan 1998. Pilpres sudah ditetapkan hanya satu putaran. Memang di satu sisi biayanya akan lebih murah, tetapi ongkos sosial politiknya tekesan mahal, dan bisa memicu kericuhan bila selisih suara hanya berkisar 3 sampai 7 persen. Demikian juga pasca pilpres bila ternyata tidak sesuai dengan asing, maka mereka bisa saja menciptakan krisis dan menggoyang siapa yang berkuasa. Kita tidak ingin pengkondisian di atas terjadi di Indonesia lagi bukan?

00-kia-morning-exteriorBagaimana cara melawannya ?.

Siapapun capres yang terpilih secara konstitusional HARUS kita dukung. Rapatkan barisan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, jangan mudah terhasut ajakan ajakan dan gerakan yang Inkonstitusional, dan jangan panik dengan kondisi perekonomian yang goyang bila itu terjadi, tetap bekerja secara normal dan jangan ikut membuat Chaos perekonomian. Jangan gunakan dan memperkeruh kondisi dengan modus menuding adanya “Kecurangan” dan pihak pendukung kedua kubu harus mempersiapkan mentalnya, yaitu mental untuk menang tetapi tidak sombong, dan mental untuk kalah tetapi legowo. Jangan sampai pihak yang menang mengintimidasi mencibir dan mengolok pihak yang kalah, tetapi rangkullah dan ajak membangun Indonesia bersama. Pihak yang kalah juga jangan merasa dalam sikap mengasihani diri sendiri dan merasa dikorbankan sehingga ingin mencari pihak lain sebagai kambing hitam. Ketidakmampuan menerima kekalahan menimpulkan keputusasaan, frustasi bahkan depresi masal yang mendorong terjadinya kericuhan dan kerusuhan. Ingatlah Para ular asing dan ular dalam negeri menunggu saat kita terlena dan terjadinya perpecahan bangsa ini, agar bisa tetap merampok Sumber daya Indonesia. Hormati apapun hasil dalam penghitungannya, bukankah yang menang adalah bagaian dari bangsa kita sendiri ? Bukan bangsa lain ?. Salam NKRI. Salam Persatuan !!

Facebook Comments

About Dhaniel De Jhoanes

41 comments

  1. Friska Putri N

    Opini nya ngena banget, maju terus ya. Benar, yang kita butuhkan adalah persatuan, jangan sampai nanti 22 juli kita bentrok sama saudara sendiri… https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    • mbak friska: hahaha ternyata sesudah tgl 22 malah parah. ga ada yang bntrok tapi pada perang moral

  2. Nice bro. Semoga esok berjalan damai ya. Aamiin.

  3. katedrarajawen

    Semoga semboyan Bhineka tunggal ika masih sakti ya untuk mempersatukan

  4. termakasih saudara2 sekalin. makasih atas apresiasinya .. semoga bisa menjadi pegangan kita semua. berbeda bukan berarti tak sama. justru berbedalah yang mengikat kita untuk menjadi satu, dalam Bhineka Tunggal IKahttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif

  5. Friska Putri N

    bener banget.. saya setuju https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    • mbak friska ….. setuju apa hayoooo…. bagi no nya mbak, buat belajar puisi.. keren bahasa mbak. :)

  6. saya sesalkan adanya kelompok provokator yang bersikeras pokoknya prabowo harus menang bagaimanapun caranya, semalam saya melihat sebuah tread dalam sebuah grub fb Yang AREA TERBUKA DEBAT CALON PRESIDEN , tread berisi tentang ketidak terimaan atas kemenangan jokowi dan hujatan yang tidak elok di tujukan kepada presiden terpilih jokowi serta saran untuk memecah indonesia menjadi dua negara , setengah di pimpin jokowi dan setengahnya di pimpin prabowo ,, ini sungguh ssangat melukai NKRI , seakan mencoba mencopot nilai sila ke tiga , ini telah menodai sila ke tiga , tread itu mendapat banyak respon ribuan komentar banyak hujatan untuk pak jokowi dan banyak hujatan untuk pak prabowo dan para pendukungnya , saya khawatir kalau kalau orang orang seperti itu berkembang luas dan menjadi kelompok sparatis yang membahayakan NKRI sebagian dari mereka mengatakan siap perang. dan saya juga sesalkan sikap pak prabowo yang memancing emosi para pendukungnya..

    • mas ajis. makasih mas. di rela relain buat akun mau ngomentari ya mas. makasih ya :)
      Selamat malam , Salam Persatuanhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif

  7. sip, kan akhirnya presidennya cuma satu. satu untuk semuaaa :D

    • Kakak, benar. SIAPAPUN YANG TERPILIH ADALAH ANAK NEGRI. PEMUDA YANG DAHULU TIDAK AKAN MENYANGKA AKAN MENJADI PEMIMPIN SEKARANG. BAGAIMANAPUN KITA TERUS MELINDUNGI PARA PEMUDA, SIAPATAU DIANTARA MEREKA ADALAH PEMIMPIN KITA KELAK :) SALAM INDONESIA, HARUMKAN MERAH PUTIH

  8. Dewi Komalasari

    salam persatuan,,,hidup Indonesia!!!!

  9. Tulisannya cukup singkat namun padat. Bahasanya apik dan mudah dipahami. Salam tiga jari!

    • wah sautu kehormatan kapada saya, terimakasih pak budinovo atas apresiasinya. :) semoga bisa menjadi semngat buat kita semua. Salam tiga jari :)

  10. maju Indonesia…. jaya merah putih… indonesia untuk kita semua…

  11. keren kak. semngt ya kak.. :) bagus berbobt kak. semoga menang ya!!!!

  12. bagus mas Fahri, lanjutkan!!! sekarang banyak sekali mahasiswa yg acuh tak acuh dg persatuan dan kesatuan NKRI dan banyak juga yang justru ingin merusak persatuan Indonesia. Semoga Anda, Saya dan Kita semua dapat meneruskan perjuangan Bapak bangsa kita yang telah berkorban jiwa dan raganya. Amiin Ya Rabb

    • Dhaniel De Jhoanes

      Wah, teman saya yang baik ,… Allhamdulillah , terimakasih ya Saudari Afrida.
      Menanggapi tentang Mahasiswa, iya benar Mahasiswa, saya menggunakan huruf kapital di awal kata ” Mahasiswa” inilah gambaran saya mengenai meraka. :)
      Terimakasih Afrida, atas apresiasinya, Sedikit memaparkan mengenai ” Mahasiswa” yang acuh terhadap politik memang banyak, namun tidka sedikit pula diantara meraka yang sadar akan politik, dan itulah sebabnya disetiap universitas dibekali mata kuliah ” Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Pancasila ” itulah gunanya, agar mereka dapat mempelajari dan mengenal politik :)
      Salam satu jiwa, Salam Persatuan!!!! :)

  13. bersatu tumbangkan asing dan rezim. salam persatuan!

    • Dhaniel De Jhoanes

      Terimakasih Kiky, atas apresiasinya, Sedikit memaparkan mengenai ” Asing ” saya sedikit melihat kejanggalan-kejanggalan dinegerikita pasca pemilu, bukankah benar Kiy? lihat saja di pemberitaan, tidak hanya di dunia maya tetapi di media sosial serta pemberitaan semuanya masih mensorot adanya sebuah tudingan kecurangan dan sebagainay, tentu kita harus sedikit peka terhadap suasana ini, jangan terprovokasi ya. tetap menjadi insan yang tawakal . Aamin :) Salam NKRI

  14. Ini keren, kak!! Menginspiratif!! Hidup mahasiswa yang peduli dengan bangsanya!!

    • Dhaniel De Jhoanes

      wah makasih ya kakak.. apresiasinya sangat membangun dan memberikan dorongan kepada saya dan segenapa para pemuda untuk terus memajukan bangsa ini dengan persatuan kita :) Aamin

  15. mantap https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif
    walaupun terlihat sulit, namun kita haru tetap menyuarakannya https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif

    • Dhaniel De Jhoanes

      menjadi seorang pemuda yang tanggap akan sebuah kejadian moralitas dinegeri kita ini, bersua menjunjung segenap persatuan yang akan selalu terselimuti dengan jalan kegelapan. Ayo kita bangun bersama, kita tuntaskan bersama2 pasti bisa

  16. Saya setuju sekali. Berbobot dan menginspirasi .

    I like it :-)

  17. Yulida Medistiara

    warga Indonesia yang katanya telah merdeka ini seharusnya makin cerdas dan tidak terprovokasi. Semestinya kata merdeka tidak hanya sekadar kata, namun merdeka disegala bidang misalnya pendidikan, kemiskinan, dan merdeka dari neopilitik, kapitalisme yg merajalela.

  18. Salam persatuan !! https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif
    Semoga siapa pun hasil pemenang capres dan cawapres, bakal membangun Indonesia dan perubahan yang lebih baik :)
    Yes, Tulisan kak Dhaniel De Jhoanes Very NICE https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  19. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif