Home » Insidental » Lomba Opini HUT RI ke 69 » [OPINI] Mengangkat Nilai Persatuan Dan Kesatuan Bagi Nusantara

[OPINI] Mengangkat Nilai Persatuan Dan Kesatuan Bagi Nusantara

Salam Merdeka, Indonesia! Indonesia telah melangsungkan pesta demokrasi 5 tahunan. Pemilu menjadi sesuatu yang sangat penting untuk menentukan masa depan negeri ini. Namun, pesta demokrasi tahun ini sangatlah berbeda dari sebelumnya. Banyak masalah yang timbul dari pemilu tahun ini. Mulai dari adanya black campaign sampai berita opini mengenai capres yang muncul di media massa Bahkan setelah penghitungan suara pun masalah masih saja muncul sampai menuju MK. Pilpres menjadi sorotan yang paling utama dalam pemilu. Pemilu yang seharusnya menjadi bentuk demokrasi rakyat malah menjadi ajang untuk mencaci – maki dari para pendukung masing – masing capres. Seakan indonesia terbelah menjadi dua kekuatan sikap fanatik yang berlebihan dan keegoisan sangat terlihat dari cara rakyat mendukung capres pilihannya. Mereka berkoar – koar, memuja, memuji, melebih – lebihkan dan membanding – bandingkan seolah sudah menjadi cara dukungan rakyat untuk menyerukan dukungannya kepada capres pilihan mereka. Rakyat seakan lupa dengan tujuan utama dari adanya pemilu. Mereka hanya melakukan dukungan dengan cara mencaci – maki, menghujat dan menjelek – jelekan lawan capres dan itu merupakan bentuk dukungan yang negatif.

Hal ini tentu sangat membingungkan beberapa masyarakat, Apalagi bagi orang awam seperti saya. Banyak juga orang yang merasa geram dengan kelakuan para pendukung capres. Bukan hanya pada rakyat biasa namun media massa pun yang seharusnya bersifat netral malah ikut memihak kepada salah satu kandidat capres. Ini tentu sebagai cerminan bahwa pesta demokrasi di indonesia masih jauh dari kata layak. Pemilu bukanlah ajang untuk mencari seorang pemenang namun, pemilu seharusnya menjadi ajang untuk mencari seorang pemimpin yang benar – benar bisa mengemban amanat rakyat. Jika pemilu hanya menjadikan rakyat menjadi golongan – golongan tertentu dan saling mencemooh lawannya, maka cara mendukung ini harus dihindari. Membuat rakyat menjadi fanatik terhadap golongan – golongan tertentu hanya akan menimbulkan sifat egois dan perpecahan di masyarakat. Hal ini tentu sangat berbanding terbalik dengan isi pancasila nomer 3 “ persatuan Indonesia”. Mampu menempatkan persatuan dan kesatuan di atas kepentingan pribadi dan golongan seharusnya menjadi pemikiran dan pedoman bagi rakyat indonesia.

Pemilu bukan sebuah lomba yang hanya mencari seorang pemenang. Tapi, pemilu merupakan kesempatan rakyat untuk memilih calon pemimpin yang dianggap masing – masing individu dapat menjadi pemimpin yang amanah, bijak dan bisa memakmurkan bumi Nusantara ini. Pemilu yang telah berlalu jangan menjadikan perpecahan di indonesia kita ini. Persatuan adalah nilai utama yang harus di pegang oleh setiap individu. Memiliki pilihan adalah wajar, namun janganlah pilihan tersebut membuat kita merusak persatuan dan kesatuan antar masyarakat. Jangan sia – siakan perjuangan pendahulu kita yang rela berkorban demi bangsa ini, jangan merusak mimpi para pendahulu kita dengan rusaknya persatuan dan kesatuan bangsa indonesia ini. Kemakmuran tidak akan bisa diraih jika kita hanya mementingkan ego kita masing – masing. Indonesia bukanlah negara yang terpecah – belah tapi, indonesia adalah negara yang memiliki persatuan dan kesatuan yang tinggi. Perpecahan hanya akan memberikan kesempatan bangsa lain untuk menjajah indonesia kembali.

Sungguh ironis jika sesuatu yang bertujuan positif malah menimbulkan dampak yang negatif. Jika rakyat indonesia bisa mengesampingkan ego dan mengedepankan persatuan tanpa membeda – bedakan suatu golongan, kesempatan indonesia menjadi negara maju mungkin akan terwujud. Jadilah warga indonesia yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Jangan kotori negeri kita yang tercinta ini dengan perbuatan yang bersifat negatif. Kita hanya perlu sadar jika sifat egois hanya akan mendatangkan sebuah keburukan bagi kita, orang lain maupun untuk negara indonesia ini. Salam sejahtera indonesia!

Facebook Comments

About Akhmad Mutaallimin

5 comments

  1. Romi Febriyanto Saputro

    Pemilu itu untuk mempersatukan bukan untuk memecah belah

  2. Romi @ benar sekali https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif
    Angels @ terima kasih https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif

  3. Dewi Komalasari

    persatuan mutlak diperlukan oleh negara sebesar indonesiahttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  4. setuju. salam sejahtera! :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif