Home » Insidental » Lomba Opini HUT RI ke 69 » [OPINI] Bangun Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia

[OPINI] Bangun Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia

BANGUN PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA INDONESIA

Pasca pemilu tahun 2014, indonesia mengalami pengikisan separuh dari pondasi bangunan persatuan dan kesatuan bangsa, memanasnya persaingan  13 partai politik membuat masyarakat indonesia banyak berpihak ke berbagai partai politik yang bertarung dalam tahun politik ini.

Seharusnya tahun politik ini menjadi tahun yang menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa namun tahun politik ini malah mengikis persatuan dan kesatuan bangsa. Pengikisan ini terjadi karena adanya jarak antara partai politik, kepentingan yang berbeda dari partai politik dan cara mempengaruhi masyarakat dengan menghalalkan berbagai macam cara sehingga terpengaruhlah masyarakat indonesia dalam persaingan yang terjadi, jangankan antar partai politik didalam partai politik pun terjadi sikut-menyikut antar calon legislative, inilah suatu fenomena yang seharusnya tidak boleh terjadi malah terjadi di negeriku indonesia ini, namun kita tidak bisa memungkiri inilah politik yang dipandang dengan orientasi kekuasaan, seharusnya sesama kader partai harus mengaungkan dan mengemakan keberbagai penjuru negeri visi dan misi partainya buka mengaungkan visi misi pribadi dan dengan cara yang tidak sehat, contoh politik uang, janji-janji palsu, membuka pengobatan gratis bagi orang yang datang dengan membawa kartu nama caleg.

Disini sudah terlihat bahwa kepentingan pribadi lebih menonjol daripada kepentingan bersama. Meminjam Thomas hobbes (1588-1679) para politikus menjadi srigala yang memakan temannya sendiri. Berbagai cara mereka lakukan agar masyarakat mau memilih dirinya, terkadang hal ini membuat perubahan makna dari demokrasi yang seharusnya semua untuk rakyat, kesejahteraan masyarakat adalah sesuatu yang harus mereka perjuangkan dan sudah mengalir dalam nafas kehidupan mereka sebagai wakil rakyat. Namun nyatanya fenomena yang terjadi saat ini membuat demokrasi berubah menjadi rupiahkrasi yang seharusnya mereka bekerja untuk rakyat telah berubah haluan menjadi bekerja untuk uang atau bahasa kami di pos ronda adalah “bekerja untuk kembali modal dan mendapatkan untung”.

Hakikat dari persatuan dan kesatuan bangsa adalah hakikat satu dalam artian tidak terbagi dan terpisahkan dari yang lain, hakikat satu disini menguatkan keutamaan kepentingan bersama bukan menonjolkan kepentingan pribadi. Persaingan memang selalu ada tapi persaingan yang sehat dan tidak membuat jarak antar sesama masyarakat. Pada hari ini kita semua telah berdiri di atas kaki kita sendiri, namun jangan diartikan bahwa kita hidup untuk diri kita sendiri.

 Ikatan kekeluargaan masyarakat indonesia sangatlah kuat, tapi dengan banyak  konflik yang terjadi dan pasca pemilu yang sarat dengan persaingan yang tidak sehat ini membuat tali itu merengang,  kepentinngan pribadi yang seharusnya dibawah dari kepentingan bersama kini berada di atas.

 Semangat pembangunan kembali kesatuan dan persatuan bangsa ini harus melihat dan benar-benar memahami makna dari sila ketiga pancasila yang mengaungkan persatuan dan kesatuan bangsa indonesia, sila ketiga ini sangatlah tercermin dari adanya sikap kita untuk menghargai dan menghormati antar sesama warganegara, maka kita harus menjaga dan menguatkan kembali ikatan kekeluargaan kita, rasa gotong royong , tengang rasa, saling menghormati agar pengikisan yang terjadi bisa diperbaiki dan jangan sampai pondasi terpenting itu hilang atau roboh. Hakikat satu ialah sifat individualism yang terpisahkan dan terbedakan dari kepentingan bersama.

Telah tiba waktunya bagi kita dengan usia negara ini yang telah mencapai usia 69 tahun merdeka untuk memperbaiki sikap, sifat individualis yang bersarang didalam hati kita harus kita singkirkan, sifat iri dan dengki yang terdapat dalam aliran darah di otak ini segera hilangkan, keserakahan yang tersimpan didalam hati ada baiknya kita buang sejauh-jauhnya. Karena persatuan dan kesatuan sulit diwujudkan bila sifat-sifat kotor itu mengalir didalam kehidupan kita. Marilah kita melakukan revolusi mental secara besar-besaran, negara yang besar tidak akan menjadi besar apabila orang didalamnya masih memiliki mental korup, serakah, mementingkan diri sendiri, karena tangung jawab negara yang besar harus dibarengi dengan orang-orang yang berjiwa besar dan memiliki mental kepedulian. Dari sinilah persatuan dan kesatuan bangsa indonesia yang kokoh akan benar-benar terwujud dan tidak mudah roboh.

Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69

Facebook Comments

About bennywijaya

2 comments

  1. katedrarajawen

    Mari tegakkan semboyan bhineka tunggal ika

  2. Hai, kak.. Aku Fa, ketikers baru di sini, salam kenal ^^ Tulisan kakak bagus, aku suka. Kakak sudah bisa memilih kata-kata yang baik dan cocok, itu modal yang bagus untuk kakak. Tapi akan lebih bagus lagi, kalau kalimat-kalimatnya lebih efektif dan efisien lalu menggunakan EYD yang lebih baik lagi. Aku pun sama seperti kakak, masih belajar menulis dengan benar dan enak di baca. Maka dari itu, yuk sama-sama belajar menulis lebih intens lagi, kak :D Semangat menulis :))

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif