Home » Insidental » Lomba Opini HUT RI ke 69 » [OPINI] Kembali Pada Persatuan Indonesia

[OPINI] Kembali Pada Persatuan Indonesia

Indonesia…negeri yang kaya, negeri yang indah dengan berbagai perbedaan didalamnya. Dahulu dengan perbedaan ini, membuat kita belajar untuk saling menghormati, saling membantu, saling mengagumi adat isitiadat satu daerah dengan daerah yang lain. Walaupun negeri ini banyak sekali perbedaan, tapi sadar atau tidak senjata ampuh Indonesia mengalahkan penjajah adalah Persatuan dan Kesatuan. Jadi bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika senjata ampuh itu perlahan mulai memudar.

Yang saya tahu, negeri ini milik KITA semua WARGA NEGARA INDONESIA, bukan hanya milik Bapak Presiden, Para Menteri, Anggota DPR, Pengusaha batu bara, minyak, kayu dan apalah itu. Jadi tidak mungkin sistem Kepemerintahan dapat berjalan baik tanpa bantuan ataupun dukungan kita semua warga Indonesia. Indonesia memang Negara Demokrasi, dimana semua orang berhak menyampaikan pendapatnya. Namun ada baiknya sebelum kita menyampaikan pendapat yang isinya lebih banyak menyalahkan orang lain, kita berkaca sendiri, apakah tindakan kita selama ini sudah benar, sudah bisa menjadi Pemuda Bangsa yang berguna?? Contoh sederhana saja, ketika banjir melanda, apa komentar mereka..pemerintah lamban menangani bencana banjir, sistem penanggulangan banjir tidak berjalan dan masih banyak kritikan lain. Lantas jika banjir selalu datang, pemerintah yang salah, Tuhan yang salah menurunkan hujan terus menerus. Dalam agamaku hujan adalah pembawa rahmat, karena dengan air itu tumbuhan kering bisa kembali hijau, sungai yang kering bisa dialiri air lagi. Jadi siapa yang salah..kita semua yang salah, karena terlalu sombong dan tak mau mengakui kesalahan sendiri.

Memiliki sebuah ambisi itu perlu, tetapi dalam menerapkan ambisi yang terpenting adalah menerapkan rasa ikhlas dalam diri kita. Siapapun kelak yang menjadi orang nomor satu di Negeri ini, dia pilihan kita. Bukan berarti ketika pilihan kita kalah, dia tidak bisa berguna dan berperan lebih banyak untuk negeri ini, karena orang nomor satupun tanpa orang kedua dan orang-orang lainnya tidak akan dapat bekerja. Benar apa kata pepatah “Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh”, keutuhan Bangsa ini adalah Persatuan dan Kesatuan RI dan kehancuran Negeri ini adalah Perbedaan yang dahulu mendamaikan kini menceraikan. Orang bilang masa lalu hanya masa lalu dan yang terpenting adalah masa depan. Namun terkadang kita lebih banyak belajar dari masa lalu, ya..pada masa lalu orang-orang sangat menjujung tinggi Persatuan dan Kesatuan karena mereka sadar betul, kekuatan Negeri ini ada pada Persatuan NKRI. Tuhan telah menganugerahkan alam yang begitu indah dan juga kaya di Tanah air ini, namun keserakahan dan kesombongan manusia yang sedikit demi sedikit akan menghancurkan alam yang begitu indah ini.

Bukan hanya sekali ini saja kita melakukan pemilu, tetapi sudah berkali-kali dan kita tetap bisa menjaga Persatuan NKRI. Lantas apa yang salah dengan pemilu kali ini? kenapa kita harus bercerai berai untuk mempertahankan pendapat masing-masing dan egois untuk memenangkan apa yang kita pilih. Mungkin karena ambisi dan juga egois yang terlelu berlebih. Ehmm atau pola pikir yang semakin berkembang, yang dahulu mencalonkan diri menjadi pemimpin untuk memajukan bangsa dan mensejahterakan rakyatnya, tapi sekarang karena harta dan kekuasaan dunia adalah segalanya. Yaa..karena memang kita Manusia adalah makhluk yang rakus dan tak pernah merasa puas. Kemajuan SDM memang sangat penting untuk perkembangan Negeri ini, rakyatpun sudah semakin pandai menilai pemimpin yang hanya menjual janji pada saaat pemilu saja. Memilih Presiden adalah hak kita sebagai warga Negara Demokrasi, melakukan pemilihan artinya kita telah melaksanakan hak. Namun ketika apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, iklhas dan kembalilah pada PANCASILA ke 3 “Persatuan Indonesia”.

Facebook Comments

About Hasnaya

6 comments

  1. wwow bagus juga hasil artikel tentang persatuan dan kesatuan

    • terimakasih.semoga artikel-artikel ini semakin menyadarkan kita akan pentingnya Persatuan NKRIhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif

  2. iyaahh kak betul, Tuhan telah menganugerahkan alam yang begitu indah ini untuk di lestarikan yaa kak, bukan untuk di hancurkan .
    fighting kakaa .. :) Bagus https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  3. terimakasih kaka..mari kita jaga bersama anah Air tercinta ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif