Home » Insidental » Lomba Opini » [Opini] Wajah Baru di Pemilu 2014

[Opini] Wajah Baru di Pemilu 2014

logoKKlipTak terasa tahun 2013 akan segera berlalu, kita akan segera menyambut tahun yang baru 2014, “tahun politik” bagi bangsa Indonesia. Di tahun tersebut kita akan memilih para anggota legislatif dan eksekutif yang diharapkan dapat mendengarkan aspirasi kita ketika kelak terpilih menjadi pemimpin.

Sebagai bagian dari pemuda penerus bangsa, saya sangat berkeinginan bahwa para kandidat yang mencalonkan diri baik menjadi DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, bahkan sampai pada tingkat Presiden, benar-benar memenuhi kriteria dan layak untuk dipilih. Kriteria yang dimaksud, bukan hanya sekedar sehat jasmani saja, tetapi sehat secara keseluruhan baik jasmani maupun rahani.

Kami merindukan pemimpin yang memiliki integritas, kapabilitas, kredibilitas, amanah, jujur, dan adil, semua hal yang kami sampaikan tersebut tidak hanya berlaku dalam bentuk teori semata, namun lebih dari itu bahwa harapan kami, mereka mampu mengemban amanah dan dibuktikan dalam bentuk nyata.

Kita lihat saat ini sudah bertebaran mereka yang memiliki ambisi untuk menjadi wakil rakyat maupun calon presiden. Gambar dan slogan sudah terpampang dengan semenarik mungkin, dalam rangka mencari simpati masyarakat, akan tetapi perlu kita ketahui bahwa branding yang baik, belum tentu dibelakang layar juga baik.

Kami sangat merindukan pemimpin baru yang mampu menggerakkan, namun realitanya bahwa yang muncul ke permukaan saat ini adalah orang yang “itu-itu” aja. Wajah-wajah lama yang masih bermasalah dan sudah terbukti “tidak laku” tapi toh masih ngotot untuk maju.

Indonesia ini sangat luas, punya jutaan penduduk. Begitu sulitkah untuk menemukan sosok pemimpin yang baru. Di luar sana, di daerah-daerah masih banyak orang-orang yang lebih baik dan punya integritas, namun mereka tidak popular dikalangan masyarakat.

Coba kita berkaca kepada Presiden AS, Barack Obama. Saat gegap gempita Barack Obama di Amerika Serikat menjelang pemilihan umumnya, saya termasuk orang yang mengagumi sosok tersebut. Barack Obama seperti menampilkan sisi-sisi pemimpin alternatif pada saat itu. Lewat orasi serta tulisan-tulisannya yang menginspirasi rakyat Amerika Serikat untuk bergerak bersama-sama. “Yes We Can!” menjadi trade mark yang sangat kental dengan kebersamaanya. “Yes We Can” yang bukan “Yes You Can“. Ia hendak membawa masyarakat untuk bersama-sama menjadi bagian dari perubahan.

Saya kemudian membayangkan ada sosok seperti itu di Indonesia. Seorang yang membawa obor pencerahan dan inspirasi untuk Bangsa Indonesia menuju bangsa yang mandiri, kreatif, dan berdaya saing.

Saat ini, Indonesia membutuhkan pemimpin yang mampu menggerakan. Pemimpin yang mampu memberikan inspirasi untuk bergerak bersama-sama memberikan solusi atas masalah yang terjadi pada bangsa ini. Bukan seorang manusia yang sok bisa menyelesaikan masalah dari sekian banyaknya masalah di Indonesia. Bayangkan jika seorang pemimpin harus menyelesaikan semua masalah bangsa ini, siapapun tak ada yang akan sanggup menyelesaikannya sendirian.

Seperti halnya Barack Obama yang hadir dengan ide-ide segar kebangsaan. Inilah saatnya kita semua menjadi bagian dari perubahan. Soekarno dan Hatta dua orang proklamator sudah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bergerak bersama-sama mengisi kemerdekaan. Kini saatnya semua turun tangan untuk mengambil bagian dari melunasi janji kemerdekaan Indonesia.

Maka saatnya kita sebagai masyarakat terutama golongan muda untuk menilai dan mengukur para wakilnya untuk menjadi pimpinan, bukan semata-mata karena popularitas, wajah tampan, banyak duit dan penuh janji-janji semata. Disini saya tidak akan merekomendasikan siapa capres yang layak dipilih, walapun saya sendiri sudah memiliki pilihan, namun saya ingin mengajak kita semua agar lebih membuka mata, memilih pemimpin yang benar-benar berkualitas dan punya integritas. “Pemilih yang cerdas memilih pemimpin yang cerdas”. Akhir kata, semoga harapan kita akan pemimpin yang baru dapat terwujud di tahun 2014 ini.

Facebook Comments

About gustian

2 comments

  1. katedrarajawen

    yang paling diharapkan tentunya adalah Jokowi bs jadi presiden hehhe :2thumbup

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif