Home » Insidental » Lomba Opini » [OPINI] 2014 : Pemimpin Inspiratif masif , pelopor Indonesia baru yang maju.

[OPINI] 2014 : Pemimpin Inspiratif masif , pelopor Indonesia baru yang maju.

 

Jika kita membandingkan antara tahun 2014 dengan tahun 2009, tentu sangat berbeda. Tahun 2014, merupakan tahun penuh harapan yang diisi oleh pemimpin-pemimpin inspratif. Gambaran sederhananya, pada tahun 2009, kita bisa memilih pemimpin paling banter dua calon. Namun tahun ini, kita harus berpikir ulang dan lebih lama.

Tahun ini, hampir setiap segmen usia memiliki pemimpin yang menginspirasi. Kita bisa melihat, untuk segmen anak muda muncul nama seorang rektor muda. Hal ini dilatarbelakangi oleh kinerjanya dalam bidang pendidikan, pengajaran ke daerah-daerah. Ide inspiratif, harapan yang tinggi, serta semangat berpikiran positif menjadi modal besarnya dalam menjalankan Indonesia ke depan menjadi lebih baik dan maju.

Untuk segmen orang dewasa, kita bisa melihat sosok walikota yang kinerjanya sudah terekam masyarakat Indonesia. Pemberitaan media yang masif juga mendorongnya menduduki tempat di hati masyarakat, tidak hanya jakarta namun juga Indonesia. Jika kita bertanya kepada masyarakat, siapa sosok yang akan dipilihnya seumpama gubernur tersebut maju. kemungkinan besar adalah gubernur tersebut.

Selain itu, untuk segmen profesi. Banyak pengusaha yang tentunya tergoyah hatinya melihat pengusaha keren yang kinerjanya seolah tidak pernah menurun sejak satu dekade yang lalu. Keberaniannya dalam mengambil kebijakan. Kepemimpinannya yang tidak diragukan. Serta kerja kerasnya selama ini,merupakan bukti nyata jika beliau masih memiliki kans kuat mengubah Indonesia menjadi lebih baik seperti pemimpin-pemimpin lain.

Ada satu lagi tokoh inspiratif yang sedang menjabat sebagai pemimpin,walikota di jawa timur. Beliau merupakan walikota di jawa timur. Nilai tambah lain yang beliau miliki adalah, beliau seorang perempuan. Namun, jenis kelamin bukan menjadi alasan untuk tidak memajukan daerah. hal tersebut terbukti dari kinerjanya membenahi kota-nya yang sebelumnya panas, macet, dan berantakan menjadi kota yang  layak mendapat sebutan taman nan asri.

Masih banyak pemimpin lain yang tidak tersebut, karena tahun ini banyak sekali pemimpin baru bermunculan. Mereka menawarkan solusi yang baru. Program yang mereka canangkan juga sudah banyak yang mereka kerjakan, berdasarkan pengalaman. Jika dilihat secara multiperspektif, akan sulit menentukan siapa pemimpin yang akan dipilih masyarakat Indonesia nantinya. Meskipun survei yang selama ini bermunculan selalu memposisikan satu nama di urutan teratas. Tapi kita harus ingat, masyarakat Indonesia tidak “lugu” seperti tahun-tahun dulu. dengan hasil kepemimpinan yang saat ini dirasakan, Masyarakat sudah tahu  ketika ditanya harus memilih yang mana.

Jika harus memilih mungkin saya tidak akan memilih salah satu diantara mereka. Saya akan memilih semuanya. Karena saya menyakini, karakter pemimpin satu dengan yang lain berbeda-beda, mereka saling melengkapi. Mereka saling menunjang untuk menjadikan Indonesia lebih maju pada nantinya.

Pemimpin yang saya sebutkan tadi merupakan pemimpin yang diekspos media nasional. Lantas bagaimana kinerja pemimpin yang kurang terekspos media nasional?

Tidak ada perbedaan yang mencolok antara pemimpin yang diekspos media nasional dengan yang bukan. Beberapa daerah dan kabupaten sekarang juga mulai berbenah untuk menjadi lebih baik. pemimpin inspiratif dan bervisi bagus dengan kinerja nyata yang dibuktikan menjadi kepercayaan rakyat.

Bukan hanya di jawa sebagai sentral Indonesia, namun juga di daerah lain. semakin banyak ide baru untuk memperbaiki daerah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada. Meskipun tidak semua, namun keberadaan daerah yang menginspirasi tersebut tentunya akan menular pada daerah lain.

Pada jangka panjang, Indonesia benar-benar akan menjadi negara yang maju jika pemimpin potensial dan inspiratif sekarang terpilih. Mereka juga harus memiliki integritas. Ketika setiap daerah sudah memiliki pemimpin yang baik dan berintegritas. Secara bersamaan, kesenjangan antara daerah akan semakin surut. Sehingga, secara makro, Indonesia akan menjadi lebih baik dan maju.

Tahun 2014 merupakan titik balik untuk maju. sudah lebih dari sepuluh dekade Indonesia merdeka berupa reformasi. Namun reformasi akan tetap sia-sia, jika sampai sekarang tidak ada lagi pemimpin pembaharu negeri. Pemimpin solutif, inspiratif dan berintegritas merupakan kunci utama keberhasilan Indonesia baru menjadi negara maju.

Facebook Comments

About niamazharun

One comment

  1. Awal2 membaca artikel Anda, saya mencoba menebak-nebak siapa tokoh yg dimaksud

    Wilayah Indonesia yg luas membutuhkan bnyk pemimpin hingga lingkup terkecil di daerah. semoga tahun 2014 menjadi episode lanjutan hadirnya pemimpin yg menginspirasi dan mampu memberi solusihttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif