Home » TEKNO » 6 Kelebihan Mirroless untuk Kamera & Video Anda

6 Kelebihan Mirroless untuk Kamera & Video Anda

Saat ini kemajuan teknologi sangat mempengaruhi semua lini tak terkecuali dunia fotografi. Banyak jenis kamera baru yang hadir dengan kualitas mumpuni,baik untuk hasil foto maupun videonya. Setelah kehadiran DSLR yang booming beberapa tahun lalu, kini giliran kamera mirrorless yang naik daun. Setahun belakangan ini memang sedang ramai kegiatan vlog  atau video blogging dan para vlog creator biasanya memilih kamera mirrorless sebagai kameranya.

 

Meskipun tergolong produk baru, karena banyaknya penggunaan oleh vlog creator ternyata juga mempengaruhi penjualan kamera mirrorless. Bagaimana tidak, kualitas yang disuguhkan kamera mirrorless tidak kalah dengan kamera professional (DSLR) namun tetap dengan body yang kecil dan ringan sehingga mudah untuk dibawa-bawa. Hal ini yang menjadi daya tarik kamera mirrorless sehingga langsung menjadi pilihan favorit masyarakat. Tapi tak hanya dari segi body-nya  saja yang unggul, banyak keunggulan  kamera mirrorless lainnya yang patut kamu tahu. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut.

Ukuran Lebih Kecil sehingga Lebih Ringan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk urusan body kamera mirrorless lebih unggul karena lebih kecil dibanding dengan kamera DSLR. Tentu saja dengan ukuran yang mini, akan lebih memudahkan Anda untuk dibawa traveling ataupun saat hunting foto di kota. Kamera mirrorless memiliki konstruksi yang lebih sederhana sehingga bobotnya pun akan lebih ringan. Pada kamera mirrorless tidak ada komponen mekanik untuk mirrorbox dan tidak memiliki jendela bidik optik atau viewfinder. Inilah yang membuat kamera mirrorless lebih sederhana dan mudah digunakan bahkan untuk pemula.

Kualitas Tak Perlu Diragukan

Meskipun berbody kecil dan ringan, tapi untuk urusan kualitas gambar maupun video yang dihasilkan tidak perlu Anda ragukan. Bahkan untuk pengambilan gambar per-detik, Anda pun akan dipermudah karena tidak perlu mengatur sistem naik turun cermin di depan sensor karena pada umumnya kamera mirrorless telah memiliki kecepatan rana yang tinggi.

Live View Lebih Akurat

Kamera mirrorless tidak menggunakan viewfinder untuk membidik objek gambar. Pembidikan gambar atau framing object dilakukan melalui live view pada layar LCD atau jendela bidik elektronik. Ukuran LCD untuk live view juga berukuran besar dan memiliki resolusi yang rapat sehingga dalam membidik objek gambar pun akan lebih akurat karena mata akan memiliki ruang pandang yang lebih luas ketimbang saat memakai view finder di kamera DSLR.

Jumlah Titik Fokus Lebih Banyak

Keunggulan lainnya dari kamera mini nan canggih ini adalah titik fokusnya yang jauh lebih banyak dibanding titik fokus kamera DSLR. Jumlah titik focus biasanya berbeda-beda pada tiap merk maupun tipe kamera mirrorless. Rata-rata titik fokus yang ada di kamera mirrorless berjumlah 170 hingga 450 titik.

Adanya Fitur Editing

Di beberapa merk kamera mirrorless bahkan telah menambahkan fitur editing di kameranya. Kemampuan sistem operasi kamera memungkinkan Anda untuk melakukan editing foto sederhana secara instan. Anda pun tak perlu repot mengeditnya kembali di aplikasi editing foto untuk mendapatkan hasil foto yang sesuai dengan keinginan.

Konektivitas yang Mudah

Seiring dengan majunya teknologi, kini semua kamera mirrorless pun sudah dipermudah untuk urusan konektivitas dengan adanya WiFi. Sehingga akan mempermudahkan Anda dalam mentransfer hasil foto dengan mudah dan cepat ke smartphone maupun laptop. Foto Anda pun akan lebih cepat menguploadnya ke Instagram untuk dipamerkan kepada teman-teman.

 

Jika dilihat dari keunggulan tersebut, kamera mirrorless memang memiliki spesifikasi mumpuni untuk sebuah kamera & video. Tidak heran jika kini penggunaan DSLR sudah mulai ditinggalkan. Jika Anda tertarik untuk memiliki kamera mirrorless, kunjungi saja situs MatahariMall.com, disana Anda akan menemukan banyak kamera mirrorless dengan berbagai merk mulai dari harga kisaran 5 juta sampai belasan juta. Tinggal disesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu.

sumber gambar: www.t3.com

Facebook Comments

About Editor

Mencintai Indonesia lewat kata