Home » TEKNO » Informasi dan IPTEK » Informasi » Berita Dalam Negeri » Peliknya Kasus Penipuan Online yang Melibatkan Negara Lain

Peliknya Kasus Penipuan Online yang Melibatkan Negara Lain

Blogger : http://agustinetutut.blogspot.com

Maraknya penipuan online yang dilakukan oleh para scammer (penipu) yang menetap di Malaysia menjadi satu kasus yang dilema. Umumnya korban malu untuk melaporkan hal ini ke pihak aparat karena malu dengan keluarga (hal ini mereka anggap sebagai aib), takut dicemooh atau mereka tidak tahu harus kemana untuk mengadukan hal tersebut.

Berhati-hatilah apabila anda mendapatkan perkenalan dari bule ganteng dan wanita cantik melalui jejaring sosial. Tidak menutup kemungkinan bahwa foto yang mereka gunakan adalah foto milik orang lain dan sesungguhnya mereka adalah warga negara Afrika dibalik foto tersebut.

Mulai dari mengajak berkenalan, berteman, ingin menjadi pacar, ingin investasi di negara kita, ingin menikahi kita, ingin mengirimkan benda-benda berharga (uang sitaan hasil perang, harta peninggalan Saddam Hussein, Moammar Khadafi, dll) adalah sebagian dari modus yang mereka gunakan.

Sebagai contoh, mereka mengatakan bahwa mereka bekerja di oil company sedang berlayar atau mereka adalah kontraktor dan sedang ada proyek di Malaysia atau mereka adalah tentara yang sedang bertugas di Afghanistan. Kalau wanita umumnya modus yang mereka gunakan adalah bahwa suaminya yang bule selingkuh dgn wanita lain dan dia ingin kembali ke Tanah Air dan membutuhkan bantuan anda untuk menerima dan menyimpan uang yang akan dia kirim utk modal hidupnya di Tanah Air kelak. Dia katakan bahwa semua sudah disiapkan dan tidak lupa dia akan memberikan imbalan atas bantuan anda.

Ada yang sabar hingga berbulan-bulan dalam menjerat korbannya, ada juga yang langsung dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk melancarkan aksinya. Umumnya mereka mengakui bahwa mereka adalah anak tunggal, orang tuanya sdh meninggal, anak satu2nya. Istrinya berkhianat atau meninggal karena sakit, kecelakaan, korban pemboman WTC, punya anak yang harus mereka besarkan.

Pada akhirnya yang terjadi adalah uang atau paket benda berharga yang mereka kirimkan tersangkut dan tertahan oleh pihak bandara di Malaysia bahkan di Indonesia. Akan ada orang dari imigrasi/Custom yang menghubungi anda dan mengatakan bahwa paket tersebut berisi uang dalam jumlah yang banyak. Dibutuhkan sertifikat anti teroris untuk mendapatkan uang atau paket tersebut dan pastinya anda akan diminta untuk membayar sejumlah uang.

Ada juga yang menggunakan agen diplomatik untuk mengirimkan uang dan paket tersebut kepada anda. Kemudian agent tersebut tiba di Jakarta dan minta untuk bertemu. Saya pastikan bahwa nantinya orang yang ada temui adalah warga negara berkulit hitam (negro) yang akan menunjukkan setumpuk uang dollar yang dikirimkan oleh kekasih/calon suami anda. Uang yang mereka tunjukkan adalah tumpukan dollar dgn warna hitam pekat. Alasannya adalah untuk terhindar dari perampokan selama mereka dalam perjalanan mengantar uang tersebut ke Indonesia. Modus ini adalah black dollar scam. Mereka akan menunjukkan caranya membersihkan dolar tersebut dari tinta/cairan hitam tersebut dgn menggunakan cairan kimia tertentu. Mereka akan memberikan beberapa dollar untuk kita tukarkan di money changer dan kita tidak akan kesulitan menukarkan dollar tersebut. Nantinya mereka akan meminta uang untuk membeli cairan kimia untuk membersihkan sisa dollar yang masih belum dibersihkan.

Atau apabila mereka sedang dalam perjalanan bisnis ke Malaysia dan ingin mengunjungi anda di Indonesia, mereka kerampokan, kehabisan uang cash, kontrak kerja mereka belum cair, mereka membutuhkan bantuan anda untuk mengirimkan sejumlah uang dan berjanji akan segera datang setelah urusan pekerjaan mereka selesai. Mereka tidak ragu untuk mengirimkan tiket pesawat kepada anda seolah-olah mereka benar akan datang ke Indonesia.

Ada juga yang menggunakan modus bahwa mereka sedang melakukan perjalanan bisnis ke Afrika atau negara lain yang sulit sekali akses internet dan perbankan sementara anak atau orang tua mereka di UK mengalami kecelakaan atau sakit memerlukan tindakan operasi dan perawatan di rumah sakit. Akan dibuat skenario yang nantinya ada pihak dari rumah sakit yang akan menghubungi anda dan meyakinkan anda bahwa diperlukan tindakan operasi segera dan anda adalah orang satu2nya yang dapat membantu si scammer.

Para scammer ini adalah komplotan yang terorganisir, mereka punya big boss yang merekrut mereka dari Afrika dan ditepatkan di tempat yang tidak layak di Malaysia, mereka disodorkan foto-foto pria dan wanita bule yang tampan dan cantik. Mereka juga mempunyai semacam mesin pengubah suara yang mereka gunakan saat menghubungi anda, alat ini dapat merubah suara menjadi suara wanita, laki-laki ataupun suara anak-anak.

Lemahnya barang bukti yang dimiliki oleh korban semakin menyulitkan aparat untuk menyelidiki kasus penipuan, apalagi bila sudah melibatkan negara yang berbeda, dlm hal ini Malaysia, yang pastinya akan melibatkan Interpol.

Memberangkatkan Interpol ke negara lain, tentunya lebih dari 1 orang atas biaya negara. Untuk itu diperlukan bukti yang kuat pada saat melaporkan kasus ini ke Polda atau Mabes Polri.

Menurut sumber di kepolisian, ada baiknya anda melapor sebelum anda melakukan pengiriman uang supaya mereka bisa dijebak. Mereka menganjurkan apabila anda ingin melaporkan tindak penipuan online, kumpulkan barang bukti yang ada. Cetak semua percakapan awal di jejaring sosial hingga akhir ataupun percakapan di email. Sertakan pula foto yang mereka gunakan, nomor telepon yang mereka berikan, rekening koran dari pihak Bank disaat anda melakukan transfer, bukti pengiriman uang, dll. Anda dapat datang ke POLDA unit Cyber Crime dengan membawa barang bukti tersebut.

Anda juga dapat menyaksikan penangkapan orang-orang kulit hitam di Jakarta khususnya di daerah Kelapa Gading oleh para aparat di website Metro TV ataupun di youtube. Memang sebaiknya hal ini dipublikasikan sesering mungkin dengan bantuan media dan pers untuk meminimalisir jatuhnya korban.

Anda pun dapat membantu engan memberikan informasi ke pihak aparat, media ataupun pers atau cukup dengan bergabung di fan page kami di :

– Waspada Scammer Cinta

– Romance/Dating Fraud (Penipuan berkedok cinta di internet)

Anda dapat membagi pengalaman atau informasi yang bermanfaat bagi sesama.

Facebook Comments

About Tutut76

One comment

  1. katedrarajawen

    Sangat menarik dan membuka waawasan kita tulisan ini, Mbak Tutut, jadi tahu habis nih :salaman

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif