Home » TEKNO » Informasi dan IPTEK » Informasi » Berita Dalam Negeri » Inspirasi dari Sragen akan Diadopsi di Seluruh Indonesia

Inspirasi dari Sragen akan Diadopsi di Seluruh Indonesia

uptk
SRAGEN – Sudah dua tahun Kabupaten Sragen memiliki Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK). Dua tahun itu pula sudah banyak masyarakat kecil di Kabupaten Sragen yang terbantukan dengan keberadaan unit baru tidak hanya bagi Sragen namun juga bagi Indonesia ini.

Sejak di resmikan sekitar dua tahun lalu, keberadaan unit ini menjadikan banyak pejabat baik di daerah lain maupun di pemerintahan pusat “penasaran” untuk mengetahui apa sebenarnya UPTPK. Alhasil banyak pejabat yang berkunjung ke Sragen sekedar untuk melihat dari dekat ataupun memperlajarinya secara detail guna keperluan penelitian maupun untuk diadopsi di daerahnya.

Keberadaan unit hasil gagasan Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, SH, MH ini pun juga membawa Menteri Sosial (Mensos) RI Salim Segaf Al Jufri berkunjung ke Sragen untuk melihat dari dekat, pada tahun lalu. Saat itu Mensos sempat kagum dan mengatakan jika konsep UPTPK ini akan diadopsi secara nasional.

Bahkan, saat itu Salim Segaf menargetkan akhir 2014 ini seluruh kabupaten/kota di Indonesia akan didirikan kantor pelayanan terpadu penanggulangan kemiskinan seperti di Sragen. Target itu disampaikan setelah melihat keberhasilan dan efektivitas kantor Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Sragen yang menjadi pertama di Indonesia. Tentu saja hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kabupaten sragen karena bisa ikut mewarnai secara nasional.

Selain banyak kedatangan tamu dari daerah maupun pemerintahan pusat, belum lama ini juga tepatnya bulan Agustus lalu, tiga lembaga internasional yakni UNICEF, ILO, GIZ juga berkunjung ke UPTPK Sragen bersama dengan pejabat dari Bappenas dan kementerian sosial.

Meringankan beban rakyat miskin adalah fokus utamanya. Untuk itu konsep pelayanan terpadu satu pintu ini didirikan untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan masyarakat yang membutuhkan solusi atas problem yang dihadapi. Terlebih, saat ini beberapa jenis pelayanan bisa diurus cukup di kantor kecamatan. Sehingga masyarakat tidak perlu jauh – jauh datang ke kantor UPTPK yang terletak dilingkungan Sekretariat Daerah dipusat kota Sragen.

Konsep UPTPK ini memang digagas untuk menjembatani pengentasan kemiskinan dan mengangkat harkat martabat warga tidak mampu. Di antaranya melalui pelayanan pengobatan gratis, santunan kematian, pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dari ekonomi bawah, serta program pro kemiskinan lainnya.

Kiprah UPTPK dalam melayani warga miskin tidaklah sia-sia. Pemerintah pusat sudah mengakui kerja kerasnya dalam memberikan pelayanan untuk warga miskin. Beberapa waktu lalu Pemerintah RI menetapkan UPTPK sebagai salah satu kantor dari 11 kantor yang terpilih sebagai Kantor Inovasi Terbaik bidang pelayanan publik. Waktu itu penghargaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden RI Boediyono kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen Drs. Tatag Prabawanto MM mewakili Bupati Sragen.

Tak mudah untuk mendapatkan predikat seperti itu. Awalnya UPTPK Kab. Sragen harus bersaing melawan 515 kantor diseluruh Indonesia yang dinilai oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) dalam ajang Sistem Kompetensi Inivasi Pelayanan Publik (Sinovik). Dari 515 Kabupaten Kota, UPTPK berhasil masuk 99 kantor pelayanan terbaik. Kemudian mengerucut menjadi 33 terbaik. Dan akhirnya terpilih 11 kantor pelayanan di kabupaten / kota yang dinyatakan sebagai terbaik.

Sumber : sragenkab.go.id

Facebook Comments

About Romi Febriyanto Saputro

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif