Home » EKONOMI » Bisnis » Hati-hati Ketika Memilih Tempat Makan

Hati-hati Ketika Memilih Tempat Makan

kaki-limaWalau kita didera kelaparan yang sangat dahsyat, namun jangan pernah sesekali lengah dan pasrah terkena bujuk rayu pelayan kedai makan. Karena bila sekali saja melemah bisa saja kita makan makanan yang sudah tidak layak untuk dimasukan ke dalam perut.

Kejadian tidak menyenangkan ini terjadi pada saya beberapa hari yang lalu. Saya dan seorang teman pergi ke sebuah plaza di kota Bogor. Maksud hati ingin membeli sesuatu, ya sekalian cuci mata liat yang bening-bening biar gak bete.

Sesudah mendapatkan apa yang dimau, kami pun muter-muter untuk melihat-lihat sekeliling isi plaza tersebut. Setelah berasa pegal, kami memutuskan untuk mencari tempat makan, nyambi istirahat karena kaki sudah mulai pegal.

Setelah memasuki pujasera, kami langsung diserbu oleh pelayan kedai. Satu lewat, dua lewat tetapi ketika menghadapi pelayan ke tiga, kami lunglai dan pasrah duduk di tempat yang ditunjuknya setelah dia mengetahui apa yang ada di pikiran kami. “Bu di sini ada mie ayam, bakso, nasi gorang terus ada jus juga. Pokoknya komplit,” cerocosnya.

Akhirnya kami duduk manis setelah memesan masing-masing bakso dan mie ayam. Sambil menunggu, mata kami larak-lirik memperhatikan dapur kadai tersebut. Sepertinya jorok amat. Terlihat berantakan dan kacau beliau percis kapal pecah. Tapi aku masih berfikir positif mungkin kami datangnya terlalu pagi dan kedai ini baru buka sehingga belum sempat beres-beres. Padahal waktu sudah lewat jam 12 siang.

Setelah lama menunggu keluarlah pesanan teman, semangkuk bakso dengan penampilan ala kadarnya, dilengkapi 2 bungkus saus yang shacet. Setelah diicip rasanya jauh dari rasa bakso biasa, ini rasanya seperti mie instan. Kalau dibandingka masih mending rasa bakso tetanggaku 5 ribu aja kenyang dan mantap.

Beberapa menit kemudian muncullah pesanan saya, semangkuk mie ayam. Dari jauh sepertinya menjanjikan. Tapi setelah dekat, tercium bau makanan yang sudah busuk. Lalu saya aduk mie itu, baunya makin menusuk hidung dan terlihat sudah berlendir. “Ya ampuuun, si ibu mau racunin saya ya!” kontan saya marah.

Pelayan yang tadi merayu pun datang mendekat. “Ada apa bu?” tanyanya. “Lihat bu, ini makanan gak layak makan. Ibu mau racunin bayi saya?” saya tambah kesal sambil menunjuk perut saya yang gendut. Dia pun mengambil mie basi tersebut, dan saya langsung membayar bakso yang belum sempat dimakan teman saya. “Saya gak mau bayar makanan busuk,” ucap saya sambil berlalu, dan ibu itu terlihat malu.

Akhirnya kami makan di luar plaza, tepatnya makan di kaki lima. Dengan harga murah, akan tetapi rasanya masih jauh lebih manusiawi.

Facebook Comments

About Lilihwilda

7 comments

  1. saya punya pengalaman kerja di resto ternama.. kadang memang bukan makanan fress yang di sajikan..

  2. Ulahhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif seperti itu memang membuat kesal… apalagi kita harus bayar lebih mahal…

  3. Saya suka makanan kaki lima, tapi liat dulu kebersihannya. Banyak pedagang yang memakai minyak berulang ulang…engga deh kalau yang kayak gitu…

  4. Biasa di tempat peristirahatan di spbu juga gitu tuh Teh .. Makanannya gak laku kayaknya terus pas kita beli udah gak fresh

  5. plaza mana tuh mba?
    di E, ada loh kedai yg sayur asemnya bonus lalat….tp kita gak kesono kok, waktu ketemuan di E…hehehe :P

  6. bermanfaat sekali…
    mesti berani juga menolak bayar ya..enak aja dikasih makanan gak sehat…https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  7. Hedehh… Teh, apes banget. sudah lapar malah disuguhi mie basi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif