Home » TEKNO » Informasi dan IPTEK » Informasi » Kesehatan » Kesalahpahaman Mengenai Makanan

Kesalahpahaman Mengenai Makanan

Jika kita mengajukan pertanyaan ini kepada diri kita sendiri, apakah jawabannya ? Seperti kita semua tahu , makanan ada untuk membantu kita bertahan hidup . Jika kita melihat kembali ke masa lalu, manusia pada dasarnya berburu makanan mereka dan hanya secara sedeharna memasaknya dengan api . Atau, mereka akan menanam makanan mereka sendiri seperti tanaman pangan dan buah-buahan .

Seiring dengan perubahan tahun, hari demi hari, makanan yang awalnya kita perlukan untuk kelangsungan hidup telah berubah bentuknya tergantung bagaimana kita menginginkannya atau bagaimana kita memprosesnya. Terutama , karena adanya berbagai negara dan budaya di seluruh dunia, variasi pengolahan makanan merupakan hal yang normal .

Sama sekali tidak ada yang salah dengan itu . Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas dan teknologi manusia ‘ berkembang terus menerus . Namun, terkadang kita lupa bahwa kita sebenarnya membutuhkan makanan untuk terus hidup . Sering kita malah makan hanya karena kita ingin, bahkan ketika kita tahu jelas bahwa kita tidak membutuhkan makanan tersebut .

Makan Untuk Hidup atau Hidup Untuk Makan?

Ini adalah pertanyaan lain yang dapat membuat kita menyadari bahwa tujuan makanan telah berubah seiring berjalannya waktu . Dengan berbagai jenis makanan di sekitar yang memiliki rasa yang berbeda , sering kita lupa bahwa tubuh kita membutuhkan jenis makanan tertentu pada jumlah tertentu berdasarkan diet yang sehat .

Ada kutipan yang sangat baik yang dapat kita pertimbangkan untuk manfaat kesehatan kita, ” Makanan yang Anda makan dapat menjadi obat yang paling mujarab atau racun yang bekerja secara perlahan. ” Ini sangatlah benar. Ini berarti setiap makanan yang kita konsumsi dapat memberikan kita manfaat kesehatan yang akan membantu memperpanjang hidup kita atau merupakan makanan yang tidak sehat yang dapat meracuni tubuh perlahan-lahan dan pada akhirnya akan “membunuh” kita.

Ini tergantung pada diri kita sendiri untuk memilih makanan yang harus dikonsumsi atau makanan yang harus dihindari agar kita tetap sehat. Dengan begitu banyaknya penelitian di jaman sekarang dan betapa mudahnya komunikasi (alias teknologi internet), tidak terlalu sulit untuk mengumpulkan informasi yang baik tentang makanan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun, tentu saja sering sulit untuk mengubah kebiasaan makan kita jika kita sudah memiliki kebiasaan makan yang lain, walaupun kebiasaan ini dapat berdampak negatif terhadap kesehatan kita dalam jangka panjang . Akan terasa lebih sulit bahkan ketika kita merasa bahwa sebenarnya makanan yang terasa enak dan gurih adalah makanan yang istilahnya kurang sehat, contohnya segala makanan berminyak, goreng-gorengan, ataupun makanan yang dimasak dengan bumbu penyedap instan.

Ini akan menjadi pilihan kita sendiri . Tidak peduli betapa sulitnya untuk memilih gaya hidup sehat , kita dapat membuat perubahan yang kita inginkan dengan kemauan yang kuat dan pantang mundur.

https://www.facebook.com/YoungAmbassadorsofExpo2015

2

facebook.com/AmbassadorsofExpo2015

facebook.com/AmbassadorsofExpo2015

https://twitter.com/ExpoAmbassadors

Facebook Comments

About Wihardja Dewi

4 comments

  1. jaman dulu, orang sakit karena kurang makan. lha sekarang, orang sakit karena kebanyakan makan…
    salam kenal, mbak Dewi… :shakehand2

    • Betul Mbak Ayu,sering jaman sekarang orang makan karena pengen dan lapar mata, bukan karena memang lapar dan kurang gizi, walau tentu memang masih banyak jg di dunia yang kurang gizi kalau menurut data :(

  2. 4 sehat 5 sempurna udah nggak ada iklannya lagi sih..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif