Home » TEKNO » Informasi dan IPTEK » Informasi » Kesehatan » Langkah Sederhana Memulai Gaya Hidup Sehat

Langkah Sederhana Memulai Gaya Hidup Sehat

https://www.facebook.com/YoungAmbassadorsofExpo2015

Gaya hidup sehat membutuhkan beberapa langkah dini. Yang pasti, kita harus meninggalkan beberapa kebiasaan buruk yang mungkin kita miliki dan sudah kita jalankan sejak lama. Untuk memulai, kita bisa mencoba dengan beberapa langkah di bawah ini.

Tidur Cepat, Bangun Cepat

Kelihatan sederhana namun sulit untuk kebanyakan orang (apalagi yang kadang suka lembur, kerja sampai malam, belum ditambah kalau ada pertandingan bola langsung). Seharusnya, kita sudah pulas dari pukul 11 malam untuk membantu organ kita mencerna dengan sempurna. Jadi , lebih baik lagi kalau kita bisa berada di kasur dari pukul sepuluh sehinggatubuh kita dapat rileks sebelum tertidur pulas. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa sistem pencernaan bekerja normal pada malam hari .

Kalau kita tidur cepat, tentunya tidak sulit bagi kita untuk bangun pagi juga, misalnya pada pukul enam atau tujuh pagi . Biasanya, kita perlu tidur sekitar enam sampai delapan jam sehari . Bangun pagi-pagi membantu buang air besar normal, yang merupakan tanda bahwa sistem pencernaan kita sempurna .

Sarapan

Sebagian orang memilih untuk melewatkan sarapan karena mereka tidak punya waktu di pagi hari atau karena mereka berpikir bahwa sarapan pagi-pagi berat bagi pencernaan . Ada juga yang memilih untuk tidak makan karena mereka berpikir sarapan dapat mengganggu program diet mereka . Ini salah . Sarapan penting untuk membuat metabolisme tubuh kita bekerja normal. Jika kita lebih suka sarapan ringan , kita bisa memilih oatmeal , yoghurt, atau buah untuk menu alternatif.

Olahraga

Butuh beberapa waktu untuk mulai tekad berolahraga. Tapi , setelah kita mulai , biasanya malah kita akan merasa bahwa ada sesuatu yang hilang ketika kita tidak berolahraga . Sebagai pemula , kita tidak perlu untuk mulai berolahraga selama berjam-jam dalam satu hari . Hal ini dapat dimulai lima belas sampai dua puluh menit setiap hari . lalu, pada saat kita sudah terbiasa kita dapat meningkatkan jumlah waktu berolahraga sedikit-sedikit sesuai keinginan dan keperluan.

Hilangkan Rokok
Rokok mengandung ribuan racun dan bahan kimia . Ini berarti rokok akan membunuh kita perlahan-lahan setelah beberapa periode kita mengkonsumsi atau menghisap rokok tersebut . Hal yang sama juga terjadi dengan perokok pasif . Menjadi perokok pasif juga membahayakan kesehatan kita ketika kita menghirup asap rokok dari perokok aktif. Menurut banyak penelitian , perokok pasif menghirup zat dan gas beracun dari yang perokok aktif hembuskan ketika mereka merokok . Perokok pasif mendapatkan asap utama yang mengandung gas beracun tertentu yang biasanya secara alami disaring ketika perokok aktif merokok .

Air yang cukup
Tubuh kita membutuhkan sejumlah cairan setiap hari. Biasanya, kita harus minum dua liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi dan untuk menjaga kebutuhan cairan kita . Beberapa orang mungkin berpikir ini gila saja karena kebanyakan, atau kebanyakan berpikiran malas karena akan bolak balik ke toilet . Ada juga yang memang tidak suka minum air putih. Namun, bila tidak suka minum air, sebenarnya kita dapat mengganti beberapa dari dua liter yang dibutuhkan dengan cairan lain seperti teh atau jus yang juga sehat. Yang paling penting adalah menjaga jumlah cairan yang diperlukan untuk masuk tubuh kita .

Ini tentu hanyalah beberapa langkah dasar untuk memulai gaya hidup sehat. Apakah akan berhasil atau semua kembali lagi kepada diri kita sendiri .

facebook.com/YoungAmbassadorsofExpo2015

facebook.com/YoungAmbassadorsofExpo2015

Facebook Comments

About Wihardja Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif