Home » TEKNO » Informasi dan IPTEK » Informasi » Luar Negeri » “Young Ambassadors” – Ide Kreatif Menyebarluaskan Pentingnya Expo 2015 Dengan Merangkul Generasi Muda Sedunia

“Young Ambassadors” – Ide Kreatif Menyebarluaskan Pentingnya Expo 2015 Dengan Merangkul Generasi Muda Sedunia

http://facebook.com/YoungAmbassadorsofExpo2015

http://facebook.com/YoungAmbassadorsofExpo2015

Sebelumnya saya mengupas tentang keberadaan Ajang Pameran Dunia yang umumnya setiap 5 tahun sekali. Ajang pameran dunia yang terakhir diadakan dinegeri Tiongkok, tepatnya di kota metropolitan Shanghai, yang merupakan lokasi yang tepat untuk Expo 2010 karena temanya merujuk tentang kota, yang tepatnya adalah, “Better City, Better Life”.

Tema tersebut dipilih mengingat jumlah penduduk kota yang kian meningkat selama ini, yang pada awalnya hanya sekitar 2 persen pada tahun 1800 namun hingga Expo 2010 diadakan, diperkirakan sudah lebih dari 50 persen penduduk yang bertempat tinggal di kota. Coba saja kita ingat ibukota kita yang sudah berpenduduk sekitar 10 juta penduduk.

Karena itu, tanpa adanya kontrol dan pengaturan tata kota yang baik, akan terjadi konflik kultural serta kehabisan tempat karena penuhnya orang yang ingin bermukim di kota, dan juga kemungkinan tinggi akan rusaknya lingkungan karena kepadatan penduduk yang tidak terbendung.

Setelah suksesnya Expo 2010 ini yang berhasil merangkul 192 negara peserta beserta sekitar 70 juta pengunjung, seperti yang pernah saya kupas sebelumnya, akan diadakan Expo 2015 yang dimenangkan oleh kota besar Milan di Italia yang temanya adalah “Feeding the Planet, Energy for Life”. Tema ini tentunya dimenangkan oleh Italia dan tidaklah mengherankan karena makanan dan menu Italia sangatlah terkenal di dunia. Saat ini, expo 2015 juga sudah merangkul lebih dari seratus negara, 140 negara beserta Uni Eropa dan badan PBB.

Sebelumnya, sudah saya perkenalkan sedikit ide Young Ambassadors sebagai salah satu jalan untuk menekankan pentingnya Expo 2015 bagi solusi keberlangsungan pangan dan nutrisi serta kesehatan bagi seluruh warga dunia. Mungkin masih banyak yang tidak tahu, “Siapa sih tepatnya Young Ambassadors ini dan ngapain aja sih mereka selama ini?”

Walau sebelumnya saya pernah menulis kalau Young Ambassadors terdiri dari berbagai pelajar dunia yang bermukim dan belajar di Italia, khususnya di daerah Lombardia dimana Milan berlokasi, sekarang saya akan memperkenalkan lebih jauh lagi tentang asosiasi pelajar non-profit ini, dimana saya menjadi salah satu dutanya.

Young Ambassadors lahir tepatnya memang baru tahun lalu 2013 (sekitar musim semi ke musim panas). Asosiasi ini lahir dari proyek “Meeting Lombardydimana Area Lombardia mengundang siswa-siswi berprestasi dari universitas-universitas Italia (tepatnya pelajar luar negri) dengan beasiswa kursus untuk mengenal daerah Lombardia dan juga event Expo 2015 yang akan diadakan tahun depan. Nah pada akhir program Meeting Lombardy ini lah, lahir ide Young Ambassadors karena menyadari pentingnya merangkul generasi muda sebagai penerus dunia dalam isu-isu penting global yang mendunia.

Young Ambassadors memiliki misi untuk menyebarluaskan adanya event besar Expo 2015 ke seluruh dunia, termasuk negara-negara duta muda tersebut. Selain itu, asosiasi pelajar ini juga memiliki misi untuk menyebarluaskan betapa pentingnya tema Expo 2015 yang mengangkat isu keberlangsungan pangan dan nutrisi, mengingat saat ini saja sudah ada 7 milyar penduduk di dunia, yang akan terus berkembang hingga 9 milyar perkiraan 2030 nanti.

Karena itu, solusi untuk pangan dan nutrisi yang baik dan “sustainable” sangatlah penting (dengan masalah global masih adanya 800 juta orang yang kekurangan pangan dan air bersih yang cukup). Inilah yang menjadi misi utama Young Ambassadors. Ide visi kami untuk jangka pendek dan jangka panjang adalah “Expo 2015 – Well-Fed Earth Without Hunger”

Saat ini Young Ambassadors memang masih berada ditahap awal. Namun, dengan niat baik untuk masa depan bagi semua orang didunia, niscaya potensial untuk berkembang lebih sangatlah besar. Saat ini Young Ambassadors sudah merangkul pelajar-pelajar dari Cina, Brazil, Rusia, Albania, Kamerun, Romania, Indonesia, dan tentunya kami akan mengajak lebih banyak kaum muda yang ingin bersama-sama berjuang dengan kami untuk membantu mewujudkan visi dan misi bersama.

Untuk melihat berita berbahasa Inggris dan Italia dari Young Ambassadors bisa di lihat di

http://baltyra.com/2014/01/13/immigration-and-youth-enterprise-non-profit-association-expo-2015-seen-from-young-ambassadors/ (situs berita Indonesia)

http://frontierenews.it/2014/01/immigrazione-impresa-giovanile-lexpo-2015-visto-dagli-young-ambassadors/ (situs berita Italia)

http://www.uim.it/uimweb/index.php/stampa/uim-focus/item/225-uim-focusyoung-ambassadors-of-expo-2015

Untuk bisa lebih berkomunikasi dengan semua, Young Ambassadors membuka halaman facebook yang bisa diakses di https://www.facebook.com/YoungAmbassadorsofExpo2015 dimana semua pengikut dan fans bisa selalu terupdate dengan transparan dan jelas perjalanan Young Ambassadors dalam meraih goal-nya.

Sebagai penutup saya akan memberikan kutipan yang diberikan oleh dua Professor dari salah satu universitas terbaik di Eropa dan dunia yang sudah sangat ahli dibidangnya atas pendapat mereka mengenai Expo 2015:

  1. Come and visit the Expo 2015 if you want to understand both what the global issues are and also their solutions, ideas, plus plans for the world’s future – Prof. Rossella Sobrero (Pendiri dan Presiden Direktur salah satu organisasi Komunikasi, PR, dan CSR – Corporate Social Responsibility – ternama di Italia dan ahli ilmu komunikasi public, social, dan non-profit).

Terjemahan: “Datanglah ke Expo 2015 kalau kalian ingin mengerti baik apakah isu-isu global sekarang dan juga solusi, idea, dan rencana untuk masa depan dunia”

  1. Come to discover and “taste” how creative the different cultures are with sustainable food and energy at Expo 2015 – Prof. Gianpietro Mazzoleni (Kajur Program Master Public and Corporate Communication dari Universitas Milan serta ahli dunia dalam bidang media dan komunikasi)

Terjemahan: “Datanglah untuk menemukan dan juga ‘mencicipi’ keahlian dari berbagai budaya dalam hal makanan dan energi yang sustainable di Expo 2015”

Young Ambassadors di temani Organisasi Resmi yang mendukung dan didukung

Young Ambassadors di temani Organisasi Resmi yang mendukung dan didukung

Facebook Comments

About Wihardja Dewi

One comment

  1. katedrarajawen

    ulasan yang sangat bermanfaat Mbak Dewi, semoga sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif