Home » TEKNO » Informasi dan IPTEK » Informasi » Pertanian » Petani Perlu Aplikasi Penebar Informasi Harga

Petani Perlu Aplikasi Penebar Informasi Harga

Seorang peraih nobel ekonomi bernama Joseph E. Stiglhz mengatakan bahwa ada ketidak-sempurnaan informasi dimana setiap pelaku ekonomi memiliki data yang tidak seimbang. Tentu informasi si kaya lebih banyak dari si miskin. Pendapat Stiglhz ini bukanlah tanpa alasan. Banyak contoh yang dapat dilihat di lapangan betapa hebatnya peran informasi dalam penentuan harga dalam praktek jual beli. Salah satunya dalam penentan harga sayur oleh para toke (pedagang distributor sayur).

Sebuah jurnal pertanian yang terbit tahun 2007 yang berjudul “Fluktuasi Harga, Transmisi Harga dan Marjin Pemasaran Sayur dan Buah” yang ditulis oleh Bambang Irawan menyebutkan bahwa ada permainan harga yang sering kali membuat sistem pasar menjadi bersifat monopsoni atau oligopsoni. Sistem ini terbentuk karena adanya pedagang besar yang menjadi penentu harga sayur di pasar. Kalaupun bukan satu orang, biasanya penentu harga pasar tergantung pada kumpulan para pedagang sayur besar di suatu wilayah. Dengan demikian terlihat jika para petani tidak memiliki bargaining position (posisi tawar) dalam menentukan harga.

Coba anda bayangkan, setelah bekerja susah payah membanting cangkul di ladang, harga bukanlah petani yang menentukan. Beda halnya dengan para pengrajin sepatu misalnya. Setelah membuat sepatu, mereka bisa menghitung modal dan untung yang kemudian dikalkulasikan sehingga menghasilkan harga jual yang layak. Sayangnya petani tidaklah demikian. Mereka hanya bisa menghitung modal lalu berharap harga jual lebih tinggi dari modal yang dikeluarkan.

Sebab itu penulis berpendapat perl adanya pengembangan program sederhana yang bertujuan meningkatkan posisi tawar petani. Jika sudah memiliki posisi tawar yang bagus, maka dengan sendirinya petani dapat meningkatkan kesejahteraannya. Teknologi internet atau layanan pesan singkat (short message service atau SMS) dapat menjadi solusi untuk hal ini. Jika ada layanan operator selular yang mengembangkan hal ini tentulah sangatlah bagus jadinya. Setiap hari petani dapat melihat daerah mana saja yang memiliki harga tawar bagus untuk pemasaran hasil pertanian. Pedagang juga tidak semena-mena mempermainkan harga yang konon sering mendapat untung hingga berkali-kali lipat dari permainan harga ini.

Program seperti ini tentu perlu didukung oleh pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Jika semuanya bersinergi, tidak akan ada yang namanya monopsoni maupun oligopsoni. Persaingan pasar semakin sempurna dan akan berdampak positif bagi semua pihak. Bukankah hal yang demikian yang kita impikan selama ini? Kalau begitu, mengapa kita tunda ide seperti ini. Salam.

Facebook Comments

About hariyanto bin karjono

2 comments

  1. waaah ide yang menarik nih untuk diterapkan ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif