Home » TEKNO » Isu Aktual » Penyebar Ranjau Paku dan Tukang Santet

Penyebar Ranjau Paku dan Tukang Santet

Ranjau Paku hasil pembersihan (Detik.com)

Sebuah berita baru saja saya lahap dengan cepat di sebuah portal berita. Berita yang sedang hot di Jakarta tentang tertangkapnya seorang penyebar ranjau paku yang kemudian dihakimi massa hingga babak belur. Bahkan sepeda motornyapun akhirnya gosong dibakar. Pelaku yang tertangkap tersebut ternyata berpofesi sebagai penambal ban yang berada di sekitar area penyebaran ranjau paku tersebut. Modusnya bisa ditebak. Para penambal culas tersebut sengaja menyebar ranjau paku dengan harapan ada pengendara motor yang melindas paku yang mereka sebarkan. Berikutnya saat ban pengendara bocor, pelaku sudah bersiap-siap di depan sana untuk menawarkan jasa penambalan hingga penggantian ban yang harganya pasti diluar harga wajar.

Korban yang bannya bocor memang bisa saja akhirnya ‘dipaksa’ mengganti ban dalamnya dengan alas ban dalamnya sobek. Padahal si tukang tambal culas tersebutlah yang dengan sengaja menyobek ban dalam saat membuka ban luar dengan menggunakan alat pencongkel yang ujungnya sengaja dibuat tajam. Berikutnya, si penambal ban culas menawarkan ban dalamnya dengan harga hampir 2x dari harga normal. Saya pernah sekali mengalami hal ini di Sidoarjo. Walau saya tahu ban dalam saya ‘dikerjain’, tetapi saya tidak berani menegur karena kalah sangar dengan si penambal ban. :)

Sabtu ini (28/12) sebuah infotainment menayangkan perseteruan antara Dewi persik dengan seorang bunda yang baru saja dikenal sebagai ahli pengobatan alternatif dan supranatural. Sebelumnya Dewi Persik diberitakan menjadi korban penyakit non medis dengan gejala yang tidak bisa didianosa secara medis. Secara umum hal ini disebut santet atau guna-guna. Dalam tayangan tersebut, justru Dewi Persik merasa dirinya ditipu oleh ahli pengobatan tersebut dan menuduh si ahli pengobatan hanya bermain trik sulap saja dengan menukar telur yang digunakan sebagai media pengobatan.

Sang ahli pengobatan memang dikenal mengobati pasiennya dengan menggunakan media telur. Telur yang digosok-gosokkan ke area tubuh yang sakit, kemudian dipecah. Hasilnya akan tampak warna merah atau bahan lainnya yang keluar dari pecahan telor tersebut. Sang ahli pengobatan sebenarnya mengorbit dan dikenal luas setelah dipercaya menyembuhkan penyakit Olga Syahputra yang saat itu mengalami pembengkakan kelenjar getah bening yang tidak kunjung sembuh dengan pengobatan medis.

Tiba-tiba pikiran negatif menyerang dan menguasai saya. Kedua berita tersebut kemudian diolah sedemikian rupa dalam kepala saya dan menghasilkan prasangka-prasangka tentang kedua profesi tersebut. Bagaimana bila ternyata para dukun santet yang menyaru sebagai ahli pengobatan alternatif dan supranatural tersebut modusnya sama seperti tukang penambal ban yang culas. para dukun santet tersebut sengaja menyebar penyakit non medisnya (tentu saja atas kuasa dan ijin Tuhan YME). Berikutnya si tukang santet tersebut akan menawarkan mencabut penyakit yang mereka sebarkan sendiri. Hal ini sama seperti jasa tukang tambal ban yang mencabut paku yang mereka sebarkan sendiri, sekaligus mengobati ban dalam yang mereka sebarkan.

Saya sendiri tidak pernah percaya dengan pengobatan dengan media telor atau bahkan kambing sekalipun. Mungkin karena cukup paham dengan trik sulap dengan menggunakan media telor. Hanya dengan bermodal jarum suntik, larutan cuka dan lilin, telor normal dapat dibuat menjadi telor penarik media santet yang berisi ‘darah’, ‘benang’, jarum, rambut, bahkan potongan kawat karat. Belum pernah ada telor yang saat dipecah kemudian bisa mengeluarkan mur-baut, bahkan cincin berlian. Kalau yang mur-baut besar pasti susah, sedangkan yang cincin berlian pasti mahal. :)

Ya, jangan terlalu dianggap serius ya. Ini hanya tulisan dari hasil pikiran negatif saja. Dalam kenyataannya mungkin tidak seperti itu, tetapi bisa lebih parah lagi. :P

Facebook Comments

About choiron

4 comments

  1. telor enaknye ye dijadiin semur ato didadar ye Choi? HaHaHaHaHa
    https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif

  2. katedrarajawen

    Ya Ampun, demi uang tentunya tujuannya. Ya Tuhan mohon ampun semoga kami dijauhi perbuatan culas begini..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif