Home » TEKNO » Isu Aktual » Program ”Bingung” yang Lain

Program ”Bingung” yang Lain

Program ”Bingung” yang Lain
Oleh Budianto Sutrisno

Bingung yang lain

Program yang satu belum selesai, sudah disusul dengan program yang lain. Masih mending jika program tersebut memang bermutu dan bermanfaat bagi kemajuan para peserta didik. Lah wong program Mendikbud yang satu ini bisa dibilang sangat absurd. Meski masa jabatannya hanya tersisa dalam hitungan minggu, namun ’ide bingung’-nya seperti keluar dari sumber yang tak pernah kering. Dampaknya, pihak sekolah dan para guru ikut menjadi resah dan bingung juga.
Pak Mendikbud punya ide untuk menghapus kelas akselerasi.
Konon, kelas akselerasi akan dihapus oleh pihak Kemdikbud karena para siswa di kelas ini dianggap hanya pintar di mata pelajaran tertentu, tetapi kurang di mata pelajaran yang lain. Sementara menurut Kurikulum 2013, seluruh mata pelajaran di kelas itu saling berkaitan. Dengan demikian, berdasarkan kurikulum ’ajaib’ ini, seorang peserta didik dianggap berkompeten bila menguasai seluruh mata pelajaran. Bukan main!
Fakta menunjukkan bahwa sejumlah guru masih belum lancar dalam penerapan kurikulum yang sebelumnya (KTSP), kini sudah dijejali dengan Kurikulum 2013 yang belum tuntas disosialisasaikan ke seluruh sekolah di Nusantara. Lalu muncul lagi ide penghapusan kelas akselerasi.
Sejatinya kelas akselerasi diadakan untuk meanmpung para siswa yang dianggap berbakat lebih dalam mata pelajaran tertentu, sehingga bila mereka mengikuti program kelas tersebut, mereka bisa menghemat waktu belajar. Waktu belajar di SD, SMP, dan SMA yang normal adalah 6, 3, dan 3 tahun. Akan tetapi, jika bergabung dalam kelas akselerasi, siswa dapat membutuhkan waktu belajar hanya dalam 5, 2, dan 2 tahun. Dengan demikian, siswa dari kelas akselerasi bisa menghemat waktu 3 tahun untuk tamat SMA.
Berdasarkan Kurikulum 2013 ini, nantinya para siswa SD ketika dibagikan rapor (bukan dalam bentuk angka) atau tanda kelulusan. Mereka ini dibagikan dalam tingkatan kualitas. Kata Pak Menteri, akan ada istilah kw1, kw2, kw3 dan seterusnya. Bayangkan perasaan orang tua murid yang menerima laporan bahwa anaknya adalah lulusan kw3. Betapa hancur perasaannya. Manusia sudah dianggap seperti komoditas yang diperjualbelikan.
Orang yang paling tak terdidik sekalipun akan mengerti bahwa sistem akselerasi itu jauh lebih baik, misalnya, dibandingkan dengan penilaian sistem kw.
Dari program-program pendidikan yang diterapkan di Indonesia akhir-akhir ini, rasanya sulit untuk tidak mengatakan bahwa kebijakan pendidikan di Indonesia itu dilakukan dengan sistem trial and error, alias coba-coba.
Jika rencana penghapusan kelas akselerasi ini kelak jadi dilaksanakan, maka yang dirugikan adalah para peserta didik yang memiliki kemampuan lebih di bidang tertentu. Mereka ini sudah tidak memiliki wadah yang tepat untuk menyalurkan bakat, malah menjadi korban penerapan kebijakan yang sama sekali tak bijaksana.
Akan tetapi, penulis masih berharap bahwa pemerintahan yang baru nanti akan meninjau kembali seluruh program pendidikan yang sifatnya coba-coba dan absurd. Semoga.

 

***

Sumber: kompasiana.com

Facebook Comments

About budinovo

One comment

  1. benar-benar bikin bingung :o

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif