Home » Lain-lain » Mengintip Latihan Gita Bahana Nusantara 2013

Mengintip Latihan Gita Bahana Nusantara 2013

paduanGita Bahana Nusantara (GBN), adalah sekelompok anak muda Indonesia berbakat dalam bidang musik yang direkrut oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. GBN ini sudah dibentuk oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata sejak tahun 2003. Mereka akan bersama-sama mempersiapkan diri untuk menyambut momentum penting di negeri tercinta ini yaitu perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke-68.

Selain itu tentunya untuk mengasah kemampuan orang-orang muda dalam bidang musik khususnya. Kesempatan ini juga sebagai wadah perkenalan diri antar generasi muda setanah air. Dalam latihan ini orang-orang muda ini tidak hanya berlatih musik dan bernyanyi, tetapi mereka juga belajar cara mengatur waktu dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari jadwal latihan mereka yang begitu ketat. Mereka harus “in time “ dalam setiap kesempatan latihan, maksudnya kalau latihan pukul 08.00 seluruh peserta sudah harus datang mengisi presensi dan persiapan sebelum waktu yang dimaksud. Tujuan dari semua itu agar generasi muda belajar berdisiplin.

Gita Bahana Nusantara tahun 2013 ini didukung oleh 64 orang pemain orkestra, 133 paserta paduan suara, dan satu orang solis. Peserta GBN ini berasal dari 33 provinsi di Indonesia. Dalam kesempatan ini Gita Bahana Nusantara juga akan menampilkan seorang penyanyi solis bernama Nadia. Seorang bocah yang masih duduk di tingkat Sekolah Dasar bernama Nadia ini berasal dari Provinsi Bali. Mereka ini datang ke Jakarta untuk mewakili daerahnya masing-masing yang tentunya telah melalui audisi yang cukup ketat. Sejak tgl 1 Agustus mereka sudah dikarantina tepatnya di Taman Wiladatika, Cibubur.

Orkestra Gita Bahana Nusantara ini di bawah asuhan Bapak Singgih Sanjaya. Dalam latihan beliau dibantu oleh tiga pelatih orkestra sesuai dengan jenis alatnya yang meliputi tiup kayu, tiup logam, dan gesek serta seorang conductor. Orkestra ini akan mempersembahkan sejumlah lagu, yaitu: Indonesia Raya, Hari Merdeka, Satu Nusa, Syukur, dan medley lagu daerah Nusantara serta tak ketinggalan sebuah lagu karya Presiden Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudoyono yang berjudul “Bangga Jadi Anak Indonesia”

Sebelum orkestra Gita Bahana Nusantara ini tampil di hadapan para tamu undangan tentu mereka juga perlu mencoba. Dalam rangka uji coba pemantapan dan keseriusan peserta, GBN pada hari ni tanggal 11 Agustus melakuakan rekaman suara. Hasil rekaman ini nantinya akan menjadi salah satu kenang-kenangan bagi seluruh peserta yang bisa mereka putar ulang ketika sudah kembali ke daerah masing-masing.

Adapun konser perdana Gita Bahana Nusantara akan dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemeterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Konser kedua tanggal 16 Agustus di Gedung MPR/DPR dalam rangka rapat paripurna dan tanggal 17 Agustus merupakan puncak acara konser Gita Bahana Nusantara. Mereka akan tampil pada upacara peringatan kemerdekaan Indonesia di depan Istana Negara.
Nah, mari kita tunggu penampilan Gita Bahana Nusantara 2013 pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-68. Apabila Anda mempunyai waktu dan undangan bisa menyaksikan langsung di Istana Negara, tetapi kalau tidak kita bisa menyaksikan bersama melalui layar televisi. Selamat untuk orang-orang muda yang mempunyai kesempatan bisa bergabung dalam orkestra Gita Bahana Nusantara. Salam Merdeka! -AST

Facebook Comments

About Anita Godjali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif