Home » Lain-lain » selamatkan indonesia

selamatkan indonesia

selamatkan-indonesia

ahmi52.blogdetik.com

BANGSA Indonesia dikenal dunia sebagai bangsa yang ramah tamah dan sopan. Untuk itu, sudah sepatutnya kita juga mencerminkan sikap sebagai bangsa yang memiliki martabat. Indonesia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam. Namun, dewasa ini Indonesia sedang menghadapi cukup banyak masalah dari berbagai bidang seperti kesehatan, infrastruktur, sosial dan ekonomi. Bukan hanya itu, Indonesia juga mengalami kemerosotan dalam nilai moral dan nilai kesopanan. Hal ini tentu saja bukanlah masalah kecil yang bisa kita abaikan sehingga Pemerintah saja yang harus mencari solusinya, akan tetapi seluruh warga Indonesia juga harus turut bekerja sama dengan Pemerintah untuk menyelesaikannya.

Bila kita bandingkan kehidupan rakyat Indonesia dua atau tiga puluh tahun yang lalu dengan kehidupan rakyat Indonesia sekarang, ada banyak sekali perbedaan yang sangat kontras. Dulu rakyat Indonesia hidup dengan kesederhanaan dimana televisi, komputer, telepon genggam dan internet belum banyak di jumpai. Dimana anak-anak bermain dengan alat-alat yang sederhana. Sedangkan sekarang, banyak anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar yang menghabiskan waktunya di Warnet untuk bermain game online dan lebih buruk lagi terkadang mereka membuka situs-situs yang tidak sepantasnya dilihat apalagi oleh anak dibawah umur. Tidak sedikit pula yang menghabiskan waktu mereka dengan saling mengirimkan pesan singkat. Padahal seharusnya mereka masih menikmatinya dengan belajar, dibarengi rasa penasaran dan keingintahuan yang besar, dan bermain dengan teman sebayanya.

Di tingkat SMP dan SMA, banyak murid yang juga tidak mencerminkan sikap dan perilaku sebagai seorang pelajar. Banyak dari mereka mengabaikan dan melanggar tata tertib yang dibuat oleh sekolah. Padahal hal itu sebenarnya demi kebaikan mereka. Contohnya saja, banyak siswa dan siswi yang memakai seragam yang ketat dan minim, memakai lensa kontak yang hanya difungsikan sebagai mode, memakai riasan dan aksesoris yang berelebihan.

Perlu kita sadari juga negara kita akan hancur jika generasi muda kita banyak yang terjebak dengan masalah narkoba. Banyak dari mereka yang mengkonsumsi narkoba karena pengaruh dari teman atau karena keinginan dari dirinya sendiri. Masalah narkoba pastilah tidak akan mudah untuk diatasi. Oleh karena itu, kita bisa ambil langkah pencegahan dengan membimbing mereka untuk menjauhi narkoba dan zat adiktif lainnya.

Mempertimbangkan bahwa para pelajar adalah generasi penerus bangsa, masalah ini tentu tidak boleh dibiarkan berkepanjangan. Kita harus mulai mengambil langkah awal untuk mengatasinya. Pemerintah harus bisa membuat kebijakan yang bisa mengatasi masalah kemerosotan masalah ini. Salah satunya berkoordinasi dengan para tenaga pendidik untuk memberikan penyuluhan dan pendidikan moral kepada para siswa serta memberi tahu bagaimana cara menjaga semangat belajar mereka dan motivasi apa yang harus diberikan pada para siswa agar mereka tahu dan mengenali apa cita-cita mereka. Berikan juga himbauan bagi para orang tua untuk lebih memperhatikan putra dan putrinya. Berikan saran dan nasihat serta bimbing dan arahkan mereka dengan menjelaskan hal apa yang sepantasnya dilakukan dan apa yang tidak sepantasnya dilakukan seorang pelajar, apa konsekwensi dari apa yang mereka lakukan. Karena semakin banyak generasi muda yang cemerlang, maka derajat bangsa Indonesia di mata dunia akan meningkat.

Kemerosotan moral dan nilai kesopanan dalam masyarakat Indonesia bukan hanya terlihat dari sikap dan perilaku para pelajar, akan tetapi para publik figur pun ikut mencerminkan merosotnya moral dan kesopanan masyarakat Indonesia. Contohnya saja saat Lady Gaga akan menggelar konser di Indonesia, banyak yang mencela dan mengecam serta menolak konser Lady Gaga. Salah satu faktor penyebabnya adalah kebiasaan Lady Gaga yang sering berpenampilan minim dan terbuka. Sebenarnya, itu menunjukan bahwa masih ada sebagian orang yang menghargai nilai moral dan kesopanan sebagai salah satu sifat bangsa Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Hanya saja, masalah nilai dan moral itu bukan hanya harus kita lindungi dari pengaruh eksternal juga perlu kita perbaiki dari dalam negeri kita sendiri. Seperti yang sering kita lihat di televisi, banyak aktris dan penyanyi yang berpakaian minim dan terbuka. Tentu saja hal itu bukanlah jati diri bangsa Indonesia.

Bila kita bandingkan lagi kehidupan rakyat Indonesia sekarang dengan kehidupan bangsa Indonesia di zaman ketika Indonesia baru saja merdeka, ada satu sikap bangsa Indonesia yang sekarang mulai luntur, yaitu persatuan. Dulu bangsa Indonesia bersatu untuk melawan para penjajah demi satu tujuan bersama yaitu untuk merebut kemerdekaan bangsa Indonesia meskipun mereka berasal dari daerah yang berbeda. Namun sekarang, tidak sedikit orang yang mengabaikan lingkungan sekitarnya. Tidak sedikit yang hanya mementingkan kepentingan pribadi tanpa peduli dengan keadaan orang lain.

Bila hal ini dibiarkan, suatu saat nanti Indonesia pasti akan menjadi negara yang individualistik dan terpecah belah. Untuk mencegah hal itu terjadi, mari kita mulai biasakan diri untuk menganggap semua orang yang ada di Indonesia adalah satu keluarga dan satu keutuhan. Dan bila ada teman kita yang membutuhkan bantuan, mari kita bantu sesuai dengan kemampuan kita. Dengan begitu, Indonesia akan menjadi negara yang kuat dan tidak mudah dihancurkan oleh bangsa lain.

Facebook Comments

About verdiaja

One comment

  1. katedrarajawen

    yups kata kuncinya adalah generasi muda agar jangan menjadi bagian korupsi ke depannya dengan hukum yang ditegakkan. Jangan sampai koruptor menjadi cita-cita

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif