Home » Lain-lain » Lomba Opini HUT RI ke 69

Lomba Opini HUT RI ke 69

[OPINI]MENJUNJUNG PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DENGAN SALAM 3 JARI

Pemilihan presiden dan wakilnya sudah berjalan dengan baik pada 9 Juli 2014. Penghitungan suara oleh KPU juga sudah dilaksanakan dengan lancar pada 22 Juli 2014. Tetapi masih ada beberapa hal yang masih mengganjal dalam pelaksanaan pilpres 2014 ini dan masing-masing pihak membawa permasalahan itu ke Mahkamah Konstitusi.
Kalau kita melihat lagi ke belakang pemilihan presiden dan wakilnya tahun ini sungguh menarik. Semua orang begitu bersemangat dengan calon pilihannya masing-masing. Ada yang bangga dengan nomor 1 dengan lambang garuda merahnya dan ada yang memekikkan salam 2 jari. Tidak jarang dalam satu keluarga terjadi tidak saling bertegur sapa karena berbeda pilihan calon prediden dan wakilnya. Kondisi ini diperparah oleh media massa, media elektronik dan media social yang begitu gencar memberikan opini tentang dukungannya kepada calon presiden dan wakil presiden.
Surat kabar salah satu media massa yang dapat mengupas sosok calon presiden dan wakilnya. Dengan berita yang menarik, actual, terpercaya surat kabar bisa memberikan wawasan yang luas bagi masyarakat. Siapapun bisa memberikan pendapat tentang calon presiden dan wakilnya, tentunya dengan didukung dengan data-data yang benar, sehingga tidak menyesatkan masyarakat awam.
Demikian juga dengan media elektronik. Televisi dan internet merupakan contoh media elektronik yang bagus untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas tentang siapa, apa, mengapa, di mana, kapan, bagaimana sosok calon presiden dan wakilnya tersebut. Acara debat calon presiden dan wakilnya merupakan salah satu contoh acara yang menarik untuk ditonton. Demikian juga dengan kemajuan teknologi berupa internet, kita semakin mudah dan cepat menerima informasi dari sumber manapun yang bisa dipercaya.
Media social juga merupakan sarana promosi bagi calon presiden dan wakilnya. Facebook, chat, whathsapp, dan masih banyak media social yang lain yang bisa digunakan. Orang rela mengumumkan dirinya dengan terang-terangan menjadi salah satu relawan bagi salah satu calon presiden dan wakilnya. Mereka memberikan informasi yang menarik dan mendapat banyak ”like” dari sesama pengguna media social yang lain.
Di beberapa media baik itu media massa, media elektronik dan media social tidak jarang kita menemukan voting tentang siapa calon presiden dan wakilnya yang menjadi pilihan masyarakat. Bahkan ada media yang memberikan iming-iming hadiah yang menarik bagi para voters yang diundi pada saat penghitungan suara resmi dari KPU.
Selama beberapa bulan kita lupa dengan masalah kita masing-masing karena kita disibukkan dengan segala sesuatu yang berbau pilpres. Seakan mata kita tertuju pada satu pertanyaan siapa yang akan menjadi presiden dan wakil presiden yang akan memimpin Indonesia pada periode 2014-2019 mendatang.
Pertanyaan itu sudah terjawab dengan penghitungan suara(rekapitulasi) resmi dari KPU yang sudah diumumkan pada 22 Juli 2014 yang lalu. Namun masih ada kejanggalan di mana-mana dan masih ada pihak yang membawa permasalahannya ke Mahkamah Konstitusi. Sebagai masyarakat yang baik, mari kita berdoa sehingga Tuhan memberikan kita pemimpin yang amanah, bertanggungjawab dan senantiasa melakukan segala sesuatu demi kesejahteraan bangsa dan negara. Biarlah kita menjadi masyarakat yang tidak mudah dipecah belah dengan informasi yang tidak benar. Mari kita kreatif dan berinisiatif mencari informasi dari media manapun sehingga walaupun berbeda pendapat dan pandangan kita tetap menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa.
Pada hari yang sama ketika KPU mengumumkan hasil pilpres 2014, presiden dan wakil presiden terpilih menyampaikan pidato di atas kapal pinisi di pelabuhan Sunda Kelapa. Salah satu hal yang menjadi penekanan di akhir pidatonya, beliau menyampaikan pentingnya menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan. Tidak ada lagi nomor 1, tidak ada lagi nomor 2 yang ada nomor 3 persatuan Indonesia. Salam 3 jari bro !

Facebook Comments

About Maruni Diyon

One comment

  1. Romi Febriyanto Saputro

    Apapun putusan MK, tetaplah ukir rasa bersatu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif