Home » Lain-lain » [OPINI] Aku, Kamu, Kita Cinta Indonesia

[OPINI] Aku, Kamu, Kita Cinta Indonesia

logo-lomba“Persatuan Indonesia” merupakan bagian dari pancasila yang membakar semangat masyarakat Indonesia untuk tetap cinta tanah air dengan berbagai perbedaan yang ada. Perbedaan suku, bahasa, agama, bahkan pendapat tentang isue, problema yang melanda negara harus tetap membuat masyarakat dari seluruh kalangan berfikir jernih dan berpegang pada “persatuan Indonesia”.

Belum lama ini kita merayakan pesta demokrasi, pemilihan umum presiden dan wakil presiden RI, tidak diragukan lagi setiap orang yang memiliki hak suara maupun tidak, pasti memiliki jagoan, kandidat siapa yang pantas, layak dan mampu memimpin Bangsa Indonesia. Fenomena pesta demokrasi ini tidak jarang menyelut emosi setiap individu, atau kelompok jika jagoan mereka dihina, dikritik dengan berbagai cara dan melalui berbagai media.

Kritikan dan saran untuk calon presiden dan wakil presiden tidak hanya didapat melalui debat, komentar antar partai politik, pendapat masyarakat melalui media cetak dan elektronik. Namun masyarakat saat ini lebih kreatif, mereka menyalurkan pendapatnya melalui foto para calon presiden dan wakil presiden yang diedit sedemikian rupa hingga memiliki makna yang sangat dalam, bahkan hal tersebut dapat menyulut emosi saat disebarkan melalui sosial media.

Masyarakat saat ini lebih kritis dalam berfikir, lebih kreatif dalam berkomentar, dan mengikuti perkembangan teknologi untuk memberikan support atau melakukan kampanye jagoan mereka hingga mampu mengubah pemikiran individu satu dengan yang lain. Ingat perbedaan pendapat bukan berarti membawa perpecahan, pesta demokrasi ini untuk memfasilitasi masyarakat dalam bersuara.

Tak jarang pesta demokrasi merusak pertemanan, persaudaraan hanya gara-gara jagoannya beda, ingat siapa pun yang terpilih bukan untuk menilai yang terpilih ini paling baik, tim suksesnya hebat atau pun yang lainnya. Tapi siapa pun yang terpilih adalah hasil dari pikiran kolektif masyarakat Indonesia, hasil dari kondisi mental rakyat Indonesia saat ini. Maka dari itu, apa pun hasilnya seluruh masyarakat Indonesia harus menghargainya.

Bangsa Indonesia ini bagian dari dunia, apa yang terjadi di masa depan itu bisa berubah karena dunia ini bukan suatu yang linear. Dunia ini bergerak, perubahannya selalu dinamis, hasilnya selalu terdapat banyak kemungkinan. Mari bertengkar hebat di sini, saat itu dan selesaikan semuanya dalam masa pesta demokrasi. Lalu membaik kembali untuk tersenyum. Jangan hanya tulisan “persatuan Indonesia” namun jalani dan tunjukkan “aku, kamu, kita cinta Indonesia”.

Facebook Comments

About ismi dita

4 comments

  1. iyahh ka, tunjukan dengan logo “aku, kamu, kita cinta Indonesia”. :) https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  2. ahaha.. betul kak ismi dita :)

  3. Salam kenal kak? :-)
    saya setuju sekali dengan isi artikel kk, yakni pesta demokrasi dapat merusak pertemanan lantaran mereka semua tak bisa menerima kenyataan dan tidak menyikapinya dengan sikap yg terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif