Home » PENDIDIKAN » Edukasi » Jangan Malu Menulis Artikel Pendek

Jangan Malu Menulis Artikel Pendek

wrtier.blogspot.com

writer.blogspot.com

KALA saya berikan tugas ringan ‘Penulisan Kreatif’ kepada mahasiswa(i)ku, anak didikku itu bingung. Tanya mereka: “Harus mulai darimana yah?”. Ini pertanyaan mendunia, siapapun sanggup berkeluh-tanya serupa ini. Laksana langkah seribu, toh dipermula dari satu langkah. Itu wasiat Imam Al-Gazhali, yang selengkapnya seperti ini: “Perjalanan bermil-mil, diawali dengan langkah satu”. Nah tuh, ucapan filosof itu sangat akurat dan alamiah.

Rupa-rupa aktifitas dan gerakan ide itu, mutlak dilangkahi dengan kosmos natural juga. Hancur-lebur tulisan itu jika berharap dengan emosi besar dan tenaga yang maha tinggi. Ia wajib dikredit, tahap demi tahap, step by step. Dan mahasiswaku itu, kunasehati dengan berkata: “Apa di pikiranmu detik ini? Tulislah. Jangan kalah waktu itu, jemarimu tak boleh pasid. ia harus bergerak ke sana ke mari”.

Finally, mereka selesaikan dua tiga kalimat. Saya lagi-lagi bertanya: “Gimana perasaanmu sekarang?”. Mereka menjawab dengan senyuman ringan pula: “Wah enakan”.

* * *

Orientasi menulis pun plural, tiada yang lebih baik dan lebih buruk, seluruhnya adalah trade mark dan passion dari seorang penulis. Yang membedakan hanyalah: kesempatan, kemauan, kegigihan menelaah literatur -baik alam, buku, ataupun interaksi- dan semua itu mengangeni kepuasaan, bukan keputus-asaan. Tak pelak, di jaman ini, kelewat banyak benefit-nya menulis, asal sanggup bersabar dan bersabar.

Zaman digital ini, menulis dan menulis itu iklim teduh, menyejukkan sekaligus mengasyikkan. Terlebih kita bisa lakukan proses editing walau itu telah terpublikasi. Merasa kurang? Segera tambal-sulam. Yang penting ide pokok (main idea) telah disemai. Jangan pernah malu hati menulis pendek, jangan malu ditertawakan, pun jangan minder. Saya justru malu kalau tak bisa-bisa menulis sebaris atau dua baris^^^

Facebook Comments

About Muhammad Armand

10 comments

  1. oke Bang… semangat menulis.. inspiratif nihhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif

  2. Muhammad Armand

    yeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeep bung Trezee

  3. Anita Godjali

    saya nulisnya juga cuma kata demi kata bung Armand….tp baca artikel ini jadi semangat.https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  4. saya yang sedang belajar menulis jadi tambah pengen nulis terus nih…

    • Muhammad Armand

      Nulis aja………gak ada juga standardisasi yang mana itu tulisan baik atau buruk………..
      Esensisinya bisa dibaca dan jadi bahan pikir plus renungan gitu loh Mbak Ayu Cantik………heheheehe

  5. katedrarajawen

    wah ini pasti buat menyemangati saya ya Bro yang tulisannya pendek-pendek

  6. wow…yah, terkadang ini yang kita perlukan…:) Motivasi menulis

  7. yups lumayan memotivasi pak…

  8. maluuuuuuuuuuuu…, kalo ampe Markonah pake rok pendek, Halah https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif