Home » PENDIDIKAN » Edukasi » Ternyata Banyak Beasiswa Bertaburan

Ternyata Banyak Beasiswa Bertaburan

Bagi mereka yang menginginkan mengenyam pendidikan melalui jalur beasiswa, ada baiknya terlebih dahulu mengenal jenis-jenis beasiswa agar beasiswa yang dituju tepat pada sasaran. Ketepatan memilih beasiswa ini diharapkan sesuai dengan kemampuan maupun keunggulan yang dimiliki sehingga berpeluang lebih besar untuk mendapatkannya.

Saat ini banyak beasiswa yang dapat diburu, banyak variasi untuk berbagai profesi, juga tersedia dalam berbagai rentang waktu pendidikan, jumlah dan lokasi besiswa tersebut diadakan. Jenis dan sasarannyapun bermacan-macam ada beasiswa untuk kecakapan, akademik, seniman, wartawan, atlet, masyarakat umum dan sebagainya. Setiap beasiswa memiliki kelebihan dan daya tarik tersendiri disamping juga menyertakan aturan main yang harus ditaati bagi pelamar.

Berikut beberapa jenis beasiswa :

Beasiswa dari pemerintah
Program beasiswa jenis ini disediakan oleh pemerintah melalui kementrian atau department yang ditunjuk. Sasaran program ini tidak terbatas pada pegawai PNS atau karyawan di kementrian tersebut saja tapi juga disediakan untuk masyarakat umum. Contoh, Beasiswa Unggulan dari Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) yang memberi bantuan untuk pendidikan S1, S2, S3 baik di dalam maupun diluar negeri, juga disediakan bantuan untuk Penulis, Pencipta, Seniman, Wartawan, Olahragawan, dan Tokoh Masyarakat, contoh lainnya adalah beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan sebagainya.

Beasiswa dari pihak swasta
Kebanyakan program beasiswa yang ditawarkan oleh pihak swasta adalah melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) mereka. Dari bantuan di berbagai jenjang pendidikan hingga bantuan keahlian atau bantuan prestasi. Contohnya, beasiswa dari Pertamina, Sampoerna, Niaga, BCA dan sebagainya. Untuk mengetahui program beasiswa ini dapat menanyakan langsung atau ditelusuri di website perusahaan masing-masing untuk mengetahui tata cara pengajuan maupun syarat yang diminta.

Beasiswa Sebagian (partial scholarship) atau Beasiswa Penuh (full scholarship)
Beasiswa sebagian adalah jenis beasiwa yang hanya menanggung biaya tertentu saja selama menjalani perkuliahan. Misalnya, pihak sponsor hanya menanggung biaya pendidikan, akomodasi atau perjalanan, sementara si pelamar harus menyediakan dana untuk biaya hidup atau biaya lain yang tidak ditanggung.
Beasiswa penuh adalah jenis beasiwa yang menanggung seluruh komponen biaya yang muncul selama proses pendidikan berlangsung, seperti menanggung biaya kuliah, akomodasi, biaya hidup, asuransi, buku pelajaran, biaya penelitian, dan tiket perjalanan. Bahkan, ada pula penyedia beasiswa yang memberikan bantuan bagi keluarga tanggungan penerima beasiswa. Contoh program beasiswa penuh, yaitu Chevening, Australian Development Scholarship (ADS), dan Ford Foundation.

Beasiswa Bantuan dari Negara Maju
Banyak Negara-negara maju di dunia melakukan kerjasama dengan Indonesia dalam rangka pemberian bantuan beasiswa kepada anak-anak bangsa Indonesia untuk menempuh pendidikan di negaranya. Beberapa contoh beasiswa yang merupakan kerja sama Indonesia dengan negara lain, yaitu beasiswa ADS dari pemerintah Australia yang dikelola oleh Ausaid, beasiswa Chevening dari pemerintah Inggris yang dikelola British Council, beasiswa Fullbright pemerintah AS yang dikelola America Indonesia Exchange Foundation (Aminef), pemerintah Belanda melalui beasiswa yang dikelola Nuffic Neso (NEC), dan beasiswa Monbukagakusho dari pemerintah Jepang.

Beasiswa Yayasan, Organisasi atau Komunitas,
Program beasiswa jenis ini umumnya ditawarkan oleh komunitas, organisasi, atau yayasan tertentu dengan berbagai latar belakang, baik sosial, akademik, maupun keagamaan. contohnya Beasiswa dari The Habiebie Center, beasiswa Yayasan Supersemar dan sebagainya

Apapun jenis beasiswanya, yang terpenting adalah anda perlu benar-benar mempelajarinya terlebih dulu termasuk mempelajari syarat dan ketentuan yang diajukan. Jika sudah mendapatkannya, maka manfaatkanlah sebaik-baiknya! Selamat mencoba!

 – Ni Kadek Suryani –

Sumber foto : http://mtk.undip.ac.id

Facebook Comments

About Ni Kadek Suryani

7 comments

  1. katedrarajawen

    infor,asi yang sangat bermanfaat

    • Ni Kadek Suryani

      Terimakasih @katedrarajawen… yang penting kita rajin mencari informasi dari berbagai sumber tentang beasiswa yang kita inginkan

  2. waaaah ternyata banyak sekali ya kalau kita mau cari tau infonya… makasiii :)

    • Ni Kadek Suryani

      Iya Ade…yang penting kita rajin nyari infonya…banyak peluangnya kok…yuk ikuuuutt…https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif

  3. Vivi Tirta Wijaya

    siip, makasih infonya mbak https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif