Modus

Kebaikan akan menemukan jalannya, begitu pula kejahatan akan menemukan celahnya. Dalam kehidupan ini, kebaikan dan kejahatan bagaikan pasangan kembar atau sepasang kekasih. Tak mungkin kita bisa hanya menyukai kebaikan dan berharap tiada kejahatan.

Di satu sisi orang – orang sibuk dan berlomba dalam kebaikan dengan caranya. Ada yang berupa panggilan, ada kesempatan atau pun karena tak enak hati kalau tidak berbuat baik. Di sisi lain ada pula yang tak kalah sibuk mencari modus – modus baru untuk melakukan kejahatan dengan menipu atau mencuri.

Kita berada sisi yang mana saat ini? Campur – campur? Konsisten berjalan dlam kebaikan? Atau konsisten dalam kesalahan? Kalau saya sedang dalam kebingungan. Tidak suka orang lain melakukan kejahatan, tetapi diri sendiri masih suka berbuat kejahatan. Ampun!

Penipuan Gaya Baru?

Entah ini gaya baru dalam menipu sekaligus merampas atau sudah lama. Yang jelas saya baru tahu kejadiannya setelah terjadi pada keponakan saya baru – baru ini.

Ketika ia bersama teman – teman bermain – main di lapangan di kompleks perumahan, ada yang mendatangi dan bermaksud memberikan pulsa padanya dan dua orang temannya lagi. Pulanglah mereka mengambil HP – nya dengan riang untuk mendapatkan pulsa yang dijanjikan si mbak dengan manisnya.

Apa yang terjadi? Bukan pulsa yang didapat, tapi yang ada HP mereka raib semua dibawa orang yang memang sudah niat menipu mereka.

Menangis? Ya, karena setelah itu mereka pastinya diomeli orangtuanya masing – masing. Mau marah sama penipu orangnya tidak ada. Jadi anaklah yang pas jadi bahan omelan.

Apakah saudara ada pernah mengalami atau mendengar modus seperti ini? Kalau tidak, semoga kita bisa menemukan cara yang tepat, agar kasus yang dialami keponakan dan teman – temannya tidak terjadi pada anak – anak saudara. Sebab kejahatan selalu mengintai di mana pun ketika kita lengah.

Kejahatan Akan Selalu Ada?

Biar kita mengutuki para pelaku kejahatan sampai berdarah – darah atau menyumpahi sampai suara serak – serak sember, mereka akan tetap berpesta dengan keberhasilan memperdaya kita. Entahlah apakah mereka juga akan mengucap syukur kepada Tuhan ketika ingat berdoa dan menganggap hasil penipuannya sebagai sebuah rejeki?

Kejahatan akan selalu ada di atas bumi dan korban yang berjatuhan selalu akan ada. Sebab para pelaku kejahatan bukanlah orang – orang bodoh. Mereka akan selalu menemukan celah untuk mendapatkan korban dengan memanfaatkan kelemahan kita secara psikologis yang masih tergiur dengan iming – iming.

Singkat kata singkat cerita, jadi kejahatan akan selalu ada selama dunia masih berputar. Tak perlu resah atau lelah mengutuki atau menyumpahi keberadaan kejahatan ini. Capai sendiri. Lebih baik kita berdoa, agar kita sendiri tidak jatuh dalam kejahatan dan berdoa semakin banyak orang yang sadar untuk terhindar dari perbuatan jahat.

Kita Punya Pilihan

Semua tahu pada dasarnya manusia adalah makhluk yang baik dan mulia. Tetapi keduniawian telah membuat kita terjatuh dalam kejahatan dengan sejuta pembenarannya. Kebutuhan hidup pada dasarnya yang menjadi sumber kita jatuh dalam kejahatan. Pemenuhan akan keserakahan diri menjadi sumber selanjutnya. Ketidaktahuan barangkali bisa menjadi bagian juga. Namun yang utama adalah kebodohan batin yang membuat kita dalam kebingunan.

Kita sejatinya ingin menjadi baik tapi terasa begitu sulit, sehingga kita memilih yang mudah dengan berada di jalan kejahatan. Namun tak jarang kita sendiri mempersulit hidup sendiri dengan memilih cara yang mudah.

Kehendak bebas yang kita miliki atas hidup justru seringkali membuat kita tidak bebas lagi.  Sebab kita terbelenggu di persimpangan jalan untuk memilih. Apa yang kita kira baik dengan membebaskan diri ternyata merugikan atau menyakiti orang lain.

Semoga saja kebenaran bahwa kejahatan akan selalu ada di dunia ini menjadi pembenaran bagi kita untuk bebas dalam kejahatan. Karena masih ada pilihan, bahwa kebaikan pun adalah hakekat sejatinya diri kita.

katedrarajawen@refleksihatimenerangidiri

 

Facebook Comments

About katedrarajawen

9 comments

  1. Maka dari itu, kita harus selalu waspada dimana pun kita berada. Karena benar, kejahatan itu akan selalu ada. Hal yang tak kalah penting adalah, kita harus senantiasa ingat Tuhan ‘berdoa’ agar dihindarkan dari kejahatan tersebut.

    Terima kasih telah berbagi :)
    Waspadalah :D

  2. katedrarajawen

    Waspada dan jangan memberi kesempatan pada kejahatan itu berkembang ya, mas Ramlan …Terima kasih

  3. Very useful, as usual.
    Thanks for sharing.

  4. Romi Febriyanto Saputro

    Kejahatan akan selalu mengimbangi kebaikan karena itu berhati hatilah

  5. anak-anak dikasi tahu satu hal : DONT TALK TO A STRANGER, jangan ngobrol sama org tak dikenal. Yang kedua : DONT LET PEOPLE TOUCH THEIR BODY… anak saya ..diajar nampol tangan orang sejak usia 4 th, yes… no touching2x…https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif oya sebisa mungkin anak-anak harus banyak diajak ngobrol jadi tahu pola pola/modus ‘orang aneh’ — dan niat jahat… cuma anak saya sekarang udah sok tau banget – kalo dinasihati : MAMI MEMANGNYA AKU STUPID?https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif