AC

Manusia memang butuh ketenangan, sehingga membuat dirinya tenang dalam lelap.Tetapi ketika tidak bisa menguasai dirinya, maka segala ketidaktenangan di luar diri akan menjadi sebuah gangguan yang meresahkan dan membuat dirinya tidak tenang.

Ada keponakan yang menginap di rumah. Pada malam pertama sudah gelisah dan tak bisa tidur. Apa masalahnya? Ya, karena AC yang ada suaranya cukup berisik. Maklum AC tua, sehingga sudah mengeluarkan suara yang lumayan kencang.

Hal ini benar – benar mengganggu keponakan, sehingga ia tak bisa memejamkan mata sepanjang malam. Si dede mencoba menghiburnya dengan mengatakan, bahwa nanti juga terbiasa dengan suara itu. Kata si dede,”Dulu aku juga begitu, tapi kalau sekarang gak dengar suara AC -nya malah gak bisa tidur.”

Ala bisa karena terbiasa memang istilah yang tepat. Apa yang tidak biasa kalau sudah terbiasa akan menjadi biasa. Biarpun tidur di dekat deru mesin kalau sudah terbiasa akan nyenyak juga tidurnya. Karena terbiasa itu kita jadi bisa mengendalikan ketenangan dalam diri,

Namun keponakan tetap tidak bisa memejamkan mata dengan lelap. Sebab memang belum terbiasa. Akhirnya si dede berkata lagi,”Kita tidur kan pakai mata, bukan dengan telinga. Suara berisik itu kan cuma mengganggu telinga bukan mata. Jadi pejamin aja matanya, nanti juga bisa tidur.”

Ada lucunya perkataan si dede, tapi ada benarnya juga. Kenapa tidak bisa tidur, kalau cuma telinga yang terganggu suara, padahal tidur itu memejamkan mata?

Kenapa urusan pekerjaan di kantor sampai kita bawa ke ranjang, sehingga sepanjang malam tak bisa tidur? Kenapa hanya sebuah kata, membuat kita sakit hati dan jadi benci? Kenapa?

Kenapa orang lain yang bertanding bola kita yang uring – uringan karena tim yang kita bela kalah. Padahal para pemain yang kalah itu sudah tidak memersalahkannya lagi malah kita jadikan masalah?

Ya, memang masalahnya tidak sesederhana itu. Tetapi kalau mau bisa juga kita sederhanakan. Bukannya dibuat rumit. Begitulah seringkali kita sendiri yang membuat hidup ini susah, padahal bisa dibuat mudah.dengan tidak memersalahkannya.

ilustrasi gambar : berliyan.blogspot.com

Facebook Comments

About katedrarajawen

4 comments

  1. Romi Febriyanto Saputro

    Kalau bisa dipermudah mengapa harus dipersulit?

  2. katedrarajawen

    Nah itu dia

  3. AC memang menjadi masalah dilematis di tengah global warming.. https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif

  4. Ah… saya jadi teringat akan ceirta pengantin baru. Sewaktu tidur, si istri merasa terganggu karena ternyata suaminya mendengkur dengan suara keras. Ia mengomel karena tak bisa tidur. Setelah bertahun menikah, ketika suaminya tugas ke luar kota, si istri merasa gelisah tak bisa tidur, karena kehilangan suara dengkur sang suami. Ya, inilah ironi kehidupan: ketika ada, disia-siakan; ketika tak ada, dirindukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif