Home » PENDIDIKAN » Edukasi » Sosial Budaya » Kemiskinan

Kemiskinan

kemiskinan-dan-pelecehan
Kemiskinan, kata miskin seolah sangat sulit di berantas di negara Indonesia ini. Negara yang dikatakan kaya akan tetapi masih ada rakyatnya yang menderita. Kemiskinan memang sudah menjadi hal yang sangat sulit untuk diatasi dari tahun ke tahun. Pekerjaan pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan seolah masih belum maksimal dalam menangani masalah sosial ini. Kurangnya lapangan pekerjaan juga membuat timbulnya banyak pengangguran di negeri ini. Akhirnya dampak dari pengangguran tersebut munculah kemiskinan, karena kurangnya kemampuan masyarakat dalam mencari pekerjaan. Dari ketidakmampuan masyarakat tersebut bukan tidak mungkin akan adanya pengemis. Jika fenomena ini terus dibiarkan perkembangan pengemis akan meningkat dan angka kemiskinan pun tinggi.
Hal ini sangat tidak sesuai dengan pembukaan UUD 1945 alinea IV, indonesia memiliki tujuan untuk menciptakan negara yang makmur dan sejahtera, yaitu yang berbunyi “ … melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia “. Maksudnya adalah usaha pemerintah indonesia yang telah memberikan hak – hak kepada rakyat indonesia untuk mendapatkan hidup yang sejahtera. Dan juga dalam pasal 27 ayat 2 UUD 1945 “ tiap – tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”. Sebenarnya pemerintah memiliki banyak upaya untuk mensejahterakan masyarakatnya. Akan tetapi entah mengapa kemiskinan masih saja menjadi masalah yang belum teratasi sampai sekarang.
Ada pun faktor lain yang membuat kemiskinan meningkat tentu saja jumlah masyarakat indonesia yang semakin lama semakin banyak. Pertumbuhan jumlah masyarakat ini juga akan berdampak pada kurangnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Kita mengetahui jika lapangan kerja di indonesia sangat tidak sesuai dengan perkembangan masyarakat indonesia yang sangat banyak. Akhirnya masyarakat yang tidak mendapatkan pekerjaan akan menganggur dan tidak bisa mencukupi kehidupannya.
Penanggulangan kemiskinan seharusnya bisa diupayakan secara maksimal dengan di bukanya lapangan pekerjaan yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan di masyarakat. Penanggulangan kemiskinan bukan hanya dari pemerintah tetapi antusias masyarakat pun juga diperlukan. Jangan sampai kejadian dimana wali kota bandung menemui pengemis dan anak jalanan di balai kota terulang. Wali kota memberikan solusi kepada para pengemis tersebut untuk memberikan pekerjaan sebagai tukang sapu jalanan. Akan tetapi sebagian pengemis menunjukan ketidaksukaan atas rencana tersebut dan mereka malah meminta untuk di gaji 10 juta. Gaji yang sangat tidak masuk akal bahkan seorang lulusan universitas pun belum tentu mendapat gaji sebanyak itu. Hal ini menunjukkan jika mental pengemis di kalangan Gepeng masih tinggi. Indonesia merupakan negara yang kaya memang sangat miris jika masalah kemiskinan menjadi problem yang masih belum terselesaikan di negara kita.

Facebook Comments

About Akhmad Mutaallimin

One comment

  1. katedrarajawen

    Memang tak dipingkiri kemiskinan masih menjadi masalah di negara kita, tetapi yang juga masalah adalah tidak sedikit pula yang rela memiskinkan dirinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif